Musibah Membawa Berkah

image

Toni kini mendapat pekerjaan yang lebih baik setelah mendapatkan musibah.

Seringkali kita berburuk sangka kepada Allah, Tuhan Seluruh Alam. Ketika diberi musibah, kita merasa menjadi orang yang paling malang di dunia. Padahal belum tentu musibah itu membawa keburukan. Percayalah selalu ada hikmah di balik semua ketetapan Allah, termasuk takdir yang kita anggap sebagai musibah.

Ini adalah kisah nyata dari temanku, dan ceritanya ini aku juga ketahui sendiri. Namun, untuk menjaga perasaan orang2, cerita ini sedikit saya samarkan.

Ini adalah cerita tentang sekuriti yang bekerja di sebuah perusahaan. Sebut saja namanya Tony. Tony sudah mengabdi selama delapan tahun sebagai karyawan tidak tetap. Gajinya kecil, meski dalam menjalankan tugas nyawa adalah taruhannya. Sekuriti bertanggung jawab terhadap keamanan seluruh kantor. Ini tidak mudah. Banyak orang jahat yang mengintai dan jika terjadi sesuatu sekuriti harus menanggungnya.

Kondisi kantor sedang tidak baik. Beberapa kali dia minta diangkat sebagai pegawai tetap, namun tidak pernah dikabulkan oleh manajemen. Dia tetap bertahan dengan segala kekurangannya hingga bertahun-tahun.

Terjadi perubahan struktural  manjemen di kantor tempat Tony bekerja. Beberapa fasilitas fisik direnovasi. Banyak proyek2 perbaikan di kantor. Ini tentu saja menambah beban pekerjaan sekuriti. Sayangnya perubahan ini tidak membawa perubahan berarti bagi dirinya. Justru sebaliknya.

Suatu malam Tony mendapat giliran jaga malam. Malam itu Tony dan temannya bekerja seperti biasa. Kontrol dan patroli keliling kantor seperti malam-malam yang lain. Tidak ada kejadian atau sesuatu yang janggal di malam itu. Semua berjalan baik-baik saja.

Namun, esoknya ketika Tony sudah ganti giliran kerja. Karyawan yang lain sudah mulai bekerja. Orang2 proyek juga sudah mulai bekerja. Terjadi keributan di kantor. Pemborong yang mau bekerja melaporkan kehilangan kayu. Kurang lebih ada 1m3 kayu yang raib dari tempatnya. Ributlah suasana kantor hari itu.

Hari-hari berikutnya menjadi hari buruk bagi Toni. Dia menjadi salah satu ‘tersangka’ dalam kasus kehilangan kayu itu. Meski tidak pernah ketemu siapa sebenarmya yang telah mencuri kayu2 itu dan kayu2nya pun tidak pernah ditemukan. Kasus itu menjadi catatan buruk bagi Toni.

Toni tidak lagi bisa bekerja dengan tenang. Manajemen kantor menaruh curiga padanya. Tentu saja dia tidak lagi menikmati pekerjaannya seperti malam2 sebelumnya. Hari2 terasa semakin buruk bagi Toni.

Toni sedih, kecewa, dan marah. Tentu saja dan bisa dimaklumi. Harapannya untuk diangkat sebagai karyawan kantor semakin kabur dan lenyap. Dia putus asa untuk bisa ‘hidup’ lebih baik. Kondisi ini berlangasung beberapa bulan. Toni kerja dengan hampa.

Suatu hari dia mendapat telepon dari saudaranya yang bekerja di sebuah kebun buah2an eropa (strawbery, blueberry, blackberry, dan Rossberry). Perusahaan ini adalah perusahaan PMA. Semua produknya diimpor ke eropa. Saudaranya itu mengabarkan kalau perusahaan iti sedang mencari karyawan baru untuk manajer teknis di rumah kaca. Toni menyeletuk:
“Saya saja atuh, kumaha bisa teu?”

Singkat cerita akhirnya Toni melamar kerja dan diterima. Kini dia mendapat pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. Lebih baik dari sisi gaji maupun lingkungan. Dia bisa bekerja dengan senang dan gembira.

Justru kini Tony bersyukur karena mendapatkan musibah pencurian itu. Karena peristiwa itu, Allah memberi jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

***
Ketika bertemu dengannya hampir2 saya tidak mengenalinya lagi. Kulitnya lebih hitam dan memakai kacamata sport. Jenggotnya dipelihara. Meski jadi lebih kelam, dia tampak ceria. Saya diajak berkeliling ke rumah kaca tempat penanaman rossberry dan buah berry-berryan yang lain. Tanaman buah2an itu ditanam dengan teknologi tinggi. Tanaman yang asalnya dari daerah dingin bisa tumbuh di Indonesia yanh daerah tropis. Bahkan bisa berbuah sepanjang tahun. Luar biasa.

image

image

####

Advertisements

One response to “Musibah Membawa Berkah

  1. Cerita yang syarat hikmah, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s