Raker BPBPI

Selama beberapa ini aku mengikuti acara Rapat Kerja Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan. Acara ini biasanya dilaksanakan di kantor saja dan tidak ‘keluar kantor’. Namun, kali ini mencoba sesuatu yang baru. Acara Raker dilaksanakan di luar kantor. Acara raker kali ini dilakukan di sebuah hotel di Puncak, tepatnya di hotel Grand Jaya Raya Cipayung dan dilaksanakan selama 3 hari. Selain untuk penyegaran, pemilihan tempat ini juga agar acara rapat bisa berjalan lancar tanpa interupsi, karena biasanya kalau dilaksanakan di kantor sering ada interupsi. Ada yang surprise di dalam acara ini karena dihadiri menteri.

Gambar 1. Perserta raker serius mengikuti acara

Banyak hal yang dibicarakan dalam raker ini. Pertama tentang hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan selama 5 tahun terakhir. Banyak yang telah dicapai dan banyak juga yang masih perlu dikembangkan. Namun, secara umum, aku sendiri melihat bahwa banyak sekali yang telah dicapai. Dan salah satu keunggulan dari BPBPI adalah banyak hasil-hasil penelitian yang tidak hanya sekedar berhenti di publikasi, tetapi sudah banyak yang dikomersialisasikan.

Agenda yang cukup banyak didiskusikan adalah pembahasan tentang visi dan misi. Lalu lebih hangat lagi ketika masuk ke masalah program dan sub program. Apalagi acara raker ini juga dipersiapkan untuk membuat rengstra tahun 2010 – 2014.

Suasana semakin menghangat dan lebih memanas ketika membahas masalah komersialisasi.

Di tengah-tengah acara yang sedang hangat, kami kedatangan tamu yang tidak diduga-duga, yaitu Pak MS Kaban, Menteri Kehutangan yang didampingi oleh Bapk Dirjen dan salah satu Direktur di Departemen Kehutanan. Kunjungan ini sebenarnya hanya informal dan tidak resmi. Cukup banyak yang disampaikan oleh Bapak Menteri, terutama terkait dengan Balai sebagai institusi penelitian yang dapat mendukung Dep. Kehutanan dan niat baik Pak Menteri untuk membantu Balai. Detailnya tidak bisa saya sampaikan di sini, yang jelas dari kunjungan ini banyak memberikan harapan baru bagi Balai.

Selain itu acara ini juga diisi dengan sedikit olah raga, jalan-jalan di sekitar komplek hotel dan rekreasi lainnya. Rencananya sih bisa banyak acara santai dan rekreasinya, tetapi ternyata pembahasan sangat hangat dan menarik, jadi lebih banyak duduk di ruangan sampai pantat kesemutan.

Selama tiga hari ini banyak yang sudah dibicarakan dan dihasilkan. Sekarang tinggal masalah tidak lanjut dan langkah nyata dari hasil pembicaraan itu.

Semoga.

 

isroi

One response to “Raker BPBPI

  1. semoga saja dengan di adakannya rapat itu, menteri mengerti akan potensi balainya pak isroi agar bisa lebih ditunjang fasilitasnya, amien.

    semoga sukses, ganbatte ne…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s