Mendapatkan Pustaka Terbaru Langsung dari Authornya


Bacajuga: Daftar Jurnal Gratis | Tutorial Jabref | Tips Mencari Literatur | Mendapatkan Literatur Gratis


Pustaka terbaru penting sekali untuk membuat penelitian yang up to date. Perkembangan penelitian demikian cepat, jurnal-jurnal baru diterbitkan dengan cepat. Namun, agak mengenaskan untuk mahasiswa yang hidup di Indonesia. Akses ke jurnal-jurnal terbaru sangat terbatas. Mendapatkan jurnal Indonesia saja bukan pekerjaan yang mudah apalagi jurnal international terbaru.

Meskipun dalam kondisi yang terbatas bukannya tidak mungkin bagi mahasiswa Indonesai mendapatkan jurnal-jurnal terbaru. Saya mendengar cerita dari dosen UGM, tentang kiat-kiat orang mahasiswa India mendapatkan jurnal baru. Mahasiswa India lebih gigih daripada mahasiswa Indonesia. Padahal dari sisi fasilitas tidak begitu jauh dengan mahasiswa Indonesia. Jaman dulu, sebelum ada internet, mahasiswa India mengandalkan kartu pos. Mereka membeli kartu pos sebanyak-banyaknya. Jaman dulu juga ada abstrak yang disebarkan lewat disket. Disket jaman dulu yang ukurannya besar. Nah, di disket-disket itu terdaftar jurnal-jurnal terbaru, berikut nama author dan alamatnya. Mahasiswa India segera mengirimkan kartu pos untuk meminta copy jurnal ke authornya langsung. Cara ini sangat efektif, mereka lebih cepat dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Di jaman yang canggih ini, kartu pos sudah diganti dengan e-mail. Kita bisa mengirimkan e-mail ke author dengan cepat dan segera mendapatkan balasan dari yang bersangkutan.

Cara ini saya coba praktekkan. Pertama searching dulu di website jurnal-jurnal ternama seperti: sciencedirect, elseiver, springerlink, ASM, dan lain-lainnya. Kemudian cari jurnal yang sesuai dengan penelitian kita. Cari alamat e-mail korespondensi authornya. Lalu dengan bahasa yang bagus dengan dibumbui sedikit sanjungan untuk papernya, kita minta dengan baik-baik copy paper itu.

Cara ini ternyata bekerja dengan efektif. Saya bisa mendapatkan jurnal-jurnal terbaru dari authornya langsung. Bahkan dalam hitungan jam, bukan lagi beberapa hari. Pagi aku kirimkan e-mailnya, siang sedikit sudah dibalas dan dilampirkan copy papernya. Ternyata mereka baik-baik banget.

Selamat mencoba.

4 responses to “Mendapatkan Pustaka Terbaru Langsung dari Authornya

  1. cara br nih. boleh minta mas, cntoh email permintaanx ke author, soale blm mhir. thax mas

  2. terima kasih. info ini bermanfaat sekali..

  3. mas, bahasa yang santun dengan bahasa inggris gmana ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s