Tips ANDROID: Menentukan Arah Kiblat


Motorola Millestone: Dunia seperti di Genggaman Tangan


Salah satu syarat sahnya sholat bagi ummat Islam adalah menghadap qiblat, menghadap ke arah kakbah. Kalau kakbah ada di depan mata kita, mudah bagi kita untuk menentukan arah qiblat. Tapi kalau jaraknya sampai ribuan kilometer, seperti Indonesia ini, menentukan arah qiblat tidaklah mudah. Perlu ilmu & teknologi untuk menentukan arah qiblat ini.

Untungnya ilmu bumi, matematika, perbintangan, dan komputer sudah sangat maju. Saat ini sudah ada teknologi GPS (global positioning system) yang dapat menentukan posisi di muka bumi hampir tepat. Dengan kemajuan teknologi ini sebenarnya tidak sulit untuk menentukan arah qiblat. Dengan HP ANDROID saja kita sudah bisa tahu arah qiblat.

Coba ketikkan kata kunci qibla di situs ANDROID MARKET, akan muncul beberapa aplikasi untuk menentukan arah qiblat & waktu sholat. Semua aplikasi tersebut menggunakan teknologi GPS. Ada kelebihan & kekurangan masing-masing. Silahkan di download dan dicoba sendiri.

Dari beberapa aplikasi tersebut saya menyarankan QIBLA COMPSS & Adhan Alarm. Tapi saya lebih suka Adhan Alarm, karena selain compass aplikasi ini juga bisa untuk remainder waktu sholat. Kita bisa atur agar jika waktu sholat akan menampilkan suara adhan. Yang lebih menarik tersedia pengaturan untuk bahasa Indonesia.

Untuk melihat waktu sholat kita tinggal sentuh menu Today, dan untuk arah qilbat kita sentuh Qibla. Arah qiblat dan waktu sholat akan secara otomatis mengikuti posisi GPS kita saat itu. Contohnya, arah qiblat di tempat saya adalah 69o19′. Seperti yang disarankan oleh MUI yg bergeser sekitar 20-25o dari arah barat.

Kita bisa gunakan aplikasi ini di manapun, asalkan masih dapat sinyal HP atau WiFi. Kalau sinyalnya kuat, arah qiblat bisa sangat akurat. Tapi kalau sinyal lemah, akurasinya berkurang. Sebagai contoh, ketika di Banda Aceh waktu sholat magrib mendekati jam 7 malam. Ketika saya balik ke jogja, secara otomatis waktu sholatnya mendekati jam 6 sore. Arah qiblatnya pun menyesuaikan. Hebat kan..!!??

Ketika sinyal lemah, GPSnya juga berkurang akurasinya. Saya pernah coba cek, sinyal cuma satu garis GPS meleset sekitar 1 km. Tapi arah qiblat tidak meleset terlalu jauh. Jadi masih bisa diandalkan.

Selamat Mencoba

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s