Tips Android: Scan dokumen ke file pdf dengan Smartphone Android

image

Smarphone Android memiliki banyak fungsi dengan aplikasi-aplikasi tambahan. Salah satunya adalah fungsi untuk scan dokumen. Scan dokumen adalah salah satu pekerjaan rutin di kantor. Seringkali kita perlu mengirimkan dokumen dalam bentuk file pdf/image ke rekan kerja atau klien. Jaman dulu pekerjaan ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan scanner. Saat ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smarptphone Andorid. Caranya sangat mudah.

Banyak aplikasi scanner document yang tersedia di Google play store. Banyak aplikasi yang gratis dan ada juga yang berbayar. Yang berbayar pun harganya sangat murah sekali.

Cara kerja aplikasi ini sangat sederhana dengan memanfaatkan kamera smartphone untuk memindai dokumen. Hasil fotonya selanjutnya diolah menjadi file pdf. Simple.

Screenshots_2013-11-04-14-14-09

1. Cara penggunaannya juga mudah. Dokumen yang akan kita scan diletakkan di meja atau di posisi yang datar dan cukup mendapatkan cahaya.
2. Kemudian kita foto dengan posisi tegak lurus terhadap dokument. Usahakan agar dokumen tidak terkena bayangan tangan kita. Sebaiknya alas yang digunakan juga kontras dengan dokumen yang akan discan. Kemudian ambil fotonya.

3. Aplikasi akan memuat foto dokumen. Ada beberapa pilihan untuk meng-cropping foto sehingga tepat dengan posisi dokumen. Ada juga menu-menu untuk memparbaiki kualitas fotonya; misalnya membuat lebih cerah, lebih terang, lebih kontras, hitam-putih, dll.

4. Langkah selanjutnya adalah mengkonversi ke file pdf.

Kita bisa menambahkan banyak halaman dokumen dalam satu file. File pdf yang dihasilkan juga bisa dikirim atau dishare ke teman/kolega via email, cloud, dll. Mudah sekali.

Kini dengan smartphone Android Anda tidak perlu membeli scanner lagi, karena smartphone Android bisa digunakan untuk meng-scan dokumen.

Berikut beberapa aplikasi scanner dokumen yang tersedia di Google Play Store:

image

image

image

image

Advertisements

2 responses to “Tips Android: Scan dokumen ke file pdf dengan Smartphone Android

  1. Makasih buat tips androidnya, saya coba dulu ah

  2. sebenarnya sih sama aja dengan memotret ya, bedanya hanya bisa dikonversi ke pdf hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s