Biochemical Pulping Jerami

fpp di jerami

Menipisnya pasokan kayu untuk bahan baku pulp mendorong perusahaan pulp dan kertas mencari sumber serat alternatif. Salah satu sumber serat non kayu (non-wood fiber) yang sangat potensial adalah jerami padi. Jerami padi tersedia melimpah, murah, dan dapat diperbaharui. Sebelumnya jerami padi juga sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan baku pulp,misalnya oleh Pabrik Kertas Padalarang, Jawa Barat.

Permasalahan lain yang dihadapi oleh pabrik kertas dan pulp adalah limbah pabrik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia ini umumnya berasal dari proses pengolahan serat menjadi pulp. Metode konvensional pembuatan pulp adalah dengan memasak serat dengan menggunakan soda api. Metode terbaru adalah dengan menggunakan organosolvent yang ralatif lebih ramah lingkungan. Metode lain yang cukup menjajikan adalah teknologi biopulping dengan memanfaatkan fungi pelapuk putih (FPP).

FPP memiliki kemampuan untuk mendegradasi lignin dan sedikit mendegradasi selulosa. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk pembuatan biopulping, baik biochemical pulping maupun biomechanical pulping. Teknologi biopulping memiliki beberapa keuntungan, antara lain: mengurangi kebutuhan energi, mengurangi penggunaan bahan kimia, dan meningkatkan rendemen dan kualitas pulp. Dalam kesempatan ini kami mencoba untuk memanfaatkan FPP dalam pembuatan pulp dari jerami (biochemical pulping).

Hasilnya sangat mengembirakan. Pemanfaatan FPP dapat mengurangi kebutuhan soda api hingga 90% lebih rendah daripada cara konvensional. Demikian pula suhu yang digunakan juga lebih rendah dalam waktu yang lebih singkat. Akibatnya penggunaan energi pun dapat dikurangi. Beberapa karakteristik pulp yang dihasilkan cenderung lebih baik daripada pulp yang dibuat secara kimia.

Tabel 1. Karakteristik Pulp Jerami yang dibuat dengan biochemical pulping

No.

Parameter

K

STG

ST

DSTG

Kimia

  

  

  

  

  

  

  

1

Bursting (kgf/cm2)

1.98

4

4.77

4.13

7.8

2

Tensile

3.5

10.93

14.3

13.93

13.7

3

Breaking length (m)

1.98

5.52

7.42

7.29

6.97

4

Ring Crush

11.01

21.93

23.89

23.17

17.31

5

Bursting Factor

0.82

3.03

3.71

3.25

nd

6

RCF

8.45

16.61

18.59

18.19

13.21

 

Jerami padi yang masih segar sebelum dibuat pulp

FPP yang tumbuh di atas jerami padi

Handsheet biopulp jerami tanpa pemasakan dengan soda

Handsheet biochemical pulping STG

Handsheet biochemical pulping ST

Handsheet biochemical pulping DSTG

Handsheet pulp jerami dengan proses soda

 

 

Download buku dan referensi lain: Klik Di Sini.


Referensi yang berkaitan:
cellulosic cell wall
Posted from WordPress for Android

Advertisements

15 responses to “Biochemical Pulping Jerami

  1. Pak Isroi…mohon izin untuk me-link blognya..biar bisa jadi referensi saya kalo mo nulis tentang energi alternatif…

    Terima kasih atas izinnya..

  2. salam kenal pak isroi. saya seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir (skripsi). jika bapak berkenan, saya mohon bantuannya untuk bisa mendapatkan referensi lainnya mengenai potensi jerami sebagai bahan pembuatan kertas khususnya kertas seni. topik skripsi saya adalh pemanfaatan jerami bersama eceng gondok sebagai bahan baku pembuatan kertas seni. email saya : yogiwaldingga@yahoo.com

    terima kasih atas bantuan bapak.

  3. Saya tidak memiliki data tentang pulp jerami untuk kertas seni. Memang agak sulit mencari literatur berbahasa Indonesia.

  4. mohon ijin pak Isroi untuk melink artikelnya di web kami
    terima kasih banyak pak

  5. salam kenal pak isroi. perkenalkan nama saya sulis, mahasiswa TIN-IPB. begini pak, saya ingin bertanya tentang proses bio-chemical pulping ini. kira-kira proses pelapukan ini terjadi dalam waktu berapa lama (asumsinya untuk 1 kg jerami)?kalau ada literatur yang mendukung mohon dikirim ke alamat email saya : ketjenk_maniez@yahoo.com. terima kasih pak.

  6. Essy wulan dara

    adakah panduan untuk pembuatan pulp yang anda buat soalnya saya juga sekarang sedang meneliti pulp namun dari limbah giling (fiber) kelapa sawit dengan metoda soda dingin. tolong di balas

  7. PAK ADA TIDAK LITERATUR/DATA YANG MEMBAHASA PULP YANG BERASAL DARI PELEPAH AREN, PELPAH KELAPA ATAU PELEPAH DARI POHON PALEM2MAN

    • kalau dari pelepah aren atau kelapa saya tidak punya. Yang ada dari tandan sawit. Rasanya ada literatur dari malaysia yang bisa didownload gratis. Coba cari dengan menambahkan kata kunci MPOB. Semoga bermanfaat.

      isroi

  8. TOLONG DIBALAS YAH PAK SAYA BUTUH UNTUK PENELITIAN SKRIPSI SAYA

  9. Pak saya research ttg pembuatan pulp dari serabut kelapa muda,ada perbaikan di penambahan literatur, mohon bantuan pak Isroi jika ada pustaka yang berkaitan..Trmksh..

  10. Kok ssah ya cri gmbar cntoh plapukan????????ksh tw crnya dwonk,.

  11. Pingback: Teknologi Biopulping « isroi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s