Indonesia Peringkat 6 Produsen Jahe Dunia

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang prosek peningkatan produksi jahe Indonesia (baca artikelnya di sini: Prospek Jahe Balitro). Rasa penasaran saya terusik, pertama karena jahe sedang marak di Indonesia, tetapi data dari jurnal Balitro menyebutkan kita peringkat ke 14 dunia dalam produks jahe. Ada yang janggal menurut saya. Kemudian saya mencoba mencari informasi dari sumber data yang menjadi rujukan, yaitu data dari FAOSTAT (http://faostat3.fao.org/download/Q/QC/E). Data dari FAO ini selalu menjadi data rujukan utama untuk melihat trend produksi dan perdagangan komoditas pertanian dunia. Pagi ini saya searching data dan mencoba membuat grafik dan analisa sederhana. Hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini.

Produksi Jahe di 10 negara produsen utama (data dari FAOSTAT)

Produksi Jahe di 10 negara produsen utama (data dari FAOSTAT)

Dari data itu menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara peringkat ke-6 dalam produksi jahe dunia. Peringkat pertama dalah India dan kemudian di ikuti oleh China. Namun, yang menarik adalah hampir di semua negara 10 produsen utama jahe dunia mengalami penurunan. Memang beberapa tahun sebelumnya di Indonesia juga mengalami penurunan produksi ketika negara-negara lain mengalami kenaikan produksi.

Yang patut disyukuri adalah dalam dua tahun terakhir (2012-2013) produksi jahe Indonesia mengalami kenaikan, sedangkan produksi di negara-negara produsen besar mengalami penurunan. Hanya Nigeria yang juga mengalami kenaikan. Nigeria sedang konflik, jadi bisa dimaklumi jika produksinya naik dan turun secara drastis.
Data FAO tersebut adalah data tahun 2013, data terbaru belum divalidasi dan mungkin juga belum masuk. Setidaknya dari data ini, petani jahe Indonesia perlu optimis untuk terus mengenjot produksi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kualitas jahe. Mumpung produksi jahe di negera India dan China sedang turun. Semoga kita bisa merebut pasar jahe dunia dan mengalahkan China dan India, Insha Allah.

Tapi jangan lengah, petani jahe Indonesia juga perlu hati-hati. Saya tidak tahu data teruptodate dan kondisi pertanian jahe di negara-negara produsen utama jahe tersebut (India dan China). Siapa tahu saat ini mereka sedang memperbaiki diri dan mengenjot produksinya. Jika di dua negara ini terjadi peningkatan produksi yang tinggi, bisa dipastikan jahe Indonesia akan dilibas oleh jahe dari India dan China.

Advertisements

One response to “Indonesia Peringkat 6 Produsen Jahe Dunia

  1. Bagus Gan informasinya, ditunggu postingan selanjutnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s