Kecap Uenak Tenan dari Pati

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau di kota Pati ada kecap yang uenakkk tenan. Namanya Kecap Tiga Keong. Kecap manis dengan citarasa spesial. Rasanya manis, gurih, dan ada citarasa khas yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.

Kecap ini cocok untuk penyedap masakan, sepertI nasi goreng atau tumis. Kecap ini enak juga untuk makan krupuk, tahu goreng, atau tempe goreng. Satu ‘dhulit’ saja sudah cukup membuat lidah bergoyang.

Proses pembuatan kecap in masih mempertahankan teknik asli pendirinya. Proses memasaknya masih menggunakan wajan besar dengan kayu bakar. Fermentasinya juga masih menggunakan gentong khusus. Tidak ada bahan pengawet sama sekali yang ditambahkan.

Meskipun sudah terkenal enak, tapi kecap ini masih dibuat dengan skala UKM. Produksinya belum besar & pemasarannya masih terbatas di karisidenan Pati. Kata pemiliknya, pemerintah daerah tidak memperhatikan & membantu perkembangan usaha ini.


Proses Perebusan Gula Jawa


Fermentasi dengan genthong khusus


Persiapan bumbu-bumbu

Kalau kebetulan Anda lewat kota Pati, rasanya tidak lengkap kalau tidak membawa “Kecap Cap Tiga Keong”. Kecap ini bisa dibeli di toko-toko kelontong di Kota Pati. Atau datang saja ke pabriknya yang ada di jl. Diponegoro, dekat dengan tugu, patung Garuda. Masuk saja di rumah yang ada pintu gerbang besar. Sambil membeli, Anda bisa lihat-lihat proses pembuatan kecap.


Pemilik Kecap Cap Tiga Keong

This slideshow requires JavaScript.

One response to “Kecap Uenak Tenan dari Pati

  1. Pingback: Membuktikan Sendiri Khasiat Bawang Putih | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s