Sepeda Kuning di Hepan Halte Chalmers

sepeda kuning goteborg

Hari kedua setalah menghirup segarnya udara Göteborg, kami langsung ke kampus-Chalmers University of Technology. Beruntung saya dapat apartemen di Västra Frölunda. Persis di samping halte tram Frölunda torg (bacanya: frolunda tori). Kalau mau ke kampus tinggal turun, lalu naik Tram No. 7 atau No. 8. Sekali jalan, kira-kira 25-30 menit sudah sampai di depan halte Chalmers.

Saya naik tram di gerbong belakang, jadi turunnya dekat ujung halte. Waktu saya turun, sekilas saya lihat ada sepeda di parkir di ujung dekat pagar, sepeda warna kuning.

Sepeda merupakan salah satu sarana transpotasi yang digemari Göteborg. Meskipun sarana transportasi publik sangat bagus di Göteborg, sepeda banyak pengemarnya. Salah satu alasannya adalah untuk olah raga. Sepeda memaksa mereka melakukan gerakan otot yang membuat tubuh mereka jadi sehat.  Prof Anders, salah satu dosen di kemi setiap hari selalu naik sepeda dari rumahnya yang jaraknya sekitar 5 km.

Alasan lain adalah karena sepeda lebih ramah lingkungan. Orang Swedia sangan memperhatikan enviroment suistainability . Dengan menggunakan sepeda, berarti membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Karena alasan ini pemerintah kota Göteborg juga menyediakan penyewaan sepeda di sekitar kota.

Sebagian mahasiswa Indonesia juga ada yang memilih naik sepeda, tetapi alasannya beda. Mahasiswa pilih naik sepeda untuk menghemat biaya transportasi. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa yang biaya kuliahnya dari yayasan ADB*). Biaya bulanan transportasi publik dengan Vasttrafik adalah 445 SEK, atau sekitar Rp 500ribuan. Sepedanya beli yang secondhand, yang harganya sekitar 500 SEK. Dengan naik sepeda lumayan untuk tambahan menyambung hidup.

Sepeda baru harganya lumayan tinggi. Harga sepeda yang paling murah sekitar 2000 SEK. Rata-rata sekitar 3000-4000 SEK. Kalau sepeda listrik sampai 8000 SEK. Model & bentuknya sih biasa-biasa saja. Cuma kelihatan lebih kokoh, besar, & awet. Ada sepeda yang bentuknya dimodifikasi. Accesoriesnya pun juga  macam-macam. Ada sepeda yang dilengkapi tempat untuk bayi, atau gandengan khusus bayi.

sepeda khusus keranjang bayi

***
Kira-kira sebulan sudah saya di Göteborg, hari terus berlalu dan setiap hari turun di halte tram Chalmers. Sepeda kuning itu masih saja ada di tempatnya semula. Aku mulai tertarik dengan keberadaan si sepeda kuning ini, karena waktu aku datang dan pulang masih setia di tempatnya semula. Siapa pemiliknya & kenapa  ditinggal di halte Chalmers, pikirku.

Sepeda itu ditinggal tanpa dikunci, tidak seperti sepeda-sepeda lain yang digembok dengan gembok  spesial. Kalau ada orang yang punya niat buruk, dengan mudah  bisa membawanya pergi. Aku perhatikan sepedanya masih bagus, kualitasnya lumayan, harga barunya mungkin sekitar 3000an SEK.

sepeda kuning goteborg

Hari minggu aku ke kampus untuk sedikit ‘exercise’ di student union. Agak kaget juga waktu sepeda kuning itu sudah tidak ada di tempatnya. Mungkin pemiliknya sudah mengambilnya, pikirku. Ternyata pikiranku salah, sepeda itu cuma pindah tempat bersandar. Kalau sebelumnya dia bersandar di pagar halte, sekarang bersandar di tiang listrik.  Cuma seberang jalan halte, jaraknya sekitar 20an meter.

Sepeda kuning itu seperti merana tidak bertuan. Seperti menunggu seseorang yang turun dari tram. Menunggu di dinginnya kota Göteborg. Andaikan ada tulisan ‘Varsagod och ta’, pasti sudah ku manfaatkan dikau, hai…sepeda kuning yang kesepian.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

4 responses to “Sepeda Kuning di Hepan Halte Chalmers

  1. mungkin itu sepeda milik umum mas, hehehehehe karena warnanya kuning. ojeg tanpa pengojeg, jadi bawa sendiri dan kalau sdh make dibalikin lagi….

  2. Mungkin mirip Sepeda Hijau WISMILAK di UGM itu mas. (kelingan kadang sih sering pinjem di kantor SKK dekat Sarjito)

  3. KAsihan sepeda itu… tidak punya sanak saudara.. wkwkwk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s