Pestisida Nabati: Esktrak Tembakau (Nicotiana tobaccun L.)

ekstrak tebakau pestisida nabati Tembakau (Nicotiana tobaccum L.) adalah salah satu bahan pestisida nabati/pestisida organik yang sangat ampuh. Berbagai macam hama bisa dikendalikan dengan ekstrak tembakau ini. Hampir semua bagian tanaman tembakau bisa dimanfaatkan untuk pestisida nabati. Daun tembakau, terutama yang sudah difermentasi, sangat efektif untuk pestisida nabati. Jika daun tembakau tidak tersedia, atau mahal harganya, bisa memanfaatkan sisa-sisa batang setelah tanah. Bahan pestisida nabati juga bisa memanfaatkan tembakau yang kualitasnya jelek dan harganya murah.

Info lengkap Pestisida Nabati/Pestisida Organik klik di sini: Pestisida Nabati

hormon tanaman giberelin auksin sitokininBeberapa daerah dikenal sebagai sentra produksi tembakau, seperti: Temanggung, Wonosobo, lereng Gn. Merapi, Jember, Banyuwangi, dan beberapa tempat lainnya. Ketika musim panen tiba, banyak sekali sisa-sisa tembakau yang harganya relatif miring. Kumpulkan saja bahan-bahan ini dan jika diperlukan suatu saat bisa dimanfaatkan untuk membuat pestisida nabati.

Petani-petani yang ada di sekitar wilayah penghasil tembakau, bisa memanfaatkan bahan ini untuk pengganti pestisida kimia. Pestisida nabati dari daun tembakau tidak kalah manjurnya daripada pestisida kimia. Memang petani mesti repot sedikit untuk membuat pestitidanya, tetapi yang lebih penting adalah petani bisa mandiri dan lebih ramah lingkungan.


Tembakau kualitas rendah yang sudah tidak layak untuk bahan baku rokok yang dijadikan sebagai bahan baku pestisida nabati.

Keterangan lebih lengkap tentang tembakau untuk pestisida nabati silahkan dibaca di link berikut ini: https://isroi.wordpress.com/2010/08/01/tanaman-pestisida-nabati-tembakau-nicotiana-tobacum-l/

ekstrak tembakau pestisida nabati

Esktrak daun tembakau berwarna hitam pekat. Baunya pun khas bau tembakau dan nikotin yang sangat menyengat. Hama aja KO, apalagi orang-orang yang biasa merokok ya…?

pestisida nabati ekstrak tembakau

Ekstrak daun tembakau ini sangat pekat sekali. Pemakaiannya perlu hati-hati, karena pemakaian yang berlebihan dari tembakau bisa menyebabkan tanaman keracunan.

Info pestisida nabati hubungi Manto: 085643907204

Advertisements

7 responses to “Pestisida Nabati: Esktrak Tembakau (Nicotiana tobaccun L.)

  1. Pingback: Belajar Meramu Pestisida Nabati untuk Pertanian Organik « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Pingback: Tanaman Pestisida Nabati: Tembakau (Nicotiana tobacum L.) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  3. wah…di tempatku sisa batang tembakau dibakar begitu saja..

  4. trimakasih atas izin copy pastenya…..

  5. Ass. Wr. Wb P. Isro’i. Gmn kbr? Berbagi tak pernah merugi. Setuju sekali. Mau nanya nih… punya gak artikel, tulisan ilmiah, jurnal spesial pestisida nabati.
    Wassalm

  6. Bagus, tp gimaana cara mengextraknya yg lebih rinci, Pak? Makasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s