Nanam JPP Tanpa Sterilisasi Media

Menumbuhkan JPP Tanpa Sterilisasi Media

Penelitianku bertumpu pada isolat Jamur Pelapuk Putih (JPP). Ada beberapa isolat yang aku pakai, sebagian koleksi laboratoriumku, sebagian mendapatkan dari temen, dan sebagian dapat dari pasaran..

Dalam penelitian mikrobiologi, sterilisasi media seperti ‘wajib’ hukumnya. Media, alat-alat, bahan-bahan harus disterilkan terlebih dahulu sebelum dipakai. Kerjanya pun juga wajib aseptis bin higienis. Kalau tidak bisa terkontaminasi semua oleh mikroba-mikroba lain yang ‘tidak diundang’. Untuk sterilisasi ini alat yang digunakan adalah autoclave. Tanpa autoclave atau misalnya autoclave-nya ngadat, bisa molor semua kerjaan.

Ternyata musibah autoclave ngadat benar-benar terjadi. Entah mengapa, autoclave yang biasa kami pakai tiba-tiba bermasalah. Semua pekerjaan yang kami lakukan selalu terkontaminasi. Semua prosedur sudah dievaluasi ulang, sesuai SOP atau tidak. Setelah diselidiki dan disidik berhari-hari, kecurigaan kami tertuju pada Sang Autoclave ini. Kami jadi curiga kalau autoclave-nya tidak bekerja sebagaimana mestinya. Harusnya men-sterilkan media & alat, kenyataanya tidak bisa steril. Pusing……!!!!!!

Berhari-hari aku tidak bisa melanjutkan penelitian. Penelitian seperti jalan ditempat grak….!!!!! (kok kaya baris-berbaris jadinya…).

Akhirnya aku ambil jalan pintas, aku pikirkan cara menanam JPP tanpa sterilisasi media. Aku coba berbagai macam cara dan akhirnya….alhamdulillah….JPP-ku tumbuh subur bin makmur. Kaget juga awalnya. Kok bisa ya…..????!!!!!!!

Aku coba sekali lagi…..Berhasil….., akhirnya aku jadi yakin kalau aku bisa menanam JPP tanpa mesti mensterilkan medi-nya. Ternyata musibah itu membawa berkah. Karena musibah autoclave ngadat aku jadi nemu teknik baru. Meskipun awalnya sempat pusing 10 keliling.

Pelajaran hari ini: jangan menyesali musibah, siapa tahu musibah itu membawa berkah. Wallahu’alam.

Share

2 responses to “Nanam JPP Tanpa Sterilisasi Media

  1. Pingback: Kultur JPP Tanpa Sterilisasi Media (Lanjutan) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Pingback: Jamurku Berhasil Muncul Tubuh Buahnya « Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s