Probiotik Tanah

probiotik tanah

Probiotik Tanah

Kembali ke Jualanku | Probiotik Tanah
Cara Pemesanan & Pembayaran | Informasi : Manto 085643907204| Email: isroi93@gmail.com

Harga: Rp. 60.000/botol @ 100ml

Satu botol (@100ml) bisa digunakan untuk 400 L air. Jadi biaya per liter air yang disiramkan hanya Rp. 15. Sangat murah sekali.

Bahan Aktif:
Mengadung mikroba/bakteri Lactobacillus, Actinomycetes, Pseudomonas, Streptomyces, Saccaromyces, dan mikroba pelarut fosfat.

Manfaat:
Sebagai amelioran tanah yang bisa memperbaiki kondisi tanah yang rusak akibat pemakaian pupuk kimia secara belebihan dalam waktu yang lama. Probiotik Tanah akan mengembalikan aktivitas mikro-biota tanah, sehingga tanah kembali subur.

Pemakaian:

  1. 100 ml Probiotik Tanah diencerkan dengan 1 liter air.
  2. Kemudian jika akan digunakan setiap 2.5 ml larutan Probiotik Tanah diencerkan dengan 1 Liter air.
  3. Buat parik kecil di sekitar pokok tanaman.
  4. Siramkan di parit yang telah kita buat tadi. Setelah disiramkan, parit ditutup lagi dengan tanah. Penutupan ini untuk melindungi mikroba dari sinar matahari.
  5. Penyiraman dilakukan 2 x seminggu hingga tanah terlihat kembali gembur.
Advertisements

42 responses to “Probiotik Tanah

  1. setelah saya menggeluti usaha penjualan pupuk organik cair, banyak kesan yang saya peroleh dari petani, kadang setiap petani yang saya tawarkan jenis poc tertentu petani mengatakan mahal dan mahal tetapi akhirnya terpaksa ia beli dan memang rata rata harga poc dipasaran cukup tinggi. petani cendrung cari yang murah tetapi kualitasnya bagus. karena memang daya beli petani rata rata rendah. dengan pengalaman ini timbul keinginan dalam hati saya untuk membuat poc sendiri dengan kualitas tinggi tetapi harganya cukup terjngkau oleh daya beli petani. bila nanti sya memulai membuat poc sendiri dengan cara membeli biang poc dari mas isroi, saya tetap mengharapkan bimbingannya. saya mengacungkan jempol untuk mas isroi atas kesediaannya membagi ilmu dan pengalamannya trims

  2. masalah probiotik tanah, bgm seandainya mas juga menyiapkan biang mikrobanya untuk kita perbanyak sendiri seperti biang poc yang bisa diperbanyak menjadi 20 kali sehingga harga jual probiotik tanah/dekomposer cukup murah

    • Probiotik tanah adalah kumpulan banyak mikroba, sulit untuk menyediakan biangnya yang bisa dikembangkan sendiri. Selain itu mengembangbiakkan mikroba juga perlu keahlian khusus. Untuk mikroba kultur murni sudah ada beberapa lembaga yang menjualnya, seperti: lab mikrobiologi fak pertanian ugm, pau ugm, lab mikrobiologi ipb, dan beberapa tempat lain.

  3. Pak, maaf..apakah saya boleh dapat kontak person faperta ugm atau mikro ipb yg langsung menangani jual-beli kultur tsb? saya sudah coba email ke lab mikro faperta tapi tdk dibalas.
    Terima kasih banyak.
    salam

  4. pak Isroi, setelah diencerkan menjadi 400l dosis pemberian setiap tanamannya berapa? misalnya untuk melon atau cabe

  5. Pak, kalo untuk aplikasi ke tanaman padi di sawah, apakah bisa kalo Kompos Jerami Promi sebelum dibenamkan ke sawah disiram dulu dengan Probiotik Tanah ini.
    soalnya kalo kita harus buat lobang di sela-sela tanaman padi, kemudian disiram Probiotik Tanah , lalu ditutup tanah lagi kayaknya tidak efisien.

  6. Pak Isroi. Bakteri dan Mikroba itu kan sangat cepat berkembang biak asal ada media hidup dan makanannya. Bagaimana kalau 1 botol dicampur dengan 1000 lieter yang sudah diberi larutan gula merah/pasir dan tepung dan dibiarkan 2 minggu?. Dengan cara ini apakah bakteri dan mikroba dapat bertambah banyak juga?.

    • Mikrobanya memang akan berkembang biak, tetapi ada juga mikroba lainnya (mikroba kontaminan). Jadi nanti yang berkembang biak tidak hanya mikroba yang kita inginkan saja, tetapi macam-macam mikroba yang tidak kita inginkan.

  7. Bravo. Saya kebetulan nyasar kemari, tapi setelah baca-baca… wah, menarik sekali pengetahuan yang dibagikan. Thanks. 🙂

  8. Bagaimana mengembangbiakkan bakteri probiotik tanah tanpa terkontaminasi

  9. untuk media yang sudah gembur apakah masih perlu ditutup dgn tanah? mengingat media ketela sangatgembur.

    • Saya kurang paham dengan maksud pertanyaannya. Yang dimaksud dengan media tanam itu pupuk organiknya atau media tanam yang berupa pupuk organik dan tanah? Pemupukan kompos/pupuk organik bisa diatas tanah atau ditimbun dengan tanah. Yang penting akar tanaman bisa mencapai pupuk organik ini.

  10. assalamualaikum….. pernah satu kasus saya tanam ketela menggunakan kompos blotong pabrik gula yang sudah di fermentsasi menggunakan em4 untuk memperbaiki struktur tanah, waktu aplikasi keadaan kompos masih hangat. waktu musim panas ketela dapat bertahan, daun kelihatan lebat. namun musim hujan datang umbi jadi banyak yang busuk. apakah ini karena proses fermentasi kompos yang kurang sempurna? trus, apa probiotik tanah tidak menimbulkan hal yang sama mengingat kompos juga kaya bakteri dan microba. trus bagaimana cara memilih pupuk kompos yang baik? trimakasih. saya tunggu jawabannya. wassalamualaikum…….

    • Wa’alaikum salam. Kompos yang masih panas menunjukkan kalau proses pengomposannya belum cukup matang. Kompos yang belum matang tentunya tidak bagus untuk tanaman. Ummbi yang busuk mungkin terserang penyakit. Probiotik tanah berisi mikroba yang membantu tanaman bukan mikroba pembusuk atau penyakit. Jadi tidak akan menyerang atau membusukkan tanaman. Kalau ketelanya jadi busuk mungkin terserang penyakit dari mikroba lain.
      Coba lihat-lihat di posting yang lain, saya sudah posting untuk mengetahui kompos yang baik.
      Wa’alaikum salam.

  11. assalamualaikum…mas saya punya tanaman jeruk sebanyak 500 pohon
    mau tanya zpt yang cocok untuk pembungaan diluar musin itu apa?
    bingun mau beli yang mana!!
    liat dari referensi lain kok beda2..!! Paklobutrazol ini zpt atau bukan katanya bisa berbunga diluar musim…Ma’af komen disini!!

  12. untuk tanaman keras (pohon gaharu)yg cocok pakai pupuk apa ya… trims

  13. pak saya mau tanya apa probiotik ini bisa di gunakan untuk air kolam pada ternak ikan di kolam terpal?
    Kalo tidak bisa,probiotik apa yang harus di gunakan untuk air kolam di kolam terpal? Namun jg bisa di gunakan sebagai campuran pangan ikan saya..terima kasih sebelumnya..

  14. probiotik untuk kolam apa namanya? Harganya brapa

  15. budisurya1@yahoo.com

    mas isroi, sy mau tanya apakah PT(probiotik tanah ) ini setelah di encerkan dgn air , bs di tambahkan pupuk NPK?kalo di campur dgn NPK apakah mikrobanya mati , krn NPK adalah pupuk kimia .apakh pembuatn parit dan penimbunan parit kembali setelah penyiraman dgn PT ini , suatu keharusan.krn saya sdg menanam pohon karet , yg jumlahnya ratusan , jd agak berat juga bikin parit dan kemudian men9imbunnya. saya ingin yg lbh praktis aja ., di kocor aja ke tanah tanpa pembuatan parit .

    • Probiotik tanah isinya mikroba, jangan dicampur dengan pupuk kimia atau pestisida kimia. Mikrobanya bisa mati. Yang penting adalah mikrobanya tidak terkena sinar matahari langsung, sebaiknya ditimbun setelah disiram. Tidak dibuatkan parit tidak apa2.

  16. pak is kami kebetulan mengelola tpst. Cara perbanyak biode promi bgmn? Blognya kok kosong.

  17. mas isro, untuk penyiraman probiotik apabila terkena tanamannya bermasalah ngak( membuat tanaman jadi mati )

  18. Pak Isroi, probiotik tanah ini termasuk pupuk hayati atau dekomposser ?
    trims..

  19. mas apakah probiotik ini bisa untuk tanah kebun..?,apakah microbanya tidak mati setelah di aplikasikan mengingat tanah kebun umumnya kering tanpa pengairan

    • Bisa. Tanah kebun meskipun kering tetap masih ada kandungan airnya. Sebaiknya dibuat parit kecil, dan setelah disiram kemudian ditimbun dengan tanah lagi. Agar mikrobanya tidak terkena sinar matahari langsung.

  20. Prebiotik.bagaimana aplikasi di sawah?, apakah saat pengolahan tanah?,saat aplikasi apakah air di sawah di batasi?, aplikasinya berapa kali dalam satu periode panen? dan kapan waktunya….. suwun mas

    • Aplikasinya pada saat olah tanah ketika belum diairi, sehingga mikrobanya tidak hanyut terkena air. Aplikasinya sebelum tanam pada saat pengolahan tanah itu, sekali saja. Pada saat aplikasi pengairannya dibatasi beberapa hari (2-3 hari).

  21. Salam………..”Berbagi Tak Pernah Rugi”
    Bagimana caranya menyuburkan Tanah Empang air payau supaya tanahnya menjadi Gembur, dimana Ikan Bandeng atau Udang supaya cepat besar. karna yang tejadi dilapangan untuk 1Ha Tambak pemakaian Pupuk anorganik mencapai 1.5 Ton/Ha.
    Tolong Solusinya secara organik.

  22. Assalam… Pak mau tanya, apakah boleh jika probiotik tanah dicampur dengan colchisine???makasih

  23. pak,punya pin BB untuk menghubungi jenengan??

  24. apakah tidak berpengaruh terhadap mikroba atau bakterinya pak???

  25. assalamu`alaikum warohmatulloh…..
    Untuk probiotik tanaman, apakah pengaplikasiannya bisa disemprotkan saat tanaman padi berusia 7 hst pak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s