Mengetik dengan Suara

Kalau pekerjaan Anda banyak berhubungan dengan tulis-menulis, seperti wartawan, dosen, sekertaris, pengarang/penulis, redaksi, editor, atau peneliti, saya yakin akan sangat terbantu dengan aplikasi ini. Dengan perkembangan teknologi gadget yang demikian pesat, aktivitas menulis sekarang bisa dilakukan hanya dengan suara. Salah satunya adalah aplikasi milik Mbah Google yang ada di Android: Google Drive. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini gratis-tis.

Perangkat yang Anda perlukan hanyalah HP atau tabled dengan OS Android yang terhubung dengan internet. Perangkat yang ada di gemgaman tangan ini semakin mempermudah pekerjaan kita. Menulis bisa dilakukan hampir di mana saja. Anda bisa menulis ketika sedang naik taksi, naik kereta, di menunggu di lobbi, atau bahkan ketika sedang santai berjemur di pantai. Caranya pun sangat mudah sekali.

Pertama, pastikan Andoid Anda sudah terhubung dengan internet. Entah pakai WiFi atau pulsa internet. Kedua, install Google Drive. Klik Google Play dan search ke Google Drive. Setelah ketemu aplikasinya segera install saja. Langkah ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Langkah berikutnya yang penting adalah mengeset default bahasa Android. Jika anda ingin mengetik dalam bahasa Indonesia, setting bahasa defaultnya harus bahasa Indonesia. Jika Anda ingin mengetik dalam bahasa English, setting default bahasanya harus dalam bahasa English. Begitu juga untuk bahasa-bahasa yang lain.

Buka aplikasi Google Drive. Kemudian, klik New Documents. Maka akan terbuka halaman kosong baru. Sentuh layar sekali, langkah ini akan memunculkan virtual keyboard. Nah, di bagian bawah, di samping tombol space ada icon loudspeaker. Klik icon loudspeaker ini. Setelah itu, Anda tinggal ngomong dan Andoid akan mengubahnya dalam bentuk teks. Bicara Anda jangan terlalu cepat dan dengan intonasi yang jelas. Ketika saya mencoba menulis dengan cara ini, hampir semua omongan saya ditulis dengan benar oleh Google Drive.

Proses pengetikan tergantung dengan koneksi internet dan chip yang ditanam di dalam gadget Anda. Jika koneksi internetnya bagus, proses mengetik bisa cukup cepat. Sayangnya saya belum ketemu cara untuk menyisipkan tanda baca dengan suara, seperti titik (.), koma (,), spasi ( ), titik dua (:), dan lain-lain. Tanda baca ini masih di-insert secara manual. Meskipun begitu, aplikasi ini sangat membantu.

Selamat mencoba.

Baca juga: Menulis dengan Suara

Advertisements

4 responses to “Mengetik dengan Suara

  1. mas, kalo di PC komputer bsa g?

  2. sy udah install mas di PC tp microfonnya g iso konek

  3. Pingback: Mengetik dengan Suara di MacBook | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s