Modus Lain Penipuan Kotoran Hewan/Pupuk Kandang Sapi untuk POG

Di posting sebelumnya saya sudah sampaikan beberapa modus penipuan kohe oleh suplier kohe (kik di sini) dan bagaimana cara untuk mengeceknya secara sederhana (kik di sini). Hari ini saya menemui modus penipuan lain yang digunakan oleh suplier kohe untuk curang.

Kohe campur gergajian

Dengan metode sebelumnya kohe yang dicampur dengan tanah/atau pasir sangat mudah dikenali. Karena tanah atau pasir akan segera tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air.

Rupanya para suplier kohe tidak kurang akal. Karena setiap bahan baku yang datang selalu dicek dengan air dan apabila banyak yang tenggelam akan dikembalikan, mereka menambahkan bahan lain yang ringan dan mengapung ketika dimasukkan ke dalam air. Bahan tambahan yang digunakan adalah serbuk gergaji.

Serbuk gergaji memilik BJ (berat jenis) sekitar 0.7. Jadi akan mengapung ketika dimasukkan ke dalam air yang BJ-nya 1. Serbuk gergaji ini halus dan warnanya juga coklat, jadi agak sulit dibedakan dengan kotoran ternak dari sapi.

Sebenarnya kohe abal-abal ini juga cukup mudah dikenali dengan metode yang sama seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya (Klik di ini). Secara visual juga bisa dikenali. Warna serbuk kayu biasanya lebih putih atau lebih cerah dari kotoran hewan. Perhatikan foto di atas, ada bercak-bercak putih yang cukup menyolok.

Kemudian ketika dimasukkan ke dalam air akan banyak kohe yang mengapung. Coba ambil kohe yang mengapung ini dan perhatikan bahwa yang mengapung mirip dengan serbuk gerjajian.

Memang susah mendapatkan suplier yang jujur. Tetapi saya berharap dengan artikel ini setidaknya para produsen lebih berhati-hati dan para suplier juga segera sadar. Wallahu’alam.

One response to “Modus Lain Penipuan Kotoran Hewan/Pupuk Kandang Sapi untuk POG

  1. kohe itu pa maaf klo blh sy thu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s