Sarung, Produk Fashion Paling Kreatif

Banyak produk nenek moyang bangsa Indonesia yang bisa dibilang kreatif. Salah satunya adalah sarung. Sarung memiliki bentuk yang sangat sederhana tetapi multi fungsi. Sangat kreatif.

Sarung merupakan salah satu jenis pakaian yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Jawa dan Sumatera. Umumnya orang jawa/sunda memiliki sarung, bahkan mungkin tidak hanya satu atau dua, tetapi banyak. Jenis dan motifnya pun bermacam-macam.

sarung


Sarung memiliki bentuk yang sangat sederhana, yaitu bentuk tabung dalam istilah matematika. Dibuat dari selembar kain kemudian dijahit di kedua ujungnya. Motifnya pun ada beberapa macam, antara lain: kotak-kotak, garis-garis, batik, atau tenun. Bahan yang digunakan untuk membuat sarung pun juga bermacam-macam, tetapi umumnya adalah katun atau katun yang dicampur dengan serat sintetis.

Sarung memiliki banyak fungsi. Beberapa manfaat sarung ini sering digunakan, sedangkan manfaat yang lain jarang digunakan. Pertama, untuk sarana/pakaian ibadah. Masyarakat muslim, khususnya laki-laki, bisanya melaksanakan sholat dengan memakai sarung sebagai penutup aurot bagian bawah. Di masjid atau mushola biasanya juga disediakan sarung untuk sarana ibadah kaum laki-laki. Cara melipatnya pun khas, yaitu dililitkan di pinggang, kemudian bagian atasnya digulung sehingga mengunci sarung itu agar tidak lepas. Di beberapa daerah yang saya tahu ada masyarakat yang selalu memakai sarung ketika sholat. Jika ada orang yang sholat memakai celana dianggap aneh dan tidak sopan. Demikian pula di pesantren-pesantrean di Jawa, umumnya para santri selalu memakai sarung. Beberapa orang bahkan memiliki sarung khusus yang digunakan untuk sholat.

Sarung juga memiliki fungsi sebagai penghangat badan alias selimut. Bentuknya yang seperti tabung memungkinkan badan masuk ke dalam sarung tersebut. Sarung ini dipakai ketika tidur untuk menutupi tubuh dan menghangatkan badan. Dengan sarung ini hampir seluruh tubuh bisa ditutup, tetapi badan harus ditekuk sedikit.

Penjaga malam atau orang ronda biasanya membawa sarung ketika sedang meronda. Sarung ini digunakan untuk melindungi diri dari dinginnya angin malam. Sarung biasanya dililitkan di badan agar badan menjadi hangat. Kalau mereka mengantuk sarung ini juga bisa berfungsi sebagai selimut. Jika tidak digunakan sarung ini diikatkan di pinggang atau dikalungkan di badan.

Sarung juga bisa berfungi sebagai tas atau tempat untuk membawa barang. Caranya adalah sarung digelar kemudian barang-barang tersebut ditaruh di tengah-tengahnya. Keempat ujung disatukan dan diikat sehingga barang tersebut tersimpan dengan rapi. Sarung ini bisa dibawa dengan cara di’cangklong’. Barang yang umumnya dibawa dengan menggunakan sarung adalah baju atau pakaian.

Sarung bisa juga digunakan untuk menutupi wajah dan kepala sehingga seperti ninja. Ini yang sering digambarkan di senetron atau di film-film Indonesia, para penjahat, maling, atau perampok menutup wajah dan kepala mereka dengan sarung agar tidak mudah dikenali. Cara menggunakannya sangat sederhana. Pertama sarung diikatkan di kepala, di dekat mata. Selanjutnya satu lembar bagian sarung dibalik hingga menutup kelapa. Di bagian mata, sarung ditarik pelan-pelan ke bawah sehingga bagian mata terlihat.

Untuk anak-anak sarung juga bisa digunakan untuk main Superman atau Batman. Dua ujung sarung diikatkan di leher sehingga berbentuk seperti sirip Superman atau Batman. Sarung juga bisa digunakan sebagai penutup jendela apabila tidak ada kain gordyn (korden). Sarung ini diikatkan di ujung-ujungnya sehingga menutupi sebagian lubang jendela. Saya pernah melihat orang yang memanfaatkan fungi sarung ini. Bentuknya yang kotak persegi bisa juga digunakan sebagai taplak meja. Meskipun manfaat ini tidak lazim digunakan.

Ada juga yang memfungsikan sarung dengan cara yang mengerikan. Ada orang-orang yang putus asa dan mengakhiri hidupnya dengan sarung. Sarung disangkutkan ke tempat yang tinggi, lalu gantian leher orang itu yang digantungkan di sarung. Hii…..!!!! Fungsi sarung yang mengerikan. Para penjahat yang kreatif menyambung-nyambung sarung dan menggunakannya untuk meloloskan diri dari jeruji besi. Penjahat yang lain memanfaatkan sarung untuk mengikat korbannya. Di tangan orang-orang jahat sarung bisa berubah menjadi alat yang mengerikan.

Itu adalah sebagian dari fungi-fungi sarung. Kalau dicari-cari lagi mungkin masih ada banyak fungi sarung. Dari berbagai produk fashion di dunia mungkin sarung ini adalah produk yang memiliki banyak fungi alias multi fungsi. Saya tidak tahu apakah di belahan dunia yang lain juga ada produk fashion yang memiliki banyak fungsi.

Wallahua’lam.

Advertisements

2 responses to “Sarung, Produk Fashion Paling Kreatif

  1. hehe…salam kenal pak, dari bunda yang jualan sarung anak…

  2. ada lagi pak fungsinya, buat ngusir nyamuk 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s