Mengetik dengan Suara di MacBook

mengetik dengan suara

Fasilitas mengetik dengan suara/dikte pada MacBook air. Sangat mudah dan lebih baik daripada dengan Android. (Foto koleksi pribadi)

Sebelumnya saya sudah pernah mencoba mengetik dengan suara dengan menggunakana Smartphone Android (Baca dilink ini: Mengetik dengan Suara dan Tips Android: Menulis dengan suara). Fasilitas-fasilitas itu bisa digunakan untuk belajar pronunciation bahasa Inggris. Namun ada satu kendala pada fasilitas Android ini, yaitu salah satu syaratnya harus terhubung dengan internet. Kalau tidak ada jaringan internet, kalau tidak ada pulsa interenet, maka kita tidak bisa menulis dengan suara dengan menggunakan Android.

Sudah cukup lama saya mengetahui kalau Apple sudah lebih maju untuk masalah ini. Beberapa tahun yang lalu mereka memperkenalkan SIRI, tapi saya belum mencobanya langsung. Saya pernah coba pakai fasiltias ini pada iPad dan iPhone, tapi karena saya jarang menggunakan gadget ini, saya juga jarang menggunakan fasilitas mengetik dengan suara pada gadget Apple.

Sekarang saya mencoba fasilitas ini pada MacBook Air. Dalam pikiran saya, pastilah fasilitas ini di MacBook Air lebih lengkap daripada di iPhone dan iPad. Ternyata memang benar. Bahkan mengetik dan memerintah dengan suara bisa dilakukan hampir di semua aplikasi yang ada di MacBook. Aplikasi-aplikasi yang membutuhkan input teks bisa menggunakan fasilitas ini: MS Word, Page, Safari, Evernote, Main, dan lain-lain.

Saya coba dengan Page dan MS Word, aplikasi yang sering digunakan untuk menulis. Agar bisa mengenali bahasa Indonesia, saya ganti dulu setting bahasanya menjadi bahasa Indonesia. Soalnya jika setting bahasanya bahasa Inggris, dan kita ngomong dengan bahasa Indonesia, Apple akan salah menerjemahkannya.

Misalnya menggunakan MS Word. Buka dokumen baru, lalu klik menu Edit>Start Dictation atau pencet tombol fn fn. Langkah ini akan memunculkan icon microphone kecil di sisi kanan aplikasi. Cobalah untuk mengatakan sesuatu. Setelah jeda ngomong Apple akan langsung menerjemahkannya dalam tulisan. Tulisannya hampir 100% tepat. Hanya sedikit kesalahan, mungkin karena ada suara-suara lain yang ikut masuk.

Hebatnya lagi, Apple bisa menerjemahkan tanda baca. Kalau kita ngomong ‘titik’ maka yang ditulis adalah ‘.’, ‘koma’ yang ditulis ‘,’. Hebat. Waktu saya coba di Android, saya selalu gagal menambahkan tanda baca.

Saya juga masih tetap bisa menulis dengan suara meskipun suasananya sedikit berisik, bukan berisik banget lho. Apple bisa menyaring suara-suara yang masuk dan menerjemahkannya menjadi teks. Ini juga gagal dilakukan dengan Android. Kalau mengetik dengan suara di Android mesti dilakukan di tempat yang tenang dan sunyi senyap.

Fasiltias ini akan sangat membantu bagi orang-orang yang banyak bekerja dengan aktivitas tulis menulis. Apalagi menuliskan cerita atau laporan yang panjang. Apple bisa menjadi assisten pribadi yang hebat. Dalam suasana santai kita bisa ngomong apa saja yang terlintas di kepala. Hanya perlu sedikit bantuan keyboard. Setelah semua selesai, baru kita mengeditnya.

Advertisements

One response to “Mengetik dengan Suara di MacBook

  1. Pingback: Tips Android: Menulis dengan suara | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s