Tips Android: Malu Maps-an Sesat di Jalan

SAMSUNG Galaxy Note 3 Neo [N750] - White

Beli Smartphone Android Samsung Baru di Bhineka.com

Malu bertanya sesat di jalan. Itu pepatah lama. Kini jamannya android, pepatahnya menjadi: Malu Maps-an Sesat di Jalan. Menggunakan aplikasi Maps anda tidak perlu sering bertanya ketika di jalan.

Smartphone atau tablet Android sudah ada dua aplikasi yang bermanfaat sebagai penunjuk jalan, yaitu: Maps dan Navigation. Dua aplikasi ini sebenarnya sama saja menggunakan aplikasi map milik Google. Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi tersebut. Aplikasi ini gratis tidak dipungut biaya kecuali biaya pulsa internet.

image

Sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan data seluler dan GPS diaktifkan.

image

Applikas Maps dan Navigation.
Aplikasi ini bermanfaat untuk:
1. Menemukan alamat tertentu,
2. Mengetahui rute, jarak, dan waktu tempuh,
3. Memandu menuju alamat tersebut.
Penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Klik pada ikon Maps atau Navigation. Di bagian bawah peta terdapat menu Directions. Klik icon Directions ini.

image

Menu Directions di bagian bawah peta.

Misalkan anda ingin berlibur di hari minggu ke  pantai Parangtritis Jogja bersama keluarga. Ketik alamat tujuan di kolom End point: Parangtritis. Jika ada kekerapan alamat yang mirip Google akan memberikan diri beberapa alamat yang tersedia. Pilih salah satu alamat yang tepat. Jika alamat tidak tersedia anda juga bisa menandai alamat yang dituju di atas peta. Tunjuk dan tahan alamat tujuan di atas peta sehingga muncul balon menu alamat tersebut. KIik pada balon menu tersebut.  Kemudian klik menu Directions. Ada 3 pilihan menuju tempat tersebut, yaitu: menggunakan mobil, angkutan umum, atau jalan kaki. Pilih salah satunya. Selanjutnja klik menu Get Direction. Google map akan menujukkan jalan menuju tempat tersebut. Kini anda tinggal mengikuti petunjuk jalan itu. Klik menu mata angin yang ada di pojok kanan atas untuk membuat tampilan prespektif sesuai posisi handphone kan arah mata angin.

image

image

image

image

image

image

image

Jika anda mengendarai kendaraan anda sendiri anda dapat menaruh gadget android anda pada Car Holder. Jika anda menggunakan motor anda bisa membuat holder sendiri. Penempatan gadget android pada holder ini memudahkan pembacaan peta sambil mengendarai kendaraan anda.

Aplikasi gratis dari google ini bermanfaat namun demikian masih ada 3 kelemahan, antara lain:

1.Respon GPS lambat. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh kualitas koneksi internet di lndonesia yang memang cukup lambat. Jika kita mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi sering kali posisi aktual berada di depan posisi yang ditujukan pada peta.

2. Boros baterai. Kini permasalahan umum pada gadget saat ini yang sangat rakus listrik ketika selalu terkoneksi dengan internet. Gadget  mesti di-charge full atau selalu terhubung dengan listrik atan power bank untuk menghindari “low -bat”.

3. Kadang-kadang tidak selalu menunjukkan alternatif rute terdekat.

Saya sering menggunakan aplikasi ini ketika berada di tempat yang tidak saya kenal. Alhamdulilah saya belum pernah tersesat dan tidak harus sering bertannya di jalan. Selamat mencoba.

Tulisan ini dibuat dengan suara: Menulis dengan suara.https://isroi.wordpress.com/2013/03/04/menulis-dengan-suara/

Advertisements

2 responses to “Tips Android: Malu Maps-an Sesat di Jalan

  1. Siapa saja yang bisa menggunakan data lintang dan bujur tesebut? Tentu saja semua daerah atau lokasi akan memerlukannya, terutama hotel-hotel, mal, pusat rekreasi atau hiburan, gedung perkantoran termasuk rumah. Dengan menggunakan data tersebut, maka orang dari seluruh dunia bisa mencoba memperoleh gambaran tentang posisi suatu lokasi, misalnya seorang wisatawan dari Amerika yang ingin ke Bali dan ingin berjemur dipantai Kuta. Jika sebuah hotel di dekat Pantai Kuta memberikan alamat lintang dan bujurnya, maka sang turis akan bisa memperkirakan jarak dari pantai ke hotel, atau jalan mana yang akan ditempuh.

  2. Pingback: Tips Android: Kiat Mudik Menggunakan Aplikasi GPS Waze dan Google Maps | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s