Portrait of Keke

Portrait of keke
Lebaran tahun ini seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah eyang, termasuk kami sekeluarga, saudara ipar, sepupu, dan keponakan-keponakan. Saya yang memang suka motrat-motret kebagian tugas mendokumentasikan acara keluarga. Termasuk membuat foto keluarga besar, keluarga saudara-saudara, dan juga portrait orang-per orang.

Belasan wajah sudah saya foto satu per satu. Ada satu keponakanku yang memiliki ‘wajah fotogenik’. Saudara saya ini memiliki anak dengan nama panggilan yang cukup unik. Anak terbesar panggilannya KAKA, adiknya yang nomor dua KIKI, dan yang nomor ketiga panggilannya KEKE. Entah kalau ada adiknya lagi mungkin panggilannya KUKU….:-).

KEKE, anak perempuan, baru kelas 5 SD dan bersekolah di kecamatan yang suka disebut oleh Si Tukul Arwana: RANDU BLATUNG. Nama desa yang sedikit unik dan lucu. Keke sedikit pemalu, perlu waktu bagi saya untuk mendapatkan foto ekspresi yang menarik. Ketika acara foto-foto sudah selesai, saya lihat dia tampak gembira dan ceria sekali. Tidak saya sia-siakan moment ini. Saya set kamera saya dan saya minta dia untuk berpose sedikit. Saya foto dengan jarak cukup dekat, cuma sekitar 30 sentian dari depannya. Saya foto berkali-kali sampai saya dapatkan ekspresinya yang paling menarik.

Malam hari setelah acara keluarga kelar, saya olah foto-foto yang saya ambil hari ini, termasuk foto si Keke. Karena menurut saya foto ini cukup bagus, saya buat beberapa versi salah satunya foto hitam putih yang ada di atas.


Terus terang saya tidak jago mengolah dan mengedit foto. Aplikasi yang saya pakai cuma Windows PhotoManager, Photoshop 7 (versi jadul banget), dan yang agak muda adalah Lightroom 3. Proses editing yang saya pakai hanya yang simple-simple saja. Masih amatir banget. Kira-kira seperti ini cara saya mengolah foto si Keke.

Berikut ini adalah foto langsung dari jepretan kamera. Foto berwarna setengah badan.

Keke in colour


Saya olah foto ini dengan menggunakan Adobe Lightroom 3. Langkah editing pertama yang saya lakukan adalah memperbaiki exposure-nya. Saya naikkan sedikit exposure, saya tambahkan fill light, dan saya tambahkan sedikit kontras. Clarity dan Saturationnya saya biarkan saja.


Foto ini terlihat formal banget. Foto setengah badan. Seperti pas foto yang ditempel di buku-buku rapor sekolah. Lalu saya coba untuk meng-cropping foto ini. Saya ambil hanya bagian wajahnya saja. Saya gunakan ‘rule of the third’ untuk mengatur komposisi foto. Pas di kedua matanya saya letakkan tepat di perpotongan garis bagian atas. Saya letakkan dalam posisi ini, karena pancaran sinar matanya cukup tajam.

Saya berfikir foto ini akan lebih terlihat menarik jika dibuat dalam versi Black and White alias BW. Kemudian saya ubah mode colournya menjadi Black and White. Tampilan warna (tone) kulitnya masih agak pucat dan kurang kontras. Karena itu saya coba ubah-ubah bagian temperatur warna sampai saya dapatkan tone kulit yang sesuai. Lalu saya mainkan juga bagian clarity dan saturation, termasuk kontrasnya.

Agar pandangan orang lebih fokus pada kedua matanya, saya tambahkan vignet. Saya gelapkan bagian sekelilingnya dan bagian tengahnya saya buat sedikit lebih terang. Kontrasnya sedikit saya naikkan lagi. Ketajamannya juga saya tingkatkan.

Setelah saya coba berkali-kali, hasil finalnya adalah seperti ini. Silahkan dikomentari, bagaimana menurut Anda?
Portrait of keke

Advertisements

2 responses to “Portrait of Keke

  1. Di matanya ada kamu…….

    Coll pic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s