Suksesi Mikroba dalam Proses Pengomposan

Proses pengomposan sebenarnya kerja dari banyak organisme, termasuk mikroba. Kalau diamati secara seksama terjadi semacam suksesi mikroba. Suksesi ini bisa diamati secara khasat mata. Namun, proses yang terjadi sebenarnya lebih seru dan lebih rumit. Saya membuat video sederhana yang mengambarkan terjadinya suksesi mikroba pada proses pengomposan kelapa sawit.

[Googlevideo=http://video.google.com/videoplay?docid=-7782002817197813344&hl=en]

Download

mikroba_dekomposer
Mikroba-mikroba yang sedang aktif mendekomposisi bahan organik. Bakteri sedikit terlihat karena tertutup oleh matrik gel, sedangkan miselia jamur tampak jelas terlihat.

2 responses to “Suksesi Mikroba dalam Proses Pengomposan

  1. Pak, maaf, mungkin komen saya tidak berhubungan dengan isi posting, karena tiba-tiba saya tertarik pada isinya hehehe..
    Saya sempat download file pdf tentang kompos milik bapak, kalo tidak salah yang ada limbah kakaonya. Disitu tertulis ada aktivator dari rumen sapi. Setau saya mikroba dominan pada rumen bersifat anaerob. Apakah pada kondisi aerob pengomposan mikrobanya masih bisa bekerja?

    Terima kasih.

    • Berdasarkan kebutuhan akan okigen (udara) proses pengomposan bisa dikelompokkan menjadi dua: aerob dan anaerob. Saya lebih banyak mencoba pengomposan yang aerob, sedangkan yang anaerob tidak banyak tahu. Contoh pengomposan anaerob adalah pengomposan dengan cara dipendam. Hampir semua posting yang ada di blog saya adalah pengomposan aerob.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s