Tip Kamera Saku: Foto yang Bercerita

Muhammad Ibrahim Ada kredo yang mengatakan ‘satu foto seribu kata’. Maksudnya foto bisa bercerita seperti untaian ribuan kata. Meskipun memotret dengan kamera saku biasa, foto yang kita ambil sebaiknya memiliki ‘cerita’ dan mengandung ‘pesan’ yang ingin disampaikan. Kalau ‘pesan’ itu gagal diterima oleh orang yang melihat foto kita, gagal pulalah foto yang kita buat.

‘Cerita’ atau ‘pesan’ sebuah foto bisa bermacam-macam. Kadang-kadang jelas, tersamar, tersembunyi, atau bahkan abstrak. ‘Pesan’ itu adalah bagian yang menarik dalam sebuah foto, istilah kerennya Point of Interest (POI).

Pesan yang ingin kita sampaikan bisa apa saja. Entah itu keindahan, kejelekan, kebahagiaan, kesedihan, kecantikan, ketampanan, kelucuan, keunikan, kepedihan, kesakitan, kehampaan, ketenangan, kedamaian, kesejukan, kejorokan, keakraban, kebencian, amarah, benci, cinta, bentuk, warna, lengkung, atau abstrak, dan lainnya. Sebelum memotret, temukan dulu ‘pesan’ itu. Entah apa saja itu, dan kemudian coba tangkap dengan kamera saku kita.

Muhammad Ibrahim

Foto ini adalah foto Abim ketika menunggu waktu masuk kelas. Difoto oleh umminya dengan kamera HP LG GW300 (bukan kamera saku, tidak apa-apa kan?). Waktu ditanya oleh umminya, “Abim kenapa?”. Dia menjawab: “Abim rindu Abi”. Tersirat jelas dalam sorot matanya, raut air mukanya. Waktu saya dikirimi foto ini via MMS, tanpa pesan hanya foto saja, rasanya tersedot hati ini. Rasanya pingin lari dan memeluk Abim.

Alam yang indah. Bentuk dan warna yang sempurna ciptaan Allah. Foto ini adalah foto sulur kantung semar yang masih muda. Bentuknya yang menggulung menurut saya sangat indah. Pola tanaman sekulen ini menurut saya juga memancarkan keindahannya tersendiri: keteraturan nan indah.


Pak Tua dan Burung Dara

Apakah Anda bisa menebak foto apa ini? Ini adalah. foto danau Vättern, danau terbesar kedua di Swedia. Lalu apa pesannya? Saya sendiri juga binggung. Saya hanya meniru fotonya Andreas Gursky yang berjudul Rhine II, salah satu foto termahal yang pernah dijual seharga $4.3 Milyard (hitung sendiri kalau dirupiahkan).

Andreas Gursky’s photography, Rhine II.


Afghan Girl, Photograph by Steve McCurry
Salah satu foto yang sangat terkenal, sorot matanya membawa ‘pesan’ yang dalam.


Foto karya Elliot Erwitt, pesannya jelas sekali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s