Improvement Granul Fosfat Alam

Fosfat Alam Granul


Baca juga: Fosfat Alam Granul | Uji Mikroba Pelarut Fosfat 1 | Uji Mikroba Pelarut Fosfat 2 | Media Pikovskaya | Isolasi Mikroba Pelarut Fosfat

Posting saya tentang granul fosfat alam cukup mendapat perhatian dari beberapa orang. Salah satu yang serius adalah Pak Dadang dari Gresik. Kemarin saya bertemu dan berdiskusi banyak dengan Pak Dadang. Pak Dadang sudah lama sekali berkecimpung di dunia perpupukan. Beliau paham betul proses pembuatan pupuk fosfat (TSP atau SP36).

Kami berdiskusi tentang banyak hal, terutama tentang potensi pengembangan fosfat alam lokal. Pak Dadang banyak sekali memberikan masukan pada saya untuk mengembangkan fosfat alam granul ini.

dadanggresik

Fosfat alam granul ini memang masih dalam taraf prototipe dan pengujian. Jalan masih panjang agar fosfat alam ini bisa sampai ke lahan petani. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan produk ini. Pertama, harus dibuktikan terlebih dahulu bahwa penambahan mikroba pelarut fosfat benar-benar bisa meningkatkan kualitas fosfat alam lokal, baik dari sisi pupuknya maupun dari sisi tanamannya (peningkatan produksi misalnya).

Kedua, aspek biaya. Penambahan mikroba konsekuensinya akan menambah biaya. Pertanyaan berikutnya yang harus dijawab adalah apakah biayanya sebanding dengan manfaatnya. Dengan kata lain apakah ekonomis?

Ketiga, aspek produksi. Dalam produksi skala besar ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Metode yang saya kembangkan harus bisa diaplikasikan dalam skala industri. Saya harus mendengarkan masukan-masukan dari ahli teknik kimia, ahli mesin, dan ahli manajemen/ekonomi.

Kalau diperinci bisa banyak sekali. Tetapi masukan-masukanini juga berarti tantangan bagi saya untuk terus meningkatkan kualitas fosfat alam granul ini. Terima kasih atas masukan dan diskusinya Pak Dadang.


Download literatur gratis: Download di sini | Recomended site: Gudang Ebook Gratis

donwload ebook gratis microbiology

3 responses to “Improvement Granul Fosfat Alam

  1. Didik Suryanto

    Salam dari negeri seberang Malaysia….Setelah membaca
    tulisan mas Isroi dan melihat foto mas Dadang saya kenal pasti bahwa mas Dadang yang ada di foto tersebut adalah sahabat lama saya saat saya di Petrokimia gresik. Sabagai informasi saya sekarang bekerja mencari rezki di negeri orang setelah saya mengajukan PADINI ( pensiun awal ) dari Petrokimia Gresik.Saya disini ( Malaysia )juga bekerja di bidang Fertilizer. Saya sangat tertarik dengan blog yang Mas Isroi buat yang mengulas banyak masalah Fertilizer.Selamat berkarya dan sukses selalu..O ya kalau jumpa dengan mas Dadang tolong sampaikan salam dari kawan lama ” Didik Suryanto ” kawan mengaji Pak Mujayin. Saya berharap dapat belajar banyak dari Mas Isroi..Thanks

  2. Pingback: Peluang usaha pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) | THL TBPP KERINCI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s