Cerita singkat tentang diriku

Aku dilahirkan kurang lebih 35 tahun yang lalu di Magelang, sebuah kota kecil yang sejuk di tengah-tengahnya pulau Jawa. Aku menghabiskan masa kecilku sampai besar di kota kelahiranku. Sempat mengganggur selama satu tahun setelah lulus dari SMAN 1 Magelang. Bosan mengganggur kemudian aku melanjutkan kuliah S1 di Fak. Biologi UNSOED Purwokerto, Jurusan Biologi Lingkungan. Lulus enam tahun kemudian dengan predikat Sangat Memuaskan (IPK 3,11). Selama kuliah sempat menjadi asisten mahasiswa untuk 6 mata kuliah. Aktif di berbagai organisasi kampus maupun luar kampus, seperti UKI, UKKI, Senat Mahasiwa, Bioma, dan aktif di Fatimatuzzahra.

Setelah lulus S1 langsung melanjutkan S2 di Prodi Bioteknologi IPB Bogor, lulus 2.5 tahun kemudian dengan predikt Cum Laude (IPK 3.84). Aku menjalani kuliah sambil kerja, berjualan, dan menikah. Pernah berjualan kertas dan komputer, pernah juga kerja sebagai desain grafis dan kerja sambilan (partime). Bidang yang aku tekuni adalah mikrobiologi tanah (biofertilizer, biodecomposer, dan pupuk organik), dan saat ini menekuni bioetanol selulosa. Aku pernah bekerja sebagai webmaster selama dua tahun di LRPI dan saat ini bekerja sebagai peneliti mikroba di Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia.

Aku menikmati kerjaanku sebagai peneliti. Beberapa hasil penelitianku yang sudah di-HaKI-kan antara lain: BioSP (pupuk fosfat, co-inventor), Promi (biodecomposer, co-inventor), ActiComp (biodecomposer, co-inventor) dan ActiComp Plus (biofertilizer, co-inventor). Promi adalah salah satu produk yang saat ini sudah diproduksi cukup besar dan bisa diterima oleh masyarakat. Hasil penelitianku yang lain yang cukup menjanjikan adalah fosfat alam granul diperkaya mikroba pelarut fosfat. Saya harap fosfat granul ini dapat memenuhi kebutuhan petani akan pupuk fosfat.

Sekarang aku sedang mengejar mimpi yang lain, yaitu bioetanol dari selulosa. Aku mencoba belajar banyak tentang etanol ini. Teknologi yang sudah tersedia aku pelajari. Mulai etanol dari molases, singkong, sorgum, sampai yang terbaru dari selulosa. Semoga penelitianku ini juga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Hobiku yang lain adalah menulis. Nulis apa saja. Dari hobiku ini telah menghasilkan beberapa buku antara lain: SPK Visual Basic 6.0 (PT Elexmedia Komputindo), SPP Trik Efek Animasi pada PowerPoint (PT Elexmedia Komputindo), Trik Desain Presentasi dengan Power Point (PT Elexmedia Komputindo), SGS Bermain-main dengan PowerPoint (PT Elexmedia Komputindo, telah diterjemahkan dalam bahasa Malaysia), TT Membuat Video Klip dengan Windows Movie Maker (PT Elexmedia Komputindo), Tip Bekerja Lebih Efektif dengan MS Word 2003 (PT Elexmedia Komputindo), TT Membuat Movie dari Foto Digital (PT Elexmedia Komputindo), Kompos Limbah Pertanian (Penerbit Andi), Budidaya Padi Sehat (gratis), Pupuk Organik Granul, Sebuah Petunjuk Praktis (Gratis), Tutoral Jabref (Gratis). Satu lagi buku kumpulan puisi dan kumpulan cerita tentang keluargaku yang dibagikan ke keluarga sendiri.

Saat ini aku mendalami bioetanol di UGM, Prodi Bioteknologi. Di UGM ini aku aktif di Himpunan Mahasiswa Pascasarjana UGM. Aku tidak ingin hanya menghabiskan waktu untuk belajar dan belajar saja, tetapi juga berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk lingkungan sekitarku. Insya Allah.

28 responses to “Cerita singkat tentang diriku

  1. Salam Kenal, Pak ,,, Salut sekali sama Bapak, saya ingin banyak belajar kepada orang-orang seperti Bapak 🙂

  2. miftahul hidayat

    salam kenal pak….
    tulisanya bagus banget apalgi saya sedang mencari2 data tentang energi alternatif…..

  3. Assalamu’alaikum wr wb.,

    salam kenal pak,.. ^_^.

    Selamat atas terpilihnya bapak menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pascasarjana UGM,.. semoga dibawah naungan bapak, HMP menjadi jauh lebih baik dan menjadi mitra strategis dalam mewujudkan UGM sebagai World Class Research University,. AMIN

    wassalamu’alaikum wr wb.,

  4. salam kenal pak, saya dari Biologi Unsoed juga, tapi gak begitu hebat kayak bapak ini..
    patut diteladani..

  5. slm…sy patani-subang,sy petani padi,yg langsung trjun di lokasi pertanian,hatur nuhun info yg anda sampaikn,hingga sy mengerti,ttng arti pupuk kimia,organik,dan hayati.berawal kelangkaan nya ppk kimia,dan menurun nya hasil panen dari musim ke musim, maka sy cari informasi gmn agar sy mampu menjadi kn hasil panen sy tdk menurun terus,maka sy akan melakukan langkah diantaranya menggabungkan ppk kimia dgn kompos dan hayati,doa nya smg hasil panen sy maksimal,jg sy tunggu infonya,baik ttng produk2 ppk organik,hayati dan cara2 penggunaannya,dan dimana/gmn cara mendapatkn prodak2 yg sy butuh kn,,,, (h.asepgunawan@yahoo.co.id)

    • Ada temen-temen petani yang di Cirebon atau yang di Indramayu. Saya rasa dekat dengan subang. Bisa saling tukar pengalaman dengan mereka, karena posisinya dekat sekali.

  6. Pa, visi dan misi utama bapak apa bisa nyampe gt?

  7. Sukses buat bapak isroi,pak saya petani dari lampung,mohon bertanya bagimana bikin ramuan alami untuk mengendalikan hellopeltis pada tanaman kakao.mohon jawabanya dikirim ke email saya.sebelumnya mohon maaf,Terimakasih

    • Hellopeltis memang masalah yang sangat zulit diatasi, Pak. Saya juga tidak tahu ramuan yang paling manjur. Kebetulan di lab kami ada dua orang peneliti senior yang sedang mencoba mencari solusinya, Dr. Darmono dan Dr. Agus Purwantara. Sekarang sedang dalam tahap ujicoba di Sulawesi. Ditunggu saja, kalau berhasil akan disebarluaskan ke petani.

  8. nice blog…visit our blog:
    dipoteknikmagelang.blogspot.com

  9. Subhanallah…!
    Saat ini berbagi kebaikan tidak hanya lewat dunia nyata.., ternyata banyak ilmu juga yang bisa dibagikan lewat jaringan yg biasa dikenal dengan dunia maya.

    semoga ini semua menjadi amalan baik dan tabungan Bang Isroi…!

    Nice to see ur articles…!

  10. salam kenal pak…
    pak saya kuliah di d3 kesehatan hewan ugm dan saya ada lahan 7x 8 meter persegi di daerah bantul( lahan nya calon mertua saya)
    ..itu daerah pasir dan tdk d tanami oleh tumbuh2 …mertua “menantang saya” utk di jadikan area yg produktif…mohon pencerahanny pak..mksh dan salam kenal

    • Salam kenal juga. Setahu saya di daerah kulon progo sudah berhasil memanfaatkan lahan berpasir. Coba deh..main-main di daerah pesisir. Daerah tepatnya saya lupa. Daerah itu juga berpasir dan kering. Mereka berhasil menanam sayuran didaerah itu.
      Atau datangi BPTP Yogyakarta yang ada di dekat jalan layan stasion lempuyangan. Mereka yang melakukan penelitian itu.
      Semoga bermanfaat.

  11. Apa kabar… kelingan jaman kuliah mbiyen yo pak… Wah sampeyan mm tekun sekali… saluut deh…

  12. Panji Cahya Mawarda

    bapak saya di Biokimia IPB tapi masih S1 rencananya mau ngelanjutin S2 Bioteknologi atau Mikrobiologi juga pak.. ada saran gak pak dimana gitu? yang di dalam negeri maupun di liuar negeri? tapi jangan di IPB lagi pak.. bosan.. hehe..

    • Klo mau ke luar negeri lebih bagus. Ada banyak tawaran beasiswa, goggling aja di internet. Klo punya biaya bisa biaya sendiri, krn umumnya kuliah di luar negeri gratis, hanya peerlu biaya hidup aja.

  13. semoga jadi amal pak…apa yg anda tulis semoga bermanfaat…insya ALLAH pahalanya tiada putus2nya pak..saya juga masih bau kencur, lagi belajar nulis apa yg saya bisa dan sy alami…salam kenal…semoga sukses

  14. moga ilmu bapak menjadi amal jariah pak ya, selamat berkarya, insya Allah berguna untuk umat di muka bumi ini, amin..

  15. William Aribowo

    Terima kasih, Pak. Tidak menyangka di Indonesia ini ternyata ada orang baik seperti Bapak. Saya telah lama berkutat di persapian. Sekarang ini saya ingin sekali memanfaatkan air kencing sapi yang di Boyolali tersedia berlimpah ruah namun tidak termanfaatkan. Tolonglah kami, para petani, mendapatkan resep yang paling murah untuk pembuatan pupuk organik cair yang canggih dan murah sehingga kami dapat menjualnya dengan harga semurah mungkin. Hasil yang akan kami produksi akan sangat bermanfaat bagi gerakan “Revolusi Pertanian Organik” oleh petani sendiri. Terima kasih banyak. Salam hangat dari Solo.

    • Terima kasih. Urine kelinci perlu difermentasi dl sblm digunakan sbg POC. Untuk meningkatkan kualitasnya bisa ditambah dg hormon & hara yg lain. Silahkan kontak via email.

  16. pak..bisa mengulas tentang distilasi refluks etanol-air ga.?
    sekalian perhitungannya memakai rumus apa pada bahan isiannya.?
    saat ini sya skripsi tentang pemurnian fuel grade ethanol dgn distilasi refluks..
    mohon bimbingannya pak..

    *kalau boleh tau apa bapak masih di UGM.?
    saya mahasiswa ugm juga yg penelitian di biologi

    thx.

  17. Salam KENAL Pak,
    Saya sedang berpikir bagaimana memanfaatkan TANAH saya seluas +/- 2 Hektar di daerah Jonggol, kabupaten Bogor. Sejak 1997 cuma ditanami Singkong dan sayur2an serta Pohon Sengon.
    Mungkin Bapak punya IDEA agar lebih bermanfaat terutama buat masyarakat disekitarnya yg masih banyak yg nganggur.

  18. salam kenal mas, saya suka baca2 tulisan disini.

  19. salam kenal pak… tiang magelang juga ya…
    bagus banget penelitiannya pak, semoga sukses dan dapat di manfaatkan masyarakat kita pak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s