Sorgum Manis

Beberapa hari yang lalu aku berkunjung ke sebuah pabrik kertas. Direktur pabrik kertas tersebut kebetulan temanku. Dia ingin memamerkan tanaman barunya, yaitu sorgum manis. Sorgum ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan.

sorgum manis
Tanaman sorgum manis sedang berbunga

Salah satu potensinya adalah sebagai bahan baku etanol. Seperti namanya, sorgum manis, menghasilkan gula, yaitu dibagian batangnya. Kalau batang sorgum ini diperas akan keluar nira yang rasanya manis. Menurut informasi Pak Surya, Direktur Pabrik, kadar air di dalam batang sorgum kurang lebih 70%. Artinya kandungan niranya kurang lebih sebesar itu. Tapi belum tahu berapa kandungan gula-nya.

sorgum manis
Pak Gunawan Surya dengan sorgum manis kebanggannya.

Nira ini bisa langsung difermentasi untuk menghasilkan etanol. Teknologinya sederhana dan sudah tersedia. Ini tidak terlalu sulit.

sorgum manis
Biji sorgum manis sedang dijemur untuk bibit

biji sorgum
Biji sorgum

Berikutnya adalah adalah biji sorgum. Biji sorgum menhasilkan tepung yang bisa diolah untuk berbagai macam produk olahan, salah satunya ya…bahan baku etanol. Prosesnya agak lebih panjang daripada proses untuk nira sorgum. Bedanya hanya di awalnya saja, yaitu didahului dengan proses sakarifikasi (penggulaan) dengan bantuan enzime alfa amilase dan beta glukosidase. Setelah terbentuk gula dari pati sorgum selanjutnya gula ini difermentasi dengan proses yang sama seperti nira.

Batang sorgum juga memiliki potensi yang sangat besar. Batang ini mengandung serat selulosa yang bisa dijadikan sebagai bahan baku pulp. Batang ini dicacah hingga halus sebelum diolah menjadi pulp.

serat sorgum
Serat batang sorgum sebagai bahan baku pulp.

Namun, serat sorgum ini juga bisa dijadikan sebagai bahan baku etanol, yaitu etanol generasi kedua. Prosesnya agak lebih panjang sedikit daripada untuk tepung sorgum.

58 responses to “Sorgum Manis

  1. Hebat-hebat hebat..
    jadi tertarik sama shorgumnya..

  2. Bambang Wahyu

    Saya sangat tertarik dengan tulisan saudara, dan ingin menanam sorgum itu, dimana saya bisa memperoleh bibitnya, terimakasih.

    • salam sore bapak…
      saya sangat tertarik dengan sorgum,.
      saya mau tanya, untuk pemesanan tepung sorgum dimaNa ya pak??
      di sumatera barat ini belum berpeluang untuk itu..
      terimakasih bapak.

  3. Sorgumnya diimport dari India dan Perancis. Tanaman ini juga hibrida, jadi bijinya tidak bisa ditanam lagi.

  4. Terimakasih atas e-mailnya. Kalau boleh tahu dimana alamat atau nomor telp dari P Surya, yang di gambar itu. barangkali saya bisa dapat informasi tentang bibit sorgum.
    thanks.
    bbg.

  5. paling potensial untuk diolah jadi etanol… tapi bibitnya susah dicari

  6. bagus banget tu buat mengurangi ketergantunga kita terhadap BBM,bisa dapat info tentang sorgum tidak? mulai dari budidaya nya,memperoleh bibitnya dimana hingga pengolahannya menjadi bioethanol?

  7. bisa tau pak, dimana kebun percontohan pada gambar diatas?

  8. dimana dpt dibeli bibit sorgum manis

  9. wahhh,,,sangat menarik y,,,
    sorgum manis itu dapet dari mana ya pak??saya penasaran,,,,

  10. Kebetulan sorgum manis itu dari India. Pak Gunawan yang membawanya.
    Jadi saya tidak tahu dari mana atau bagaimana mendapatkannya.

    isroi

  11. pak bisa saya tau di mana yg menjual bibit sorgum manis di indonesia….? dan bisa saya minta no telpon & alamat bpk surya ?

    tolong di info ke saya lewat e-mail : dk1no@yahoo.com

    trims

  12. Sorgum itu dari india dan saya hanya membantu saja. Pak surya juga belum berniat menjualnya.

  13. Tx atas tulisannya tentang sorgum manis, Apakah sudah ada kebun percontohannya dan bagaimana mendapatkan bibitnya. Dimana alamat P” Gunawan Surya & no.tlp nya.

  14. selamat kepada kapitalis sorghum,simpen aja sendiri,nggak usah dibagi bila perlu sakralkan biar angker and kantong tambah tebal.

  15. pak saya mau tanya dimana saya bisa membeli benih shorgum?
    trims

    • Coba ditanyakan ke Pusat Penelitian Perkebunan (Puslitbangbun), Deptan yang alamatnya ada di Jl. Merdeka, Bogor. Nomor telepon atau emailnya saya lupa. Semoga bermanfaat.

  16. saya mahasiswa Faperta UNPAD angkatan 2004. saya cukup tertarik dengan artikel tentang sorgum manis yang ada dlm blog bapa. kebetulan penelitian saya tentang sorgum manis pula, yang salah satu tujuannya untuk mengetahui kadar gulanya. kalau boleh tau, bapa memiliki berapa kultivar sorgum manis? kalau yang dalam gambar biji sorgum manisnya warnanya agak kemerah-merahan yang saya tau jenis biji yang seperti itu memiliki tanin yang tinggi dan kalau di olah menjadi makanan rasanya tidak enak. kalau diolah menjadi makanan supaya rasanya enak, zat taninnya harus dihilangkan terlebih dahulu khan? bagaimana cara menghilangkan zat tanin tersebut? bagai mana cara mengolah batang sorgum manis supaya menghasilkan nira yang bagus?

  17. minta informasi tentang buku yang membahas sorgum(dari mulai tanan sampai pemanfaatnya

  18. selamat siang Bapak isroi.Terimakasih sekali atas informasi2 yg anda paparkan di blog anda.dengan paparan itu cakrawala berpikir saya menjadi luas.
    owh iya langsung saja,disini saya akan menanyakan tentang bioetanol berbahan dasar sorgum manis.jika tidak keberatan mohon dijelaskan proses pembuatan bioetanol dr sorgum manis meliputi batang dan bijinya.dan apa saja yg perlu dipersiapkan.
    untuk informasi,saat ini saya sedang mendirikan pabrik etanol skala ukm jadi butuh banyak masukan tentang berbagai macam bahan.

    terimakasih atas jawabannya

  19. Bapak isroi yth
    Kami tertarik dengan sorgum
    Apalagi kalo bisa dipake sebagai bahan pakan unggas (ayam dan bebek)
    Kalo di Bandung, apakah kami bisa dapat informasinya maupun bibitnya pak
    Terima kasih
    Salam
    Bambang Pur

  20. pak saya azis..saya mau menanam bibit sorgum di lombok untuk bahan etanol..bisa tolong segera balas di email saya berapa harga bibit sorgum per liternya

  21. Dear Pak Isroi, saya saat ini memiliki biji sorgum manis ada sekitar 10 ton. Biji sorgum sudah kering dan di pisahkan dari batangnya. selama ini saya hanya menjual batang tanaman sorgum untuk sapu. Sedangkan biji sorgum ini belum saya manfaatkan, apakah anda dapat memberi informasi untuk saya yang berminat membeli biji sorgum ini ? Untuk informasi email saya : dharma_leksana@hotmail.com Terima Kasih ya…

  22. wah menarik sekali..
    di SMA saya, sedang menganalisis tentang sorgum..
    adakah manfaat lain dari sorgum selain untuk ethanol & makanan ?
    terima kasih

  23. Pak saya salut. . !!
    Saya ingin sekali mencobanya. dimana saya dapatkan bibitnya ?? dan cara/teknologi penanamannya ?? Mohon infonyaa.

    • Bisa ditanyakan ke Puslitbangbun (Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan), setahu saya mereka menjual benih/bibit sorgum manis. Tempatnya di Jl. Merdeka, Bogor. Cuma saya tidak tahu nomor teleponnya. Silahkan tanya om google. Semoga bermanfaat.

  24. Yth. Pak Isroi
    Saya sudah mencoba dan menanam Sorgum Manis bibit dari Philipina seluas 1,5 Ha di daerah Jasinga Bogor, dan sudah berhasil dengan baik, 1 – 2 minggu lagi akan panen. Sekarang sedang siapkan mesin untuk giling batangnya, malaynya sebagian akan digunakan untuk bibit, dan sebagian lagi untuk percobaan pembuatan tepung, makanan dll.
    Juicenya akan saya coba buat gula merah, cuka dan Ethanol.
    Silahkan lihat lokasi saya di Jasinga Bogor, hanya 1,5 jam dari jakarta via tol kebun jeruk dan keluar di pintu tol 3 raksa kemudian menuju arah tenjo dan jasinga. Hub manager kebun Pak. THEO – 087870398234. Yang ingin bergabung atau menjadi plasma juga silahkan.
    Terima kasih.
    JOHNNY GODJALI – . sgodjal1@yahoo.com

  25. Yth. Pak Isroi
    Sebagai tambahan ampas giling dan seluruh daunnya sangat baik untuk makanan ternak terutama sapi dan kambing karena mengandung karbohidrat dan batangnya crispy tidak seperti tebu. Jadi mudah dicerna oleh ternak.
    Mudah-mudahan penjelasan saya bisa bermanfaat bagi yang ingin mengetahui mengenai sorgum manis. Yang lebih penting lagi 1 x tanam bisa panen 3 x setiap 90 – 100 hari.
    MARI KITA TANAM BERSAMA-SAMA, LEBIH MUDAH DAN MURAH DARI TANAM JAGUNG DAN SINGKONG.

  26. saya membudidayakan sorgum manis di aceh……
    tolong informasi tentang tehnik budidayanya secara lengkap boleh kan ……?

  27. sama semua jawabannya, saya sudah 1 bulan ini mencari bibit sorgum manis (sweet shorgum) semua jawaban sama. kami tidak menjual bibit. bagaimana petani mau maju di negara indonesia ini..

    jika ada berjiwa sosial tolong hubungi di e-mail saya

    terima kasih banyak sebelumnya

  28. Tanya> gampaang di jual ga??, per 1kg harga nya berapa?? kemana ngejualnya???

  29. Salam kenal mas, aku mau menanyakan dimana saya bisa mendapatkan limbah serat sorgum dalam quantity besar, terima kasih sebelumnya.

    • Saya tidak tahu daerah penghasil sorgum dalam jumlah besar dan kontinue. Setahu saya dulu banyak ditanam di daerah NTB dan NTT. Tidak tahu sekarang masih ditanam atau tidak?

  30. Thanks atas tulisannya tentang sorgum manis, Apakah sudah ada kebun percontohannya dan pabriknya disekitar Jakarta? Kalo boleh saya tahu Dimana alamat P” Gunawan Surya & no.tlp nya. Terimakasih ya pak

  31. Thanks atas tulisannya tentang sorgum manis, Apakah sudah ada kebun percontohannya dan pabriknya disekitar Jakarta? Kalo boleh saya tahu Dimana alamat P” Gunawan Surya & no.tlp nya. Info bisa di email ke donna.imelda@yahoo.com. Terimakasih ya pak

  32. dimana bsa dapat sorgumnya??aku penelitian ttg pembuatan bioetanol dri sweet sorgum..informasi please

  33. Kami telah membaca tulisan di websitehttp://www.deptan.go.id/ditjentan/admin/rb/Sorgum.pdf tentang tanaman shorgum dan manfaatnya. Kebetulan saya dan rekan sedang menyelesaikan tesis tentang Mesin Penyosoh Sorgum sebagai salah satu tugas akhir penyelesaian Program Magister di FTMD ITB.
    Rancangan kami telah berhasil denganan baik, produksi pertama kami dipesan oleh petani sorgum di Banjaran Jawa Barat, karena masih ada kekurangan dari mesin versi pertama maka saat ini terus diuji kefektifan kombinasi antara kecepatan putaran dan jarak celah grind dan biji sorgum.
    Insya Allah dalam 1 bulan ke depan kami akan memperoleh rancangan Mesin Penyosoh Sorgum yang lebih efektif dan efisien yang tentunya sangat dinanti oleh petani sorgum yang masih kesulitan dalam menyosoh biji sorgum. Bagi rekan-rekan2 yang ingin berbagi silahkan email ke pgautama@students.itb.ac.id

  34. Trims pak atas informasinya. saya mau tanya bagaimana cara membuat gula dari batang sorgum. trims banyak.

  35. buat saya ini adalah sebuah pencerahan , saya sangat tertarik sekali dan ingin sekali jadi bagian dari pembudi daya sorgum. terimakasih atas semua informasinya. nama saya eddi dari bandung, kalau boleh saya tahu dimanakah saya bisa mendapatkan bibit sorgum dan bagaimana cara menanam nya.

  36. hello ini pak Gunawan Surya kapan bisa ketemu bahan yang lain

    • Selamat datang, Pak Gunawan. Sudah lama sekali kita tidak bertemu. Bahan lain banyak selain sorgum banyak, Pak.
      Kapan-kapan pingin sy main ke Pabrik Kertasnya lagi.

  37. Selamat untuk DR. Isroih sukses selalu Pls Email me your Phone to
    Mrpp@cbn.net.id dan tlg dibuka alternatif bahan baku kertas di googlenya saya tulis utk pengetahuan masyarakat yang membutuhkan

  38. Perkenalkan saya Dr.Amin Nur yang bergerak dibidang pemuliaan sorgum dan gandum. di Balai penelitian tanaman serealia. Jika bapak/ibu ingin mendapat benih sorgum manis…bisa ke seameo-biotrop tajur bogor..jika hanya untuk tanam dan penelitian (benihnya belum bersertifikat). Tapi jika untuk dikomersialkan dijual sebagai benih langsung beli ke Balai penelitian tanaman serealia maros-Sul-sel telp. 0411-371529; fax 0411 371961 benih yang bersertifikat (Breeder seed) atau jika ingin lebih mendpatkan informasi mengenai sorgum silahkan bpk/ibu bisa hubungi saya 087841319620. Varietas sorgum manis yang banyak beredar sekarang varietas Numbu. Dan sekarang telah ada varietas baru khusus untuk etanol yaitu super 1 dan super 2. Email : nuramin02@yahoo.com atau aminipb@gmail.com. Perlu diketahui bahwa sorgum manis ini termasuk tanaman serealia, sehingga jika ingin mencari informasi bukan dipuslitbangbun, tapi dipuslitbangtan jln. merdeka bogor.Semoga informasi ini bermanfaat.Salam sukses.

  39. Tertarik juga, mohon info mendapatkan bibitnya di wilayah manado sulawesi utara. Mksih

  40. eko agro niaga

    saya ada surgum banyak pak,bisa puluhan ton per minggu yg merah dan putih,tempat sy di wonogiri,apabila Aada yg butuh bisa contak no saya
    082225732253

  41. Mas Isroi, saya dr yogya mhn info dimana saya bisa mendapatkan benih sorgum dengan brix yg tinggi? Thx atas infonya

  42. pagi mas Isroi, saya Krisna dari fakultas pertanian UNIDAYAN, saya punya tanaman sejenis sorgum, batangnya manis dan bijinya mirip sorgum. Masyarakat disini menyebutnya dengan Batari. Hanya saja saya belum punya banayak literratur terutama tentang tanaman sorgum untuk dijadikan bahan pembanding untuk tanaman Batari. jikalau mas Isroi punya buku atau website yang berisi informasi tentang tanaman serealia n gambarnya mohon kesediaannya untuk di sampaikan. Via email chris.gypsy99@gmail.co.id , Terima kasih sebelumnya/

  43. Saya tertarik dengan tanaman sorgum, saya penasaran dengan ini seperti manfaat detailnya serta bagaimana cara tanamnya…

  44. Boleh minta alamatnya mana ya?

  45. Bogor nya dimana alamatnya no tel nya thlk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s