Pupuk Organik Granul (POG) Premium

pupuk sawitPupuk organik granul (POG) memang sedang ‘naik daun’ beberapa waktu ini. Salah satu sebabnya adalah dukungan pemerintah untuk memberikan subsidi POG. Banyak sisi positifnya, tetapi sisi negatifnya ada juga. Salah satu sisi negatifnya adalah banyak POG yang dibuat asal-asalan, yang penting memenuhi spek, dapat untung, ngak peduli dengan kualitasnya. Broker-broker POG berkeliaran di mana-mana, pengusaha POG skala kecil yang tidak paham bisa kena getahnya. Yang dapat PO-pun yang penting memenuhi komitmennya, yang kadang-kadang tidak peduli dengan kualitas POG.

Lupakan saja POG itu, sekarang mencoba untuk berangan-angan untuk membuat POG kualitas premium. Bagi pengusaha yang memiliki visi jangka panjang POG Premium adalah kunci untuk sukses di bisnis POG.

POG Premium yang saya maksud di sini adalah POG yang memiliki kualitas sangat baik, komposisi lengkap, kualitas terjamin dan terbukti di lapangan. POG Premium bisa dibuat dengan beberapa cara:

1. Menggunakan Bahan Baku Kompos/pupuk kandang Grade A

Banyak POG dibuat dengan kompos abal-abal, alias kompos mentah. Kompos yang baik adalah kompos yang dibuat dengan proses pengomposan yang sempurna, menggunakan dekomposer yang bagus, dan waktunya cukup. Bahan untuk membuat kompos pun adalah bahan organik yang terjamin tidak terkontaminasi oleh bahan B3. Misalnya, kompos yang dipakai bukan dari TPA, sampah kota, sampah rumah tangga, atau sampah industri yang menggunakan bahan berbahaya. Sebaiknya kompos dibuat dari sampah daun, limbah agroindustri, atau pupuk kandang sapi, kambing, dll.

Salah satu parameter kualitas kompos adalah rasio C/N yang cukup rendah. Selain itu, kompos yang baik memiliki kandungan asam humat dan asam fulvat yang cukup tinggi. Kandungan unsur haranya lengkap, baik unsur makro maupun unsur mikro. Kompos bisa juga dibuat dengan mencampurkan kompos dari beberapa bahan, misalkan kompos dari kotoran sapi dikombinasikan dengan kompos dari limbah padat organik pertanian.

Kompos yang baik juga tidak mengandung mikroba-mikroba patogen untuk tanaman, maupun benih-benih gulma.
POG juga bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain yang kaya hara, seperti: fosfat alam, dolomit, zeolit, atau bahan-bahan lain.

2. Diperkaya dengan mikroba biofertilizer.

Saat ini ada kecenderungan untuk mengkombinasikan pupuk organik dengan pupuk bio (biofertilizer). Secara teori memang memungkinkan untuk memperkaya pupuk organik dengan biofertilizer. Banyak mikroba yang bisa perperan sebagai biofertilizer. Kelompok umum mikroba ini adalah: mikroba penambat N (simbiotik maupun non simbiotik), pelarut P, pelarut K, mikoriza, PGPR, biocontrol, dll. Mikroba yang dipakai untuk biofertilizer harus mikroba unggul. Mikroba yang telah melewati serangkaian seleksi dan ujicoba dengan metode yang sahih, sehingga ketika ditambahkan ke dalam POG mikroba-mikroba ini benar-benar bisa berfungsi dengan maksimal.

Penambahan mikroba juga akan menambah biaya. Apalagi jika ada banyak mikroba yang ditambahkan akan semakin meningkatkan biaya. Jadi penambahan mikroba harus benar-benar selektif.

Salah satu kesulitan penambahan mikroba yang lain adalah kompatibilitas antar mikroba. Dalam penambahan mikroba tidak berlaku rumus matematika 1 + 1 = 2, bahkan kadang-kadang 1 + 1 = – 2. Ini tantangan tersendiri.

Mikroba biofertilizer sudah lama terbukti mampu membantu tanaman untuk menyerap hara nutrisi dan bisa meningkatkan produktivitas tanaman. Mikroba juga memiliki peran untuk melindungi tanaman dari serangan hama/penyakit dari dalam tanah.

3. Penambahan Hormon Nabati

Saat ini banyak beredar hormon tanaman yang berasal dari ekstrak tanaman, fermentasi ekstrak tanaman, sari hewan atau yang lainnya. Banyak sekali beredar di pasaran pupuk organik cair yang dibuat dengan cara ini dan terbukti di lapangan. Mungkin ada manfaatnya mengabungkan hormon nabati dengan POG. Dengan konsentrasi yang pas, penambahan POC bisa meningkatkan kualtias POG. Siapa tahu?

***
Formula POG Premium harus sudah teruji di lapangan. Penambahan bahan-bahan di atas secara serampangan bisa berakibat sebaliknya, bukan POG Premium tetapi POG Dodol. Biarlah tanaman yang menjadi jurinya. POG Premium yang benar-benar premium akan menunjukkan efek positif pada tanaman. Seberapa besar efek positif itu, sebesar itu pula kualitas POG Premium ini. Selamat meramu POG Premium.


DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Advertisements

8 responses to “Pupuk Organik Granul (POG) Premium

  1. Terima kasih pak isroi, walau ditengah2 kesibukan mash sempat berikan wacana dan wahana pemikiran baru tentang POG, mudah2an pak isroi selalu dalam lindungaNya sehingga kita dapat bertemu lagi dan dapat merealisasikan apa yang ada dalam fikiran kita, amin…

  2. sering cari info soal ini, tapi tidak pernah ada yang bisa memberikan info selengkap blog ini. Salut deh.. d(^_^)

  3. Pupuk organik yang bagus tidak saja harus di buktikan melalui praktek baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang , tapi juga secara ilmu di depan para pakar pertanian.Bahkan kalau perlu memenuhi standar International.Sehingga diperoleh kesimpulan dan masukan-masukan dari berbagai pihak.

  4. Mas Isroi, saya sangat berterimakasih dengan tulisan-tulisan Mas Isroi tentang kompos. Sebagian tulisan tersebut saya gunakan sebagai refrensi saya. Saya Buyung tinggal di Jambi baru memulai usaha pembuatan pupuk kompos. Tapi dengan informasi subsidi granul tampaknya harus menargetkan pengembangan ke level tsb. . Tks. Salam sukses

  5. bagaimana cara mendapatkan produk anda?
    berapa harganya?

  6. suwarto, S.Si

    Mau tanya apakah sudah ada produk pupuk organik cair yang hanya berisi Nitrogen 90% ????

  7. Pingback: Pengomposan Sampah Kota Skala Besar untuk Pupuk Organik | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s