Pengolahan TKKS (Tandan Kosong Kelapa Sawit)

pohon sawit

Kelapa Sawit


Download literatur tentang TKKS pdf


TKKS (Tandan Kosong Kelapa Sawit)adalah salah satu produk samping pabrik kelapa sawit yang jumlahnya sangat melimpah. Dalam satu hari pengolahan bisa dihasilkan ratusan ton TKKS. Diperkirakan saat ini limbah TKKS di Indonesia mencapai 20 juta ton. TKKS tersebut memiliki potensi untuk diolah menjadi berbagai macam produk. Beberapa potensi pemanfaatan TKKS antara lain untuk kompos, pulp, bioetanol, dan serat.Namun, sebelumnya TKKS perlu diolah terlebih dahulu.

Limbah TKKS
Limbah TKKS di pabrik sawit


Link terkait: Limbah Pabrik Kelapa Sawit


tbs
Tandan Buah Segar (TBS)

TKKS utuh
TKKS yang masih utuh

TKKS yang masih utuh berukuran cukup besar. Ukuran TKKS ini diperkecil dengan menggunakan mesin cacah. Setelah TKKS keluar dari pabrik, langsung dicacah dengan mesin cacah berkapasitas besar, seperti terlihat di dalam foto di bawah ini. Setelah melewati mesin cacah ini ukuran TKKS menjadi lebih kecil, kurang lebih 5 cm. TKKS dengan ukuran seperti ini sudah bisa dimanfaatkan sebagai kompos atau serat.

mesin cacah
Mesin cacah sawit kapasitas besar

tkks cacah
TKKS setelah melewati mesin pencacah pertama.

Apabila TKKS akan dimanfaatkan untuk bahan baku pulp atau bioetanol, TKKS ini perlu dihaluskan lagi. TKKS yang sudah dicacah selanjutnya dicacah lagi hingga ukurannya menjadi lebih kecil, kurang lebih 0.5 cm. Mesin cacah yang digunakan juga memiliki konstruksi yang sedikit berbeda dengan mesin cacah pertama, bentuknya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

mesin cacah
Mesin cacah ukuran kecil yang digunakan di laboratorium.

mesin cacah besar
Mesin cacah berkapasitas besar di pabrik sawit

TKKS halus
Ukuran TKKS setelah melewati pencacahan ke dua.

Advertisements

78 responses to “Pengolahan TKKS (Tandan Kosong Kelapa Sawit)

  1. Pak/mas, boleh tanya2 gak… Aq mau penelitian serat kelapa sawit sebagai bahan TA Teknik Mesin Qu (komposit). Nah, aq mau neliti serat sawit. YAng aku masih bingung, yang dinamakan serat itu yang di daging buah (setelah diperas) atau tandang kosong ini??? karna yang aqu kira itu ya serat yang ada di daging buah itu. Pertanyaan lainnya, apakah serat keduanya itu sama? hhheeehh.. Trus apa metode terbaik untuk mengeringkan buah sawit untuk bisa kita pisahkan dari daging buah plus minyaknya ya mas? terus terang aq gak ngerti.. masih awam banget sih.. Thanx. Ditunggu balasannya ke email qu ya.

    • kak/abang penelitian tentang serat kelapa sawit udah selesai? aq maw penelitian masalah abu janjangnya, kk paham dk masalah itu? mohon bantuannya y………

      • Selamat datang di blog saya. Semoga bermanfaat. Penelitian serat sawitnya masih jalan terus. Saya akan bantu sepanjang saya mampu. Thx

  2. Halo Mas, salam kenal. Saya sangat tertarik dengan informasi mengenai proses dari tandan kelapa sawit ini. Bisakah saya mengetahui lebih lanjut dari cara proses menjadi serat , pulp dan partikel board . Dan apakah sudah banyak perusahaan yang menjalankannya? berapa harga di pasaran dan kemana pasar tersebut? Tolong di bantu ya mas… Dapat mengirim email ke michellecen@ymail.com.

    Terima Kasih banyak atas bantuannya

  3. salam….
    di kampung saya ada pabrik sawit yang tiap harinya berproduksi, dan juga banyak menyisakan tangkos-tangkos sisa pengolahan pabrik tersebut bertumpuk2 dan bahkan sudah membentuk bukit2 kecil tetapi seprtinya tidak dimanfaatkan oleh pemilik pabrik sehingga menjadi sampah dan udara menjadi bauk karena limbah tersebut, dengan demikian saya minta informasinya bagaimana mengelola limbah2 pabrik tersebut secara skala rumah tangga sehingga dapat termanfaatkan dengan baik dan dapat menambah penghasilan masyarakat setempat.
    terima kasih
    wassalam

  4. sangat menarik membaca tulisan ini , mohon informasi harga mesin pencacah TKS, distributornya dimana ?

  5. Yth. Sdr Isroi. Saya adalah dosen di Fakultas Pertanian Universitas Bangka Belitung. Saya sangat tertarik untuk meneliti pemanfaatan kompos TKKS ini untuk mengamendemen lahan sand tailing bekas penambangan timah di pulau bangka tempat saya tinggal. Potensi limbah TKKS sangat banyak dan tidak dimanfatkan sama sekali oleh perusahaan2 PKS. Bila kita ingin membuat kompos TKKS, tetapi tidak punya alat2 seperti pencacah, apakah ada cara manual untuk menghancurkan/memotong TKKS tersebut pada proses pengomposan? Saya juga mau tanya, adakah hasil2 penelitian yg sdr Isroi miliki yang menunjukkan dampak positif dari penggunaaan kompos TKKS pada tanaman, terutama tanaman perkebunan selain kelapa sawit? Mohon informasinya, terima kasih.

    • Kompos TKKS pernah digunakan untuk tanaman karet, tanaman padi, jagung, mahoni, albasia, dll. Coba cek lagi di blog saya, rasanya saya pernah menuliskannya.
      Cacah secara manual rasanya zulit zekali, Pak. Mungkin sih mungkin saja, tetapi kalau untuk reklamasi bekas tambang berhektar-hektar rasanya tidak mungkin dilakukan secara manual. Cara lebih mudah tidak usah dicacah, pake cara lubang besar yang sudah saya postingkan di sini:
      https://isroi.wordpress.com/2008/12/11/pemanfaatan-tkks-untuk-kompospupuk-organik-di-kebun-sawit/
      atau untuk mulsa saja. Cara ini sangat mudah dilakukan. Permasalahannya kemungkinan adalah kalau daerahnya kering dan curah hujan rendah. Mungki akan sulit terurai TKKS-nya.

  6. Di tempat saya byk juga limbah TKKS bagaimana atau kemana saya menjualnya atau siapa yg menampung produksi ini bila saya mengolahnya dan dimana saya bisa membeli mesin pencacah ? pliz di balas thanks

    • Kompos bisa dipakai sendiri kalau punya kebun sawit. Atau bisa juga dijual ke pabrik-pabrik pupuk organik. Rasanya sekarang banyak yang mencari kompos.
      Semoga berhasil membuat komposnya.

      isroi

  7. Yayan Nurdiansyah

    mendapat informasi dari temen2 di atas, masih ada perusahaan yang tidak memanfaatkan TKKS yang menumpuk bahkan mengganggu lingkungan. sekedar sharing, yang saya tahu semenjak harga pupuk kimia melonjak naik & setelah diketahuinya kandungan nutrisi bagi tanaman di dalam hasil dekomposisi TKKS banyak perusahaan bahkan petani berebut memanfaatkan limbah tsb. peluang bagus pa, silakan manfaatkan TKKS yang menumpuk itu untuk perkebunan / tanaman bapak. saya sdh melakukannya baik diperkebunan sawit maupun di tanaman hortikultura (buah & sayur) hasilnya sangat bagus & dapat mengurangi dosis pupuk kimia 20 – 35%. menurut pengalaman saya (baik sejak kuliah & mendampingi petani), setelah mencoba beberapa bahan organik yang dikomposkan (TKKS, jerami, sampah kota, kotoran ternak, sampah pasar, & daun2an kebun) hasil kompos TKKS lah yang kandungan unsur haranya cukup tinggi. bagi anda yang ingin sharing silakan kirim e-mail ke : yanurs79@yahoo.com

  8. asslm.
    mas.. mau nanya2 ni,
    saya mau penelitian diuniversitas riau,,
    penelitian saya tenteng pemanfaatan limbah padat tandan kosong hasil dari PMKS, saya lihat prospeknya amat bagus,,, apalagi ketersediaan kayu diindonesia ini sudah mulai berkurang,, apalagi sudah digalakkan nya ilegal loging,,,,
    tolong mas kasih tau penjelasannya atau tanggapannya untuk penelitian saya ini.
    balasnya keemail saya y mas… maspurwanto87@yahoo.com

  9. Saya Heru, dan sekarang saya telah menyelesaikan seminar KL (kerja lapangan) mengenai Pengomposan TKKS, tapi ada beberapa pertanyaan yg sangat mendasar dan saya kurang yakin dalam menjawab, pertanyaan sebagai berikut:
    1. Apakah memang limbah cair industri kelapa sawit mengandung banyak N (nitrogen)? jika ada, maka darimanakah N ini? apakah dari pengolahan TKKSnya, apakah dari aktivitas organisme di kolam limbah atau apakah dari kandungan murni TKKS
    Terima kasih

    • Saya tidak yakin kalau limbah TKKS banyak N-nya. Yang banyak N-nya adalah limbah industr karet (skim karet). Kapan-kapan saya lihat di hasil analisa limbah TKKS. Harus saya cari-cari dulu.

  10. Mas…saya berminat dengan tandan kosong tersebut.Kalo emang banyak,dimana bisa saya dapatkan tandan kosong tersebut.Thanx mas

    • Tandan sawit bisa diperoleh di semua pabrik kelapa sawit (PKS). Pabrik ini ada banyak sekali, tetapi yang paling banyak di P Sumatera, dan yang paling banyak ada di Prov. Riau. Silahkan dikunjungi PKS terdekat.
      Semoga membantu.

  11. Mas…saya berminat dengan tandan kosong tersebut.Kalo emang banyak,dimana bisa saya dapatkan tandan kosong tersebut.dtunggu kabarnya mas.Thanx mas

  12. halo mas,slm knal . gini mas saya mau penelitian jadi salah satu bahan yang akan saya gunakan itu adalah tandan kosong. apakah bisa tandan kosong itu dijadikan bahan pakan ternak?karena setahu saya tandan kosong ini memiliki kandungan serat yang tinggi sekali dan cara pengolahannya pun memang agak sulit…itu mas gmn y?? harap di bantu y mas
    wss.

    • Saya belum pernah lihat ada sapi mau makan tandan dan tidak yakin apakah sapi mau memakannya meskipun sudah diolah. Yang saya tahu, limbah sawit yang bisa dibuat pakan adalah pelepah sawit. Bukan tankosnya. Sapi juga suka makan buah sawit. Di kebun-kebun yang banyak sapinya, sapi sering terlihat makan buah-buah sawit yang jatuh. Saran saya ganti bahan penelitiannya dengan pelepah saja. Atau ganti dengan fiber (serabut sawit). Fiber ini limbah dari buah mungkin saja sapi suka.

  13. Asslam.
    salam kenal.. sangat menarik rasanya membahas tkks karena saya juga sedang mengerjakan skripsi tentang tkks yg akan dikomposkan secara anaerobik, mohon dapat membagi ilmunya.
    saya mau tanya:
    1. apakah tkks hanya melewati satu mesin pencacah saja sudah cukup.
    2. sebelum masuk mesin pancacah apakah tidak ada alat pemotong terlebih dahulu, untuk memperkecil ukuran.
    3.bisa minta spesifikasi alat khusus untuk mencacah tkks.
    terima kasih atas tanggapanya, mohon di balas. atau dapat di kirim ke muslihalsaid@gmail.com atau 085162123003. terima kasih banyak.
    Wassalam.

    • Wa’alaikum salam,
      Salam kenal juga.
      Saya sudah banyak sekali membahas tentang tkks ini. Bahkan ada videonya segala. Coba dicari-cari lagi. Tetapi saya belum pernah melakukan pengomposan anaerob, krn menurut saya membutuhkan waktu yang zangat lama zekali.
      1. Mesin cacah di pabrik memiliki kapasitas besar, jadi sekali masuk langsung keluar jadi serabut pendek-pendek.
      2. Spesifikasi saya tidak hafal dan tidak punya, yang jelas kapasitasnya bisa mencacah 200 ton tankos sehari per satu mesin cacah.

      Semoga bermanfaat dan cepat kelar skripsinya.

  14. hallo mas..salam kenal…mw nanya ni mas,,saya mw penelitian TKKS menjadi bioetanol..
    mohon bantuannya dalam proesnya dan masalah alat apa aj yg digunainn..
    tlg ya mas.. mksh sebelumnya…ditunggu mas…..

  15. ass…
    salam kenal…., wahh…. anda hebat…, saya salut..
    semoga bangsa indonesia bangga dengan keahlian anda
    trims…..

  16. Pingback: links for 2010-03-23 « Berbagi Tak Pernah Rugi

  17. salam hormat p’isroi,

    saya mau menanyakan apakah TKKS masih memiliki hasil spec apabila kita uji di laboratorium?dan jika ada,hasilnya uji lab nya apa aja?mohon penjelasannya ya.
    trim’s

    hormat saya,
    daffaa

  18. salam….
    Mas saya seorangf mahasiswa pertanian di Universitas tadulako. dikampungku ada perusahaan anak cabang dari PT. AAL Tbk dan rencananya dalam waktu dekat ini saya akan mengadakan penelitian TKKS disalah satu pabriknya apakah kesukaran yang saya dapatkan dalam menganalisa kandungan hara TKKS tersebut

    • Salam, juga.
      Setiap penelitian pasti ada kesulitannya, justru disitulah seninya penelitian. Kesulitan apa yang akan anda hadapi, tentu saja saya tidak tahu. Semoga sukses penelitiannya.

  19. Dear bung isro
    Ada teman sy yang membutuhkan tandan sawit kosong apakah bung isro bisa mensuply 10.000 MT/bulan ? berapa harga sampai riau, jambi atau teluk bayur padang.
    Makasih bung

    • salam kenal mas joko
      saya awaluddin
      asal dari pasaman sekarang di KALTIM
      saya kerja di pabrik sawit,
      selama ini tankos sawit belum maksimal di gunakan, kadang menumpuk, mohon saran dan masukannnya agar ada manfaat lain, terima kasih

      Awaluddin
      0813n70489895

  20. terima kasih atas tanggapan d atas…
    mw nanya lg nih, kira2 harga TKKS sampe brapa ya??
    tinggal dikit lagi nih mas..
    yang sabar ngadapi orang kaya saya ya mas.
    jazakallh atas infonya.

  21. siti masriani

    Salam Kenal Mas…
    Mas boleh sharing…ya..
    Saya seorang PNS di departemen Perindustrian, Kebetulan saya masih baru 5 tahun bekerja, dan saya diterima sebagai PENELITI pada instansi saya. Kebetulan Kantor kita akan menuju sistem Klaster berdasarkan Kompetensi daerah. Saya bekerja di daerah Sumatera Utara/Medan, Tupoksinya riset fokus pada Kelapa Sawit..Saya sedang melakukan riset ” TKKS menjadi Bahan Baku Polimer” .

    Menindaklanjuti hal tsb, apakah mas isroi punya literatur tentang topik tsb???

    Saya sangat harapkan info dari mas isroi…Thanks..

    • Asslm,
      Selamat datang di blog sya, semoga bermanfaat. TKKS sebagai bahan baku polimer apa contohnya? Ada banya temen2 di teknik kimia yang meneliti TKKS untuk berbagai tujuan. Mungkin bisa saya tanyakan ke mereka tentang literaturnya.
      Wassalam

  22. Yth.

    Mohon dikasih saya Spesifikasi Mesin Pencahan TKKS untuk skala laboratorium.

    Tks.

  23. Mas, slam kenal.. saya anes..
    saya ingin mnta bantuan ama yg sudah ahlinya..
    saya pernah baca jurnal dari PPKS Medan mngenai TKSJ (tndan kosong kelapa sawit sisa jamur merang)..
    Nah, yg jadi pertanyaan saya adalah, apa perbedaan antara TKKS dengan TKSJ??? apakah pada proses atau lain sbagainya???

    Lalu peran jamur pelapuk putih ini sebagai apa???
    Trus, apakah jamur ini sengaja ditumbuhkan??
    trimakasi mas..
    Mudah2an mas mau balas…
    ini buat bahan seminar saya..
    trimaksi sebelumnya mas

    • takos atau tkks adalah singkatan dari tandan kosong kelapa sawit. Sisa tankos yang baru keluar dari pabrik. Sedangkan tksj adalah tankos yang telah ditumbuhkan jamur. kalau di ppks mungkin pakai jamur merang. Karena memang tankos banyak ditumbuhi jamur merang. Namun, jamur merang bukan kelompok jamur pelapuk putih.

      Secara alami tkks akan ditumbuhi jamur, lihat di link ini:
      https://isroi.wordpress.com/2009/02/17/jamur-di-tumpukan-tkks-2/
      https://isroi.wordpress.com/2009/02/25/jamur-jamur-di-tkks-2/

      Tetapi yang dimaksud oleh ppks medan kemungkinan jamur merang yang sengaja ditanam di tankos.

      • Apakah ini artinya, pada TKSJ, tankos mengalami proses pencacahan, yg setelah itu ditanam Jamur merang mas??

        Lalu apakah Jamur merang dengan EM4 memiliki fungsi yg sama mas??

        Trimakasi sebelumnya mas.

      • Tankos perlu dicacah terlebih dahulu sebelum ditanami jamur merang, karena ukurannya yang cukup besar. tetapi saya lihat di lapangan tankos yang tidak dicacah pun jga ditanami jamur merang.
        Jamur merang tidak sama dengan dekomposer, jamur merang hanya memakan sedikit tankos dan sisanya tidak belum cukup ‘matang’ untuk disebut kompos.

  24. Mas., Isroi, dimana saya bisa mendapatkan mesin perajang tandan kosong kelapa sawit seperti diatas? mohon bantuannya:
    buyung 0813 66694111

  25. mas saya mau tanya, pisau yg digunakan pada mesin tersebut spesifikasinya sperti ap yah?

  26. Assalammualaikum..
    mas, saya mau tanyk, untuk pembuatan komposit serat TKKS ukuran serat yg di gunakan berapa mas??
    kalau tau, brpa sih kekuatan tarik serat TKKS tersebut, sebelum di campur dgn resin..???
    satu lg mas, TKKS yg bisa di gunakan untuk komposit berpenguat resin ini apa yg lgsung keluar dar mesin atau mesti di olah lagi???
    mohon bantuan n informasinya mas, untuk penelitian skripsi sy mas…
    aans.teknik@gmail.com n ni no hp sy, 085262463592

  27. Salam..
    Mas tau brp berat jenis TKKS ga?
    Saya sangat membutuhkan data tsb utk penelitian saya…
    Mohon bantuannya ya mas,
    Oh ya, tolong bls ke via email aja ya mas @rasengan_bush2yahoo.com
    Thx………..

  28. maksud saya berat jenis kering udara tkksnya saja…???
    klw tidak bagaimana metode mengitung bj nya?
    apakan sama dgn perhitungan bj pada kayu dan arang?
    thx

  29. Salam kenal Mas Isroi,.,

    Saya sedang merancang mesin preparasi TKKS untuk langsung disuplai ke boiler konvensional untuk penelitian S3 saya. Jika Mas Isroi punya hail-hasil penlitian yang berkaitan dengan topik ini, mohon dibantu dikirimkan ke saya via email: farkhan_mr@yahoo.com.

    Btw, link tentang TKKS yang ada di tread di atas kenapa tidak bisa didown load ya..Bisa dibantu dengan link yang lain, atau sekalian dikirimkan via email.

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih..

    Semoga Allah membalas amal baik Mas Isroi dan teman-teman yang saling bertukar ilmu pengetahuan.

    Best regards.,

    Farkhan

    • Salam kenal juga.
      Saya tidak tahu tentang permesinan, jadi juga tidak pernah mengumpulkan literatur tentang itu. Maaf.
      Link yang di atas sudah saya coba dan bisa didownload. Coba cek koneksi internetnya.
      Semoga bermanfaat.

  30. mas isori salam kenal,, saya faizal,,
    mas saya sangat tertarik dengan penelitian mas terkait pengolahan tandan kosong kelapa sawit karna di daerah saya masi sangat banyak limbah tandan kosong kelapa sawit yg menjadi masalah buat lingkungan sekitar,,, klo bole saya mau tanya tentang bagaiman cara mengolah limbah tandan kosong tersebut menjadi pupuk organik dan menjadi kertas,,,,

    makasih sebelumnya,,,

  31. maaf mas. saya mau nanya mengenai ukuran dari tkks tersebut. berapa diameter luar tkks itu dan panjangnya.. untuk keperluan ta saya mas. saya tunggu balesannya ke email saya mas.berbagi emang ga pernah rugi. terimakasih.

  32. salam kenal y smoga sukses slalu…
    saya mau nanya ni…. tolong kasi info tentang pengelolaan TTKS di perkebunan. kemudian tentang perhitungan biaya dari pengelolaannya dari pengomposan hingga aplikasi
    terima kasih mas…

  33. Saya mau nanya nih.. saya membuat abu tankos hasil pembakaran sendiri,saya bingung pendistribusiannya di daerah p.siantar,tolong dibantu mas

  34. saya mahasiswa Teknologi hasil pertanian fakultas pertanian Universitas Lampung, ada ga literatur atau bahasan apa aja mengenani pembuatan pulp berbahan baku TKKS??

  35. kak saya mau tanya, kalau TKKS di sudah dicacah, bisa nggak dibuat seperti tepubg atau bulir-bulir berukuran kecil?

  36. Halo Pak Isroi,
    Mohon informasi dari Bapak, apakah ada langkah-langkah dan komposisi bahan untuk pembuatan bioethanol dari tandan kosong kelapa sawit?

    Terimakasih.

    Hormat saya,
    Robby N.

  37. saya boleh tanya gak?
    limbah kelapa sawit yang disebut solid itu apa ya mas?

  38. Assalamualaikum,

    Saya yusuf dr Pekanbaru ingin menanyakan berapa banyak PROMI yg diperlukan per hektar guna pengomposan menggunakan TKKS yg disusun di piringan tanaman kelapa sawit, pemberian/penyemprotan PROMI dilakukan langsung di piringan tanaman kelapa sawit atau dilakukan ditempat lain sebelumnya.
    Saya jg berharap Pak Isroi bersedia menginformasikan harga PROMI dan POC PROMO berikut ongkos kirimnya sampai di Pekanbaru.
    Terimakasih, salam kenal pak.

  39. Mas, Kalo density TKKS yang belum dicacah berapa ya?
    TQ

  40. Assalamu’alaikum Pak Isroi.
    Perkenalkan saya Iqbal, mahasiswa UNAND-Padang. Mau tanya pak, untuk alat pencacah TKKS yang pernah bapak teliti apakah ada standard kadar air dan kadar lemak dari TKKS yang akan dicacah tersebut sebelum dimasukkan pada alat pecacah ? Pada kadar air dan kadar lemak berapa alat mampu bekerja maksimal (Kapasitas kerja efektif alat) pak ?
    Terimakasih Pak

    • Wa’alaikum salam. Saya tidak pernah mengetes kemampuan mesin pencacah. Keluar dari pabrik langsung masuk mesin pencacah. Masalahnya biasanya kualitas pisaunya yang kurang bagus, jadi cepat aus.

      • Makasih atas tanggapannya pak
        Artinya kapasitas kerja mesin pencacah perjamnya gak bisa dupastikan pak ? Atau telah dipastikan kapasitasnya berapa ton/jam misalnya pak ? Trus kadar air dan kadar lemak dari TKKS itu biasanya berapa ya pak kalau boleh saya tau pak ?

      • Kapasitasnya tergantung mesin cacahnya. Ada yg cukup besar. Bisa mencacah sampai 20 ton tankos perjam. Kadar air tankos yg baru keluar >70%. Kadar minyaknya blm pernah mengukur.

      • Ia pak. Terimakasih atas tanggapannya ya pak

      • Ia pak. Terimakasih pak

  41. zhilla thorfuts

    mas mau tanya, perbedaan TKKS dengan Tandan Kelapa sawit apa ya? terimakasih

    • Tandan kosong kelapa sawit adalah tandan sawit yang sudah tidak ada buahnya alias kosong. Kalau tandan kelapa sawit mungkin saja masih ada buahnya atau sudah ‘kosong’, tergantung kontek kalimat/artkelnya.

  42. maaf mas, mau tanya…
    pada hari keberapa tkks ditumbuhi jamur?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s