Mengolah Foto: Cropping

Editing atau pengolahan foto dilakukan untuk membuat foto terlihat lebih bagus, lebih cantik, dan lebih berkesan. Salah satu proses editing dasar yang sering dilakukan adalah CROPPING. Praktek meng-cropping foto sudah dilakukan sejak awal mula fotografi. Sejak kamera masih manual dan film masih dalam bentuk lembaran-lembaran kaca cropping sudah dilakukan. Banyak foto-foto yang jadi icon (iconik) dan terkenal adalah hasil cropping.

Contoh foto hasil cropping yang paling terkenal adalah foto sang legenda Che Guevara yang difoto oleh Alberto Corda. Saya pernah membaca salah satu buku yang membuat foto-foto karya Alberto Corda, dokumentasi, biografi, dan cara kerjanya. Saat itu Fidel Castro, sahabat Che, sedang melakukan pidato yang berapi-api. Che berada dipanggung bersama dengan Fidel. Seperti biasanya Corda memotret tokoh-tokoh ini. Dia memotret dari berbagai posisi dan beberapa kali.

Alberto Corda Che Guevara Negatif Film
Sumber: http://repeatingislands.com/2010/03/07/row-rages-over-iconic-image-of-che-guevara/

Corda meminta asistennya untuk membuat ‘sheet’ foto-foto tersebut dan dia mengamati negatifnya juga. Ada satu foto yang menarik yang menunjukkan Che dengan kharismanya. Foto itu diambil dalam posisi landscape. Sayangnya ada objek lain yang masuk ke dalam ‘frame’ dan merusak foto Che. Di sebelah kiri ada foto orang lain yang terikut dan sebelah kanan ada daun-daun. Inilah foto asli Che Guevara yang legendaris itu.

Alberto Corda Che Guevara Negatif Film
Sumber : http://twistedsifter.com/2012/06/the-bigger-picture-uncropped-versions-of-iconic-photos/

Corda menandai foto itu dan membuat garis tanda untuk memotong bagian-bagian yang tidak perlu tersebut. Bagian-bagian tersebut dihilangkan alias di-cropping. Dan hasilnya adalah foto Che Guevara yang sangat terkenal.

Che Guevara Alberto Corda Cropping iconic photograph
[Soruce:http://phillipsdepury.tumblr.com/ ]

Cropping foto bisa dilakukan dengan hampir semua softwere aplikasi pengolah foto. Bahkan ada beberapa kamera atau HP yang bisa melakukan proses cropping langung.

Cropping dilakukan dengan beberapa tujuan, yaitu:

1. Menghilangkan bagian-bagian yang tidak perlu.

Contohnya seperti foto Che Guevara di atas. Masih banyak contoh foto-foto terkenal lain yang di-cropping sebelum dipublikasikan. Foto saya ‘Portrait of Keke‘ juga hasil cropping.

Raising the Flag on Iwo Jima by Joe Rosenthal
Foto asli Raising the Flag on Iwo Jima by Joe Rosenthal.

ricing the flag
Foto yang sudah dicropping:

2. Membuat foto lebih proposional dengan rasio tertentu.

Rasio umum untuk sebuah foto antara lain adalah 1:1, 2:3, 4:6, 1:3, 8:10, dan lain-lain. Kadang-kadand foto yang kita buat tidak sesuai dengan persyaratan ratio tersebut, jadi perlu di-cropping untuk memnyesuaikan ukuran rasionya. Rasio standard foto biasanya sudah tersedia di dalam aplikasi pengolah foto dan mudah digunakan.

3. Mengatur komposisi foto

Foto yang terlihat bagus biasanya memiliki komposisi tertentu, seperti misalnya mengikuti aturan ‘rules of thirds‘. Foto yang point of interest (POI)-nya belum memenuhi komposisi ini perlu di-cropping dan diposisikan agar fotonya lebih pas dan menarik. Beberapa aplikasi pengolah foto menyediakan fasilitas grid (garis-garis panduan) untuk mengatur ‘rules of thirds’. Cropping termasuk juga memutar foto. Foto yang miring diluruskan atau foto yang lurus dimiringkan.

Cropping dilakukan oleh hampir semua fotografer terkenal, jadi jangan ragu-ragu untuk meng-cropping foto atau merasa tabu melakukan cropping foto. Cropping foto biasanya adalah langkah pertama yang saya lakukan sebelum melakukan proses editing foto yang lain. Selamat ber-cropping ria.

Advertisements

One response to “Mengolah Foto: Cropping

  1. trimakasih banyak…amat membantu
    smoga sukses penelitiannya, lancar karier dan banyak rezeki,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s