Tikus Hias Jepang Eksotik untuk “Klangenan”

maindengantikus02
Tikus Hias Jepang saat ini menjadi salah satu ‘klangenan’ alias binatang piaraan alternatif. Tikus Hias Jepang ini berbeda dengan tikus-tikus yang biasa kita lihat di got-got atau tikus yang sering mencuri makanan kita di rumah. Tikus Hias Jepang ini adalah tikus mencit yang mungil dan imut-imut. Bentuknya yang mungil, jinak, bulunya halus mengkilat, dan senang diajak bermain membuat tikus ini layak jadi teman di rumah. Tikus Hias Jepang juga berbeda dengan hamster, baik yang mini maupun yang biasa. Kalau hamster kandangnya berbau menyengat dan tidak enak. Tikus Hias Jepang baunya lebih ‘soft’, asalkan kita rajin membersihkannya, baunya tidak akan menyengat.

tikus mabok

Tikus Jaya

Memelihara Tikus Hias Jepang juga mudah. Tikus Hias Jepang adalah binatang omnivora alias pemakan segalanya. Kita bisa memberi dia makanan apa saja, pasti akan dilahapnya sampai tuntas. Tikus Hias Jepang juga tidak memerlukan perawatan khusus yang rumit. Kandang Tikus Hias Jepang bisa menggunakan kandang yang biasa di pakai untuk hamster mini, tetapi pilih yang jerujinya sempit. Alasnya bisa menggunakan pasir zeolit, pasir kali, sekam kering, atau tahi gergaji kering. Mudah sekali bukan.

empattikuseksotik02

Tikus Hias Jepang sekarang sudah bermacam-macam. Kalau tikus mencit yang umum dikenal adalah tikus mencit putih atau sering dikenal dengan tikus putih. Saat ini Tikus Hias Jepang ada bermacam-macam warna bulunya, ada Tikus Hias Jepang hitam, ada Tikus Hias Jepang abu-abu, ada Tikus Hias Jepang coklat, ada Tikus Hias Jepang emas, ada Tikus Hias Jepang belang, dan ada Tikus Hias Jepang jidat putih.

Tikus Hias Jepang Putih

tikus putih nan eksotik

Ini adalah tikus yang paling umum dijumpai di pasaran. Harganya relatif murah dan juga mudah di dapat. Kalau anda pemula dalam memelihara tikus sebaiknya memelihara tikus ini saja.

Tikus Hias Jepang Hitam

tikus hitam nan eksotik

Tikus hitam mirip sekai dengan tikus putih. Bulunya hitam legam dan mengkilat. Tetapi bulu di bagian perutnya masih berwarna putih. Tikus ini sama imutnya dengan tikus hitam. Tetapi tikus ini masih cukup jarang dijumpai di pasaran. Jadi harganya juga lebih mahal dari tikus putih.

Tikus Abu-abu


tikus abu abu nan eksotik

Tikus Hias Jepang ini warna bulunya abu-abu. Meskipun begitu tidak terlihat kusam, tetapi berwarna abu-abu mengkilat. Tikus Hias Jepang ini jarang dijumpai di pasaran.

Tikus Hias Jepang Coklat

tikus coklat nan eksotik

Tikus Hias Jepang ini berbulu coklat. Sama seperti Tikus Hias Jepang abu-abu, Tikus Hias Jepang ini jarang dijumpai di pasaran.

Tikus Hias Jepang Emas

tikus emas nan eksotik

Tikus Hias Jepang ini sangat istimewa karena warna bulunya yang kuning keemasan. Sangat jarang sekali Tikus Hias Jepang yang memiliki warna seperti ini. Oleh karena itu harganya juga lumayan muahal. Jadi kalau Anda yang ingin memilikinya harap sabar. Tidak semua toko hewan piaraan memiliki Tikus Hias Jepang seperti ini.

Tikus Hias Jepang Belang jidat Putih

tikus eksotik kelapa belang putih

Ada juga tikus-tikus yang memiliki tanda khusus, yaitu berupa bercak putih tepat dijidatnya. Ini yang membuat Tikus Hias Jepang ini sangat istimewa. Tikus-tikus seperti ini juga jarang ditemui.

tikuskepalaputih03

Tikus Hias Jepang Belang Hitam Putih

tikus emas nan eksotik

Dari semua tikus yang sudah disebutkan di atas tikus in yang paling istimewa, karena warnya bulunya yang belang hitam putih. Tikus ini sangat sangat jarang ditemui. Harganya juga hampir menyentuh langit.

tikus emas nan eksotik

Macam-macam pilihan Tikus Hias Jepang untuk peliharaan. Tikus Hias Jepang mana yang Anda suka silahkan dipilih saja. Tikus Hias Jepang juga bisa dijadikan teman bermain anak-anak. Karena tikus ini bersih, tidak kotor dan tidak suka mengigit.

tikus mabok

[Informasi dan Pemesanan hub: Manto ( 085643907204 )]

52 responses to “Tikus Hias Jepang Eksotik untuk “Klangenan”

  1. apapun jenisnya, entah kenapa tetap merasa jijik dengan yang namanya tikus. 🙄
    padahal keliatannya memang imut, lebih suka memelihara hewan air seperti kura-kura. tahan terhadap perubahan cuaca. 😀

  2. waaaahhhhh keren2 tuh tikusnya
    sebenarny dah lama pengen yang warna warni gitu, tapi disini ndak ada yg jual 😦
    bos isroi, kirimin ke Medan dong tikus2 kayak gitu, bisa ga?

  3. melihara tikus sulit kalau udah beranak banyak
    mo dibuang sayang, mo dipelihara kualahan.
    mo dikasikan kucing tetangga kasihan 🙂
    terakhir saya taruh dipekarangan dan gak ada seminggu udah ilang semuanya 😀

  4. memelihara tikus yang abu2 mirip kayak tikus got … apa gak bau ya kalau pelihara tikus?

  5. Pingback: Tokek « Berbagi Tak Pernah Rugi

  6. klu boleh tahu,berapa harga termahal n termurah dari semua jenis tikus2 tsb.matur nuwun mas.salam kenal …lenk.

  7. tadi ke petshop, ada yg jual tikus putih coklat… lucu tapi gesit dan kalo di pegang suka loncat2… harganya sih murah 25 rebuan…. tp masih belom kepikiran mo miara soalnya aku kebiasaan suka ciumin binatang piaraan kalo lg gemes… mosok ciumin tikus,.? hehehe….

    • Sebaiknya beli tikus yang agak kecil. Kalau masih kecil dan sering dipegang dia menjadi lebih jinak. Masih mendingan tikus/mencit daripada hamster. Hamster lebih bau daripada mencit ini. Tapi ya..jangan dicium, mendingan nyium yang lain aja.

  8. Pingback: Bisnis Tikus Putih « Berbagi Tak Pernah Rugi

  9. Pingback: Tips Memelihara Tikus: Alas Kandang Tikus « Berbagi Tak Pernah Rugi

  10. GMN CARA PEMASARANNYA, MASIH LEUBEUNG…!!!!
    U/ DAERAH BANDUNG

    • Kalau di tempat kami dijual di pet shop (Toko binatang peliharaan), ada juga yang jual di kaki lima di alun-alun. Untuk daerah bandung saya tidak tahu.

  11. pak saya pemula dalam melihara tikus ini, kemarin saya beli tikus putih yg lagi hamil sekitar 25 ekor, boleh gak di campur sama jantan? sya punya jantan 2 ekor, slah satunya mati.

  12. Pingback: PEMASARAN TIKUS PUTIH « Berbagi Tak Pernah Rugi

  13. wah tikus nya lucu2. tapi kalau mw miara kandang nya gmn? bs dr triplek gak?
    truz bisa pesan ke Aceh gak?
    makasi slm kenal…

    • Bisa saja, selama ini pengiriman yang paling jauh ke Palembang, Pekanbaru dan Medan. Belum pernah ke Riau. Tetapi selama masih bisa dijangkau ekspedisi bisa saja dikirim ke Riau. Kotank Manto saja.

  14. SAYA DARI MALANG YANG INGIN SAYA TANYAKAN BISA GAK ALASNYA PAKAI PASIR UNTUK BANGUNAN KARENA,SAYA JUGA PUNYA BEBERAPA EKOR TIKUS PUTIH DAN BELANG DAN SELAM INI PAKAI ALAS KERTAS TERUS BISA GAK TIKUS TIDAK DI KASIH RUMAH RUMAHAN SEBAB SELAMA INI SAYA SELALU PAKAI RUMAH RUMAHAN UNTUK BERANAKNYA APA NDAK STRESS BILA RUMAH RUMAHANYA SAYA AMBIL TERIMAKASIH

    • Alasnya mendingan pakai kertas saja atau sekam padi. Kalau pakai pasir bangunan jadi kotor bulunya dan jadi seperti basah-basah. Yang paling bagus pasir zeolit atau pasir kali. Pasir zeolit bisa menyerab bau. Harganya juga cukup murah kalau beli ke penambangnya. Kalau beli ke petshop harga pasir zeolit agak mahal. Memang sebaiknya ada rumah-rumahan atau apa saja asalkan bisa dijadikan sarang.
      Oh..ya..alas kandang juga dibersihkan secara berkala agar bersih dan tidak bau, sekaligus menghindari penyakit tikus.
      Semoga membantu.

  15. nama saya asfan , saya tertarik dgn bisnis ini dan ingin belajar bgmn caranya?
    kira2 brapa modal yang saya perlukan yg memenuhi kantung saku saya? terima kasih

    • Bisnis tikus putih ngak perlu modal banyak, mau sepasang dulu juga bisa. Terserah saja dan disesuaikan dengan kemampuan. Silahkan kontak langsung ke nomor di atas.

  16. tanya bos..,mengenai bersihkan kandang secara berkala maksudnya berapa kali selama 1 bln? tks byk balasanya..ditunggu

    • Tergantung jumlah tikus per kandang. Klo sedikit bisa sebulan sekali, klo banyak bisa tiga hari sekali. Cirinya klo kandang sudah berbau, berarti sdh saatnya dibersihkan.

  17. pak isroi, alamatnya budidayanya dimana ya??? terima kasih

  18. selain usaha bisnis tikus, usaha rumahan apalagi yang cocok buat dikerjakan?
    terima kasih.

  19. Mas Isroi mhn info harga dari masing2 jenis tikus, sy posisi bali, pingin pelihara dr masing2 jenis satu atau dua pasang aja dulu trim. bls

  20. sya ingin mulai usha tikus ptih ini..
    mw mnta pndapat nih..
    lbh baek sya bsnis tikus ptih biasa atw tkus hias jepang..??
    sya tinggal d pasuruan-jatim..
    rmh sya d pinggir jlan raya utama jawa-bali..

    • Yg pertama adalah survei pasar dulu, terutama di kota-kota terdekat. Setelah tahu pasarnya baru tentukan tikus mana yg mau diternak. Menurut saya tikus mencit putih yg paling stabil pasarannya.

  21. mas, lokasi dimana ini ? beda warna beda hargany juga yak.

  22. hahay mencitku beranak 5 cindil

  23. kalo mencit bisa dikawin silang sama hamster gak?

  24. masnya, apa perbedaan mendasar dari mencit putih sama mencit hias dari jepang ini? Bisa ga mencit putih dikawinkan dengan mencit hias jepang ini? Thanks.

    • Secara biologi mencit putih dan mencit hias jepang sama saja dan bisa saling kawin. Bedanya hanya pada motif warna bulunya saja.

  25. saya pingin ternak tikus putih… bagaimana caranya? bisa kirimkan tips nya? lalu apakah tidak berbahaya bagi kesehatan jika pelihara atau ternak tikus di rumah?

  26. wah fot”yang dimuat bagus pak..
    menarik skali..
    smoga sukses yya pak

  27. Pak Isroi, saya mau beli indukan tkus putih tapi dari jenis tikus kecil saja pak, karena kalau yang besar saya masih jijik, kalau ada tolong di kirim harganya pak
    Thanks

  28. mas isroi klo di jakarta beli dimna yah tikus yg warna kyk gtu..?? di deket rumah ada pasar da yg jual tikus mencit putih, tapi harganya 7500, mas klo tikus mencit warna gtu kira2 brpa yah?? pengen bgt nih ternak tikus itu..

  29. Mas Isroi saya punya tikus jeoang, baru beli tapi begitu di masukkan ke kandang sementara ( beklas es krim 8kg) ketahuan loncatannya tinggi sekali, ing sekali bermain2 dg nya spt hamster, tetapi sprtinya tikus ini gesit sekali ya… takut klo lepas susah untuk menangkapnya.. mohon pencerahannya mas

    • Tikus agak sedikit beda dg hamster. Kalau jarang dipegang rasanya dia bisa lari lebih kencang dan sulit ditangkap daripada hamster. Jadi, jangan cepat-cepat dikeluarkan dari kandang dulu.

  30. bisa beli luar pulau ga………?????? klu d sulteng pasti ga adh

  31. unyuuuu tikusnyaaaa.. tapi larinya gesit banget ya? susah dong kalo diajak main di luar, tau2 ngilang..

  32. Akhmad Afriandi

    Tikus hiasnya masi gk mas? Dikirim ke baturaja , palembang bisa????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s