Kue Rejeki Pupuk Organik Granul (POG)

Kebutuhan Bahan Organik Sangat Besar Sekali

Buku Pupuk Organik GranulPemerintah berencana untuk memberikan subsidi pupuk organik granul (POG) pada petani. Jumlah POG yang disediakan pemerintah sangat besar sekali, kurang lebih 200 ribu ton atau 200 juta kilogram. Untuk memenuhi kebutuhan POG tersebut diperlukan bahan baku berupa bahan organik yang sangat besar. Selain itu juga diperlukan bahan-bahan tambahan lain seperti: fosfat alam, dolomit, kaptan, zeolit, arang, abu, dan mikroba.

POG01
Salah satu POG yang disubsidi pemerintah.

Sebagai contoh, andaikan bahan kompos yang diperlukan adalah 75% dari total POG maka dibutuhkan sekitar 150 ribu ton. Kadar air POG maksimal 15%, sedangkan kadar air kompos yang umum kurang lebih 55-60%. Jadi kebutuhan kompos curahnya kurang lebih 318,75 ribu ton.

Kompos dibuat dari bahan-bahan organik padat. Rendemen kompos dari bahan organik padat berkisar antara 50-60%. Apalagi kalau bahan bakunya lunak dan banyak air, rendemen kompos rendah sekali. Taruhlah rata-ratanya 50%, maka kebutuhan bahan organik padat untuk memenuhi kebutuhan kompos itu adalah dua kali lipat, yaitu: 637,5 ribu ton. Pertanyaan berikutnya adalah dari mana bahan-bahan organik ini diperoleh.

Kebutuhan ini merupaka peluang pasar yang sangat besar dan dapat menggerakkan ekonomi di masyarakat. Misalnya saja, penyediaan bahan baku bahan organik padat, aktivator pengomposan, peralatan dan mesin pupuk organik granul, transportasi dan distribusi, dan bahan-bahan tambahan lainnya.

Bahan baku kompos bisa diperoleh dari bermacam-macam bahan, misalnya kotoran ternak. Semua kotoran ternak bisa dibuat seperti: sapi, kambing, dan ayam. Sampah organik padat juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku. Pemda-pemda seharusnya bisa melihat peluang ini dan memanfaatkan TPA-nya untuk memproduksi kompos. Limbah-limbah agroindustri menghasilkan banyak limbah organik padat. Sebagai contoh: pabrik kelapa sawit, pabrik gula (PG), pabrik tahu, pabrik tapioka, pabrik jamu, dan pabrik yang mengolah kayu (limbah gergajian). Bahan organik juga bisa diperoleh dari sisa-sisa panen, seresah, daun-daun, dan lain-lain. Harga bahan baku kompos curah cukup murah, ya…mungkin sekitar Rp. 200 – 250/kg. Jadi nilai bahan baku yang diperlukan kurang lebih sebesar Rp. 79,68 milyar rupiah. Siapa yang mau ambil bagian ‘kue rejeki’ ini?

Aktivator dan bahan lain

Pembuatan kompos memerlukan aktivator pengomposan. Kebutuhan kompos ini juga membuka peluang usaha aktivator pengomposan. Umumnya dosis aktivator adalah 0,1%. Jadi kebutuhan aktivatornya kurang lebih 637,5 ton atau kilo liter. Misalnya harga aktivator rata-rata yang dipasaran adalah Rp. 20.000, maka nilai aktivatornya adalah Rp. 12,75 Milyar. Membuat aktivator kompos relatif mudah dan tidak mahal, namun harus tetap berkualitas.

Kebutuhan bahan-bahan tambahan memang tidak sebesar kebutuhan bahan baku utama (kompos). Namun demikian nilainya juga cukup lumayan. Fosfat alam cukup banyak ditemukan di Indonesia, meskipun kualitasnya sebagian besar hanya C, D, atau E. Fosfat alam ini umumnya dilakukan oleh penambang-penambang kecil. Kebutuhan POG ini bisa menggairahkan usaha penambang kecil ini. Demikian pula untuk penambang zeolit, kaptan, dan dolomit. Daerah-daerah pesisir selamat jawa, madura, dan sebagian daerah pesisi utara yang banyak tambang mineralnya akan menjadi bergairah.

Penyediaan Mesin-mesin POG

Pembuatan POG memerlukan banyak mesin-mesian. Mesin-mesin yang umum digunakan adalah: mesin penepung (crusher/hammer mill), mixer, granulator, dryer, dan ayakan. Kapasitas mesin juga bervariasi, tergantung pada besar kecilnya usaha POG. Di pabrik-pabrik kecil bisa dengan kapasitas 5-10 ton/hari. Sedangkan di pabrik sedang kira-kira 20 ton/hari.

Pengusaha-pengusaha yang mahir membuat mesin saya sarankan untuk semakin gencar menawarkan dan mengiklankan produk-produknya. Karena banyak orang yang mencari mesin-mesin ini.

***
Kue rejeki POG sangat mengiurkan. Asalkan tidak terjadi saling sikut, saling tendang, dan saling curang, kue ini bisa berkontribusi meningkatan ekonomi masyarakat. Ayoo…siapa yang berminat harus mulai siap-siap dari sekarang. Tunggu apa lagi.


DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Advertisements

15 responses to “Kue Rejeki Pupuk Organik Granul (POG)

  1. dita septiani

    kalo mau ikutan, gimana caranya ya.
    melihat peluang yg disebutkan, saya sangat tertarik untuk ikut ambil bagian.
    saya tertarik untuk ikut berproduksi POG nya, saya berharap diinformasikan langkah2 yang harus saya kerjakan.
    terima kasih.

    • Kalau Anda memang punya POG dalam jumlah cukup, rasanya akan ada broker-broker yang mencari Anda. Cuma perlu hati-hati dengan para broker ini.

      • dita septiani

        apa memang harus lewat broker2. klo dimungkinkan kami lebih tertarik jika bisa langsung dengan pembeli, untuk itu mungkin ada kontak yang bisa saya hubungi. terima kasih.

  2. Pingback: Pupuk Organik? :: Tanya Jawab

  3. Pingback: Mlm Pupuk Organik, Untung Atau Rugi ? :: Tanya Jawab

  4. R Agung Hendra

    Kebetulan kami sedang mengerjakan mesin untuk pembuatan POG,berikut dengan konsultasi Pengerjaan dan tenaga kerja,(perlu diketahui bahwa proses granulasi sedikit lebih rumit dibandingkan dengan proses yg lain).Mungkin seandainya anda berminat untuk mewujudkan keinginan anda,kami bisa membantu.

    • Sedikit beda pendapat dengan Anda. Menurut saya membuat POG sangat mudah, dengan peralatan yang sederhana bisa dibuat POG. Memang ada beberapa komposisi bahan dan sedikit trik. Ini yang membedakan antara POG yang satu dengan POG yang lain.

  5. Kami juga memproduksi POG (produksi sudah berjalan), namun ada kendala dalam hal pemasaran. Jika disampaikan diatas, bahwa kebutuhan POG sangat lah besar, mohon kiranya dapat diinformasikan mengenai pihak / petani yang membutuhkan POG tersebut. Atau pun jika ada saran mengenai trik pemasaran POG.

    Demikian saya sampaikan, atas perhatian kami ucapkan terimakasih.

    Lena

    • POG yang saya sebutkan di atas diadalah pesanan pemerintah melalui beberapa BUMN pupuk. Proses tendernya kalau tidak salah beberapa bulan yang lalu. Mungkin sekarang sudah mulai produksi dan mulai pengirimannya.
      Tetapi saya sering mendapatkan keluhan dari beberapa petani yang kebetulan saya kenal, kalau POG-nya kualitasnya jelek sekali.
      Untuk pemasaran bisa menghubungi perusahaan-perusahaan yang menang tender. Saya yakin mereka sangat membutuhkan POG-POG tersebut. Cuma masalah harga silahkan dinego sendiri.

    • kapasitas POG per hari berapa ?

  6. Saya sangat butuh jawaban,demi kepentingan petani &masyarakat awam. 1.apa betul bhw pupuk organik terbaik adalah bentuk curah bukan bentuk granul.dan apa alasannya? 2.apakah pupuk organik dari limbah pertanian lebih baik dari sampah kota.trimakasih

    • Semoga jawabannya memuaskan:
      1) Sebelumnya saya ingin bertanya dulu: menguntungkan dari perspektif mana? Kalau dilihat dari sisi kemudahan aplikasi bentuk granul/pelet lebih menguntungkan dengan alasan: kebutuhan lebih sedikit, karena kadar airnya rendah; lebih mudah ditabur; lebih mudah dalam transportasi, lebih mudah dalam peyimpanan, lebih mudah diperkaya dengan bahan-bahan lain. Kalau dilihat dari pembuatan: ya labih baik bentuk curah: jadi kompos langsung pakai, membuat granul berarti menambah biaya, tenaga, dan waktu. Tapi kalau bentuk curah harus dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, bayangkan berapa biaya dan tenaga yang diperlukan.
      Kalau menurut saya, apabila komposnya dibuat sendiri oleh petani, letaknya dekat dengan sawah, bentuk paling menguntungkan adalah curah. Tetapi kalau harus diangkut dari tempat yang jauh: ya..lebih bagus bentuk granul.
      2) Kompos dari sampah kota, apalagi yang diambil dari TPA berdasarkan hasil analisis sangat tinggi kandungan logamnya, terutama logam-logam berat seperti: Fe, Pb, Mg, dan mungkin juga senyawa-senyawa limbah yang berbahaya lainnya. Sedangkan kompos dari limbah pertanian relatif bebas dari kontaminasi seperti itu. Namun, jika kompos sampah dibuat dari sampah-sampah organik yang sudah dipisahkan dari awal, kualitasnya bisa dijaga.
      Demikian semoga membantu.

  7. FAJAR ARIF BUDIMAN

    kami sudah mulai memproduksi bahan baku POG (kohe sapi) hasil giling,, namun saya belum puas dengan harga jual yang berkembang sekarang.. mohon bisa diberikan saran pembeli atau market yang jauh lebih baik.
    terima kasih…

    • Apakah maksudnya harga dari pemerintah? Kalau pemerintah harganya memang sudah segitu, ada PP atau Perment-nya. Kalau harga yang lebih baik ya…dijual sendiri di pasar bebas. Beberapa produsen POG yang saya tahu bisa menjual POG dengan harga yang cukup tinggi, contohnya Petrogranik Permium. Saya lihat juga POG Cakra Alam dijual dengan harga yang cukup tinggi, langsung oleh petani.
      Semoga bermanfaat.

  8. Alhamdulillah kami telah mendapat bagian dari program Bantuan Langsung Pemerintah ( BLP ) melalui sarana transportasinya. Dan kami juga memproduksi POG sementara sambil menawarkan kepada vendor – vendor pemenang tender. Semoga POG buatan kami juga bisa jalan. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s