Asam Humat

biang POC pupuk organik cair

Asam Humat

Kembali ke Jualanku | Asam Humat
Cara Pemesanan & Pembayaran | Informasi : Ummi Happy +62 82325489277 | Manto 085643907204| Email: isroi93@gmail.com

Kandungan:
Asam humat: 25% – 30%
Kandungan Hara: N 5%; P2O5 4,25%; K2O 5%, C-organik 4%, Zn 4,1 ppm, Cu 8,4ppm; Mn 2,4 ppm; Co 2,5 ppm; Fe 0,45 ppm; Ca 0,5%; Mg 16,88ppm;Al 6,38 ppm; pH 9,5

Harga: Rp. 40.000/liter
Harga belum termasuk ongkos kirim.

Kegunaan:

  1. Merangsang pertumbuhan perakaran.
  2. Memacu pertumbuhan tanaman.
  3. Dalam konsentrasi tinggi bisa digunakan untuk herbisida organik.
  4. Meningkatkan/menetralkan pH tanah.

Pemakaian langsung:
Larutkan 4ml asam humat ke dalam satu liter air. Aduk secara merata. Semprotkan ke seluruh bagian tanaman terutama bagian bawah daun dan tanah sekitar perakaran. Penyemprotan dilakukan pagi hari atau sore hari. Penyemprotan dapat diulang setiap minggu sekali. Aplikasi asamb humat bisa dicampurkan dengan insektisida atau fungisida.

Download buku Asam Humat

Advertisements

60 responses to “Asam Humat

  1. Ass ww
    Bisakah asam humat ini digunakan untuk tanaman buah, seperti lengkeng, durian, jambu biji ? Saya mau mencoba menanam tanaman buah ini dan tanah saya bekas sawah dan humusnya tipis sekali dan dibawahnya tanah liat,
    Berapa lamakah asam humat ini perlu digunakan? Apakah sejak penanaman bibit sampai tanaman besar.
    Saya punya sebatang durian sdh berumur lk 6 tahun. Apakah ada manfaatnya diberi asam humat ini disamping pupuk kandang + pupuk kimia?
    Wss ww

    • Asslam.
      Asam humat bisa digunakan untuk tanaman apa saja. Dosisinya saja yang perlu disesuaikan. Gunakan larutan yang encer saja, terutama jika tanamannnya masih muda.
      Tanah sawah memang dibuat seperti itu. Di bagian bawahnya seperti ada lapisan untuk menahan air. Tanah-tanah yang banyak liatnya sebaiknya menggunakan kompos/pupuk kandang/pupuk organik. Asam humat atau POC digunakan untuk pelengkap. Asam humat bisa digunakan pada saat pembibitan sampai tanaman dewasa. Pada saat dewasa pemakaiannya diperjarang saja.

  2. Anggoro Tri N.A.

    Ass Wr Wb,.
    Mohon penjelasan mengenai:
    1. dosis asam humat bila ingin dijadikan HERBISIDA ORGANIK ?
    2. Apakah asam humat bisa dan yang lain di beli di Bogor, seperti PROMI ?.
    3. Untuk membuat kompos dengan bahan baku batang pisang. lebih cepat mana – dengan bantuan PROMI atau di kubur di tanah.
    wslkm wr wb

    • Assalamu’alaikum wr wb.
      Tergantung tanamannya, mesti dicoba dulu sampai terlihat tanamannya layu. Asam humat untuk gula berdaun lebar. Dosisnya bisa mulai dari 10% dan ditingkatkan secara gradual.
      Batang pisang sangat berair dan mudah dikomposkan. Bisa pakai promi atau aktivator yang lain. Tetapi jangan dipendam. pembuatan kompos dengan cara dipendam memerlukan waktu yang lebih lama.

  3. Bernardus Sriwijaya

    Mohon informasi lebih lanjut mengenai asam humat. Bahan kimiakah atau bahan organik? Apabila dari bahan organik, bolehkah saya tahu dari apa asam humat ini diperoleh?
    Berbahayakah residunya terhadap manusia?
    Terima kasih atas kesediannya menjawab rasa ingin tahu saya.

    • Asam humat adalah bahan organik yang diekstrak dari bahan organik lainnya, seperti tanah, kompos, gambut, dan batubara. Asam organik tidak meninggalkan residu pada tanaman & tdk berbahaya untuk manusia/hewan.
      Tetapi sebaiknya jangan pernah mencoba untuk dinimum langsung, karena asam humat ini untuk tanaman bukan manusia/hewan.

  4. Bernardus Sriwijaya

    Mas Isroi, bgmn efektivitas pertumbuhan dan produksi dari asam humat terhadap tanaman padi, cabai, melon dan semangka serta tembakau. Apakah ada hasil penelitian tentang asam humat terhadap aspek tersebut diatas? Matur nuwun.

  5. Bernardus Sriwijaya

    Saya ingin menambahkan asam humat pada pengomposan pupuk kandang. Berapa disis yang dianjurkan? Akankah asam humat dalam kompos jadi ini akan bertambah kuantitasnya atau jumlahnya tetap pada waktu diaplikasikan?

  6. Mas Isroi, saya agak rancu dengan kata2 herbisida organik, karena kalau kita memang membunuh tanaman rumput, maka sebenarnya kita juga sudah merusak tanah tempat tanaman itu tumbuh, betul begitu?
    Saya mencoba membuat bio-POC tanpa zat anorganik sama sekali, dan hasil yang dicapai setelah percobaan di lapangan (sdh di pakai petani di sekitar saya) dan mendapatkan efek tambahan berupa “insektisida organik” (tidak membunuh, akan tetapi hanya mengusir) sehingga penggunaan insektisida dan pestisida menurun.
    Salam kenal dengan mas Isroi, informasi pada blog anda sangat edukatif, saya berharap bisa menjadi partner di masa yad.
    Terima kasih.

    • Selamat berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat.
      Membunuh tanaman tidak selalu merusak tanahnya. Tanah akan ikut rusak jika bahan herbisidanya juga bisa merusak tanah. Beberapa herbisida kimia tidak merusak tanah, tetapi seringkali residu yang tersisa berbahaya juga untuk makhluk lain.
      Ada banyak jenis pestisida, silahkan baca di posting lain. Salah satunya berupa bau yang tidak disukai serangga. Seperti yang dipakai untuk autan. Jadi hanya mengusir saja.
      Masalahnya kalau hanya mengusir, hamanya pindah tempat saja. Ketika baunya ilang hamanya bisa balik lagi.

  7. mas isro, ada humat yang berbentuk kering/tepung nggak ? klau ada, berapa harganya dan sekalian komposisi/kandungannya. hatur nuhun

  8. ada lagi yang agak bingung saya mas, Namanya: ASAM Humat, tapi pH:9.5, mohon pencerahan, trims

  9. ass,,,pak isroi,,,,saya mau tanya,,,saya mengalami kesulitan untuk mengendalikan jamur vosarium pada tanaman pisang,,,apakah dengan asam humat bisa membantu permasalahan saya,,,,trimakasih,,

  10. mas isroi, saya sangat tertarik dgn produk asam humat mas karna kandungan N nya tinggi untuk pupuk organik(5%).
    saya pernah baca kalau kandungan N pada bahan pupuk organik gak ada yg 5% jadi saya binggung kok hara pada produk asam humat mas bisa 5% dan tetap organik, gimana caranya ya mas bisa?..mohon pencerahannya karna saya sedang mengembangkan pertanian holtikultura organik.
    terimakasih sebelumnya.

    • Memang umumnya kandungan N di bahan organik tidak ada yang tinggi, 5% itu sudah tinggi sekali. Asam humat bisa tinggi kandungan N-nya karena dipekatkan pada saat ekstraksi asam humat dari bahan bakunya.

  11. Bukankah slurry biogas dan kompos matang mengandung asam humat? Kalau ditambahkan pupuk kimia buatan lengkap maka kualitasnya mungkin menyamai bahkan mengungguli asam humat Mas Isroi. Dengan harga sebesar itu, bagaimana bisa bersaing Mas Isroi?

  12. Benar Mas Isroi, kandungan asam humat dalam kompos matang juga slurry biogas sangat kecil. Tapi kalau pembuatan biogas dan kompos terintegrasi di satu tempat dengan lahan pertanian atau perkebunan, maka kompos matang dan slurry biogas tetap untung diberikan dalam jumlah banyak untuk mencukupkan jumlah asam humat. Karena kalau tidak terintegrasi maka terkendala ongkos angkut dan upah buruh, sehingga masih untung membeli asam humat Mas Isroi. Lalu seiring waktu di tanah, kompos matang dan slurry akan terus dirombak oleh mikroba sampai menjadi senyawa kimia yang sangat sulit dirombak lagi yaitu asam humat. Sehingga asam humat di tanah terus bertambah seiring waktu, dengan syarat tidak dihanyutkan air.

  13. Dh,
    Sy tertarik dg uniknya kandungan asam humat,ada yg bilang dg dosis asam humat di atas 40% jika aplikasikan dpt merangsang jagung berbuah hingga 4-5tongkol dg isi sempurna,n bersawah bs 5-6x/tahun?

    Apakah boleh probiotik di campur dg asam humat?

    1 hal lg apakah kadar asam humat kian lama di simpan kian bertambah?

    Tolong info alamat di medan utk peroleh ke2 jenis tsb.
    Trims.

  14. Asslm.Pak Isroi mohon infonya apakah asam humat dapat digunakan sebagai agen biokontrol atau pengendali fungi patogen dalam tanah??,thanks..

  15. assalaualaikum….. untuk tanah yang sudah diberi kompos atau pupuk kandang lebih cocok pake asam humat atau probiotik tanah? trimakasih wassalam……

    • Assalamu’alaikum wr wb. Bisa pakai dua-duanya. Kalau jumlah komposnya cukup sebenarnya tidak perlu ditambahkan pupuk lagi juga sudah bagus. Probiotik tanah dan asam humat ditambahkan kalau komposnya tidak mencukupi.

  16. Assalamualaikum. sebenarnya apa yg terkandung dalam asam humat sehingga sebagian besar pengaruhnya dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman. Mohon informasinya pk Isroi,Terimakasih.

  17. Salam damai sejahtera,

    Mas Isro, saya dengar asam humat cair bisa dipakai untuk kolam ikan air tawar guna mengalkaliskan pH air, mengurangi kadar amonia yang menyebabkan kolam bau, dan merangsang pertumbuhan jasad renik (plankton) dan ikan.

    – Bagaimana dosis pemakaiannya?
    – Apa saja manfaatnya yang lain (untuk kolam ikan lele)
    – Apa beda asam humat dengan probiotik?

    Atas pencerahannya, sebelumnya dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Nuggi, Wonosari

    • Salam,
      Asam humat pHnya basa, meskipun namanya ‘asam’. Ini karena proses ekstraksinya menggunakan ekstraksi basa. pH asam humat kurang di atas 9. Saya belum pernah mencoba dipakai untuk kolam. Tetapi jelas kalau dimasukkan ke kolam yang bereaksi masam akan bisa menaikkan pH. Mungkin perlu dicoba dulu, bisa menggunakan kertas lakmus yang biasa dijual di toko alat kimia. Harganya tidak terlalu mahal.
      Mungkin agak sedikit rancu dengan istilah probiotik. Mudahnya probiotik adalah senyawa atau bahan yang bisa memicu pertumbuhan mikroba bermanfaat. Asam humat dalam jumlah kecil ‘mungkin’ bermanfaat untuk kehidupan mikroba.
      Semoga bermanfaat.
      Salam.

  18. bang kalo asam humat ini bisa dimanfaatin buat kultur jaringan ga ? kalo bisa bagaimana dosis rekomendasinya ? thx

  19. Assalamualaikum . . .
    di atas kan ada keterangan untuk mempercepat pertumbuhan perakaran dan pertumbuhan bang kalo asam humat ini bisa dimanfaatin buat kultur jaringan ga ? kalo bisa bagaimana dosis rekomendasinya ? thx

    • Wa’alaikum salam. Sy tidak tahu tntang kultur jaringan dan belum pernah dengar asam humat dipakai di kultur jaringan. jadi tidak bisa memberikan rekomendasi.

  20. bang stok AH kosong ya? kapan ready stok lagi? ane butuh buat percobaan . . . kalo boleh tau AH nya hasil dari ekstraksi/fermentasi gambut atau tanaman kaya eceng gondok ? thx

  21. Saya tertarik dengan cerita pupuk organiknya.
    saat ini saya bekerja pada sebuah yayasan di bidang pertanian khusus tanaman buah yakni membangun kebun buah untuk rakyat. selama 3,5 tahun mulai dari persiapan lahan sampai dengan berbuah yayasan kami yang mendampingi masyarakat. Saat ini wilayah operasional kami tersebar di 9 wilayah salah satunya di kalibagor belakang SMK pertanian adalah yang kami garap dengan komoditas kelengkeng itoh, insyaallah tahun depan sudah mulai penanaman.
    Mohon bantuannya cara membuat asam humat yang sederhana mengingat yang kami hadapi adalah petani dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda, sehingga nantinya petani dapat membuat sendiri. Rencana akan kami aplikasikan untuk tanaman buah.
    Terima kasih
    yayasan obor tani

  22. assalamualaikum bang isroi mau nanya kalau untuk asam humat bila di simpan dalam jangka waktu yang lama apakah ada pengaruh terhadap perubahan unsur kandungannya ? saya sudah terima barangnya tapi tidak disertai label dan dosis pemakaian yang jelas. kalo boleh tau kandungan N P K di atas sudah di uji lab ? trims

    • Wa’alaikum salam. Kandungannya seperti yang di blog ini, yaitu sekitar 26%, sudah diuji lab. Silahkan kontak langsung ke Manto. Asam humat bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengurangi/merubah kandungannya. pH asam humat yang sangat tinggi menghalangi perubahan pada asam humat tersebut.

  23. budisurya1@yahoo.com

    kompos sudah mengandung asam humat tp jumlah nya sedikit.apakah dalam membuat kompos kita bisa menambahkan asam humat supaya kita mendapatkan kompos dengan kandungan AH dg pesentase yg agak tinggi?dan pemberian asam humat nya , apakah pada saat kompos di buat atau pada saat kompos sudah jadi ?
    dan apa bedanya asam humat dan asam vulvat ( masih bingung)?

  24. budisurya1@yahoo.com

    asam humat yg di tambahkan atau di semprotkan ke kompos yg sudah jadi untuk menambah % humat dalam kompos. brp konsentrasinya? apakah masih tetap 4 ml setiap liter air ?

  25. 1. Asam humat di campur dengan urea untuk penggunaan sawit tm boleh tidak ?
    2. berapa ideal komposisinya ?

  26. mas isroi, asam humat yang mas isroi jual berasal drmn ya? apakah dari batu bara? sy mau download buku asam humat yg ad di blog anda koq tidak bisa ya? bolehkah sy mndapatkan informasi lebih ttg asam humat ini? mohon dibalas ya. terima kasih.

  27. Salam Pak Isroil tanpa L

    Njenengan ada MSDS nya untuk Asam Humat Cair produksi njenengan ?

  28. Salam Kang Isroi Tanpa L

    Njenengan ada MSDS untuk Humic Acid Cairnya ?

  29. as wr wb salam kenal mas Isroi< maaf apakah asam fulvat merupakan hasil samping dari extraksi asam humat? maaf< setau saya begitu

  30. adakah produk yg bisa digunakan untuk tanaman air/akuarium, yg tentunya aman bagi flora fauna nya ?

  31. Mohon iformasi, apakah asam humat cair lebih efektif dari asam humas padat, dan produk asam humas padat semakin lama penyimpanan akan semakin tinggi komposisinya, mohon penjelasan. Terimakasih.

  32. Pak isroi saya punya produk asam humat tapi sudah lebih dari 5 tahun. Apakah masih bagus untuk digunakan? Sebagai informasi pH asam humat itu 8 berdasarkan analisa th 2015 yg lalu. Tapi dulu pernah ada ahli organik yg mengatakan pH asam humat harusnya asam. Jd akhirnya kami belum berani memakai kembali asam humatnya. Mohon sarannya

    • Asam humat bisa awet lama sekali. Namanya memang asam humat tetapi pHnya tinggi karena proses ekstraksinya pakai basa. Menurut saya asam humat itu tetap bisa dipakai.

  33. assalamualikum mas, saya mau tanya, kebutuhan AH nya untuk tanaman kedelai per ha nya berapa liter (untuk di tanah ultisol) ?
    Apakah stoknya masih ada? terimakasih 🙂

    • Wa’alaikum salam. Perhitungannya: dosis asam humatnya 10-15 cc per liter air. Penyemprotan 1 ha membutuhkan kurang lebih 10 – 15 tanki (ukuran 14 liter), kebutuhannya kurang lebih 3.5 liter per sekali semprot.

      • Untuk aplikasi penyemprotannya berapa kali ya mas dari awal tanam smpai panen utk tanaman kedelai tsb? Dan kenapa tidak satu kali aplikasi saja? Lalu cara penyemprotannya , disemprotkan kemana? Ke tanah kah atau ke tanamannya? mohon jawabannya mas terimakasih 🙂

  34. salam mas isroi,, apakah ada standarisasi asam humat ? mohon informasinya

  35. Pak saya mau beli bbr produk bapak.. colcicine. Poc.asam humat.probiotik tanah.. saya sudah caba hubungi pa manto tapi belum ada tanggapan.. swkalian mohon di jwlaskan tentNg takaran kolcicine untuk cabe.. 1500 bibit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s