Insomnia

Insomnia atau susah tidur. Kadang-kadang aku mengalaminya. Kadang-kadang aku merasa ngantuk, tetapi tidak bisa tidur. Aku rebahkan diriku di tempat tidur, tetapi mata tetap tidak mau terpejam. Aku berusaha mengosongkan pikiranku, dan berusaha melupakan semua agar aku bisa segera istirahat tidur. Tetapi tetap tidak bisa juga. Mataku tetap terbuka, pikiranku mengelana ke mana-nama. Aku tidak bisa tidur.

Aku sering mengalaminya, terutama kalau aku sedang memikirkan sesuatu, mengerjakan sesuatu, menulis, sedang ada ide, sedang membuat kode web (xml, php, javascript), atau sedang berusaha memecahkan suatu persoalan. Aku belum bisa tidur kalau aku belum menumpahkan isi otakku, atau aku belum menemukan suatu solusi untuk permasalahan yang aku hadapi. Otakku terus mengelana ke mana-mana. Sering kali aku harus bangun berkali-kali, menghidupkan komputer berkali-kali, hanya untuk menulis satu dua kata di komputerku.

Kadang-kadang pikiran-pikiran itu muncul sekelebat, samar-samar. Kadang-kadang ide-ide itu begitu jelas dan muncul utuh dikepalaku. Tetapi kadang-kadang aku sendiri tidak tahu apa yang sedang mengganggu pikiranku.

Aku berusaha menuliskan apa saja yang terlintas di benakku pada saat-saat seperti ini. Kadang-kadang ide-ide itu hanya sebaris kalimat atau satu paragraf. Aku tulis apa saja yang terlintas.

Sehari dua hari, sebulan dua bulan, atau bahkan beberapa tahun. Ide itu baru mulai terlihat jelas. Tidak jarang ide dan pikiran itu terlaksana setelah selang waktu yang cukup lama. Tidak jarang juga ide itu harus ku lakukan berkali-kali sebelum dapat terlaksana.

/* ******* */

Teman-temanku dan orang-orang di sekitarku mungkin sering melihatku terlihat ngantuk, kurang gairah, dan tentunya kurang tidur. Maklum saja, karena aku memang sering susah tidur. Bukannya tidak mau tidur, tetapi susah memejamkan mata.

Kalau malam aku merasa ide kreatifku demikian kuat. Kalo aku sedang menulis, sepertinya kata-kata itu mengalir begitu deras dari kepalaku, menari-nari lewat jari-jariku, dan tertulis begitu saja di atas monitor kumputerku.

Sepertinya ide-ide, pikiran-pikiran, mengalir begitu deras bagai turunnya air hujan. Begitu deras, bertubi-tubi, bermacam-macam.

/* ******* */

Aku ingin terus menulis. Aku ingin terus berkarya, hingga aku tak sanggup lagi menulis atau berkarya.
Aku ingin berbuat sesuatu untuk agamaku, negeriku, dan umat ini. Sesuatu yang bermanfaat, sesuatu yang berguna.

Insya Allah.

/* ****** */

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s