Inovasi Tiada Henti


Ini bukan slogan dan promosinya Suzuki lho….. Belum ketemu kata yang sepadan dengan itu, ya…sementara pakai itu dulu lah…


Saya sudah menemukan beberapa produk hasil penelitian, salah satu yang cukup sukses dipasaran adalah Promi. Umur Promi masih balita (belum ada lima tahun) sejak lahir beberapa tahun lalu. Meskipun begitu, bukan berarti inovasi untuk Promi selesai.

Promi lahir dari sebuah perjalanan penelitian yang cukup panjang. Beberapa tahun sebelumnya Pak Darmono sudah lama meneliti tentang Trichoderma. Saya sejak awal meneliti tentang mikroba pelarut fosfat, dan Pak Agus yang berpengalaman di bidang perpenyakitan. Memang sudah jodohnya, hasil-hasil penelitian itu bertemu. Ibarat asam di gunung dan garam di laut, bertemu di muara juga.

Tiga tahun kami mencoba untuk menyebarluaskan Promi ke masyarakat. Banyak kendala yang kami hadapi dan banyak pula yang kami perbaiki. Tetapi secara prinsip belum banyak perubahan konsep Promi dari awal lahirnya.

Setelah Promi cukup mapan, saatnya untuk kembali berfikir dan berinovasi: BAGAIMANA MENINGKATKAN KUALITAS PROMI. Selama ini banyak hal yang aku pikirkan untuk meningkatkan kualitas promi. Salah satunya adalah menambahkan mikroba biofertilizer yang lebih lengkap.

Harus diakui bahwa masih ada satu mikroba yang belum dimasukkan ke dalam Promi, yaitu: mikroba penambat N. Kami belum menambahkan mikroba ini bukan karena kami tidak punya mikrobanya, tetapi kami ingin penambahan itu benar-benar memberikan tambahan maanfaat untuk pengguna Promi. Kami sedang menyiapkan serangkaian penelitian untuk menambahkan mikroba penambat N ini.

Semoga usaha ini berhasil, dan Promi bisa membantu dunia pertanian Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan pupuk kimia. Insya Allah.

10 responses to “Inovasi Tiada Henti

  1. kalo boleh saya tau mas isroi,apakah promi cair mengandung 29 macam asam amino.Selama ini kebanyakan pupuk yang beredar di pasaran hanya mengandung 17 macam asam amino

    • Pupuk cair namanya Promo. Selama ini kami tidak melihat kualitas promo dari sisi kandungannya saja, tetapi dari respon tanamannya. Jumlah asam amino belum dianalisa secara menyeluruh, tetapi yang jelas respon tanamannya sangat mengembirakan. Terus terang kami tidak tahu berapa jumlah pasti kandungan asam aminonya.

  2. Lanjutkan! Saya cuma bisa bantu do’a mas.

  3. semua pupuk bagus,tidak ada yang jelek,reaksi pada tanaman bisa bersifat fatamorgana ( tidak bisa buat jangka panjang )……tapi kalau semua unsur nutrisi sudah terpenuhi dan terbuat dari bahan organik 100%…tidak perlu lagi namanya pupuk kimia dan hasil akan beda dengan pupuk yang tidak lengkap atau kurang nutrisinya…biasanya akan terlihat pada hasil panennya.tq….terus berkarya…

  4. pak,,saia mau tanya kalau di jakarta dimana bisa mendapatkan promi itu?atau sekiranya ada bahan lain yang fungsinya sama dengan promi??

    terima kasih sebelumnya …..

  5. Mas Roi, saya trtarik dngan kinrja duo Tricho & Asper yg trkandung dalam Promi dan ingin mnggunakannya paling tidak untuk bercocok tanam di kbun rumah. Di mana saya bisa mndapatkan promi di lokasi trdekat dngan tmpat tinggal saya > Solo alias Surakarta ?
    Terimakasih,
    Salam Sukses Pertanian Organik Indonesia !!!

  6. yth pak isroi, apakah promi saat ini sudah di tambahkan mikroba penambat N? dan apa fungsi dari microba Aspergillus sp? apa bukan sebagai penambat N?

    • Promi tidak menggandung mikroba penambat N. Kami punya beberapa mikroba penambat N, tp belum ada yang memberikan afek yang signifikan. Jd tidak ditambahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s