Tips Android: Menemukan Kembali Gadget Samsung Galaxy Anda yang Hilang

SAMSUNG Galaxy Note 3 Neo [N750] - White

Beli Smartphone Android Samsung Baru di Bhineka.com

Tidak perlu panik ketika HP, smartphone, atau tablet Samsung Anda hilang dicuri atau kelupaan. Samsung menyediakan layanan gratis untuk menemukan kembali HP Samsung Anda.

Jaman dulu kalau ada barang yang hilang, orang pergi ke dukun atau “orang pintar” untuk menemukan barangnya yang hilang itu. Si Dukun ini kemudian akan berkomat-kamit dan menggunakan ‘radar’-nya untuk menemukan barang yang hilang itu. Nah, di jaman sekarang tidak perlu ke dukun lagi. Syirik. Samsung memberikan solusi untuk menemukan HP Samsung anda yang hilang dicuri atau terlupa di mana menaruhnya.

Artikel ini saya tulis dengan menggunakan contoh Samsung Galaxy Note 2. Namun cara ini juga bisa dipakai untuk gadget samsung yang lain seperti HP, smartphone, atau tablet. Mungkin ada sedikit perbedaan menu pada gadget yang berbeda atau dengan versi Android yang berbeda.


Untuk gadget Android lain selain Samsung, baca di link ini: Menemukan Gadget Android Anda yang Hilang.

Jika Anda belum terdaftar ke akun Samsung, coba alternatif lain dengan masuk ke https://www.google.com/android/devicemanager menggunakan akun Google Play Anda.

Artikel lain tentang Android klik di sini: Tip-tip Android

Jangan lupa aktifkan juga PIN HP: Pentingnya PIN HP

Baca juga :

Menambahkan HP atau Gadget Samsung ke Akun Samsung

Untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod: Menemukan iPhone Anda yang Hilang


Banyak sekali pilihan yang bisa digunakan dengan fitur ini, yaitu: membunyikan HP Samsung Anda, mengunci, menemukan lokasi, meneruskan panggilan, melihat log panggilan, menghapus memori, bahkan mereset total HP Samsung Anda.



Sebelum dapat menggunakan fitur ini Anda harus sudah memiliki akun Samsung (Samsung Account). Biasanya pada saat pertama HP Samsung diaktifkan akan ada penawaran untuk membuat Samsung Account. Ikuti langkah-langkahnya dan aktifkan dengan mengkonfirmasi email konfirmasi yang dikirimkan ke alamat email Anda. Samsung Account juga bisa dibuat ketika Anda masuk ke Samsung Apps. Samsung Account akan ditambahkan pada menu Account di HP Samsung Anda. Samsung Account juga bisa dibuat melalui website Samsung di https://account.samsung.com/.


Jika Anda belum terdaftar ke akun Samsung, coba alternatif lain dengan masuk ke https://www.google.com/android/devicemanager menggunakan akun Google Play Anda.


Kedua, Agar aplikasi ini bisa dilacak, Anda perlu mengaktifkan GPS dan mengijinkan pelacakan oleh Samsung. Selain itu Wi-Fi atau Mobile Data (Data seluler) juga diaktifkan.Pengaktifan dua fitur ini memang akan sedikit memakan baterai dan pulsa Anda. Tetapi, jika dibandingkan dengan HP Anda yang hilang dan tidak ketemu, tentunya jauh lebih berharga.

Layanan dari Samsung ini ada di http://samsungdive.com atau http://findmymobile.samsung.com. Silahkan masuk ke website itu dengan menggunakan akun Samsung Anda. Secara otomatis HP Samsung yang anda miliki akan terdaftar di dalam http://samsungdive.com itu.

Samsung Dive
Tampilan website Samsung Dive.

Menemukan HP Anda yang Terlupa

Misalkan, Anda lupa di mana menaruh HP Anda. Salah satu cara untuk menemukannya adalah dengan membunyikan dering HP Anda. Anda bisa melakukannya dengan menelpon HP itu. Cara, kedua dengan memanfaatkan fitur di http://samsungdive.com. Di menu sebelah kiri terdapat pilihan “Deringkan Perangkat Seluler Saya”. Klik menu ini dan kemudian klik tombol ‘Dering’. Samsung Dive akan mengirimkan perintah ke HP Anda untuk berdering. Ketika HP Anda bersuara, Anda akan dengan mudah menemukannya.

Samsung Dive
Menderingkan HP Samsung Anda.

HP Samsung
Tampilan screenshot layar HP Samsung Anda.

Jika HP Anda Dicuri

Tidak ada yang mengharapkan HP kesayangannya dicuri orang. Namun, musibah bisa saja terjadi. Jika HP Samsung Anda dicuri orang, jangan terburu-buru panik. Masuk saja ke http://samsungdive.com.

Ini langkah-langkah yang saya sarankan untuk menemukan HP Anda yang dicuri orang. Pertama: kunci HP Anda, sehingga HP itu tidak bisa digunakan lagi. Kedua, temukan lokasi HP Samsung Anda. Fasilitas GPS yang adai di HP bisa menentukan lokasi Anda dengan tepat. Saya sudah mencobanya dan Samsung Dive bisa menentukan lokasi saya tepat sekali, radius kesalahannya kecil sekali. Berikutnya, jika posisi Anda dekat segera deringkan HP Anda. Jika posisi Anda jauh, coba menuju lokasi ponsel Anda itu dalam jarak beberapa meter, baru kemudian dideringkan. Anda pasti mengenal sekali suara dering HP Anda. Anda bisa dengan cepat menemukan orang yang mencuri HP Anda.

Menu-menu untuk mengunci, menemukan lokasi, dan menderingkan HP Samsung Anda ada di menu kiri website http://samsungdive.com.

Samsung Dive
Mengunci HP Anda, sehingga tidak bisa digunakan sebelum dibuka penguncinya.

Samsung Dive
Menemukan lokasi posisi HP Samsung Anda dengan tepat.

Samsung Dive
Jarak antara posisi Anda sekarang dengan posisi HP Anda.

Jika HP Anda benar-benar tidak bisa ditmukan

Jika semua upaya tidak juga berhasil menemukan kembali HP Anda, padahal di dalam HP Anda terdapat banyak informasi pribadi yang sangat berharga, atau bisa membahayakan diri Anda jika diketahui orang lain, Anda bisa menghapus dan mereset ulang HP Samsung Anda.

samsung dive
Menu untuk menghapus dan mereset ulang HP Samsung Anda.
***
Jadi jika HP Samsung Anda hilang, jangan lagi pergi ke dukun, tetapi masuk saja ke http://samsungdive.com dan temukan HP Samsung Anda.

Catatan: saya mencoba tip ini di HP Samsung dengan OS Android. Saya tidak tahu apakah bisa juga digunakan untuk HP Samsung yang lain selain OS Android.

Selamat mencoba dan jangan khawatir lagi HP Anda hilang atau terlupa.
Baca juga tips-tips Android lain di: Tips Android.

Advertisements

431 responses to “Tips Android: Menemukan Kembali Gadget Samsung Galaxy Anda yang Hilang

  1. mau nanya, hp sya baru hilang kemarin malam, terus sekarang masih dicoba buat ngelacak tapi ga kedetect, kalo di cari memakai email masih bisa yaudah saya coba buat ngunci lewat google, itu bagaimana? apabila gps atau hp tersebut nyala?

  2. Terimah kasih samsung (ngak kalah canggih dg i phone)

  3. jadi gimana min kalo misalnya si pencuri me reset ulang semua data nya? dikembalikan ke pengaturan pabrik itu. kan pasti akun samsungnya otomatis keluar?

    • teknologi android skrng sudah cangih (OS 5.1 ke atas) sudah d bekali semacam icloud kyk iphone. jd setelah di reset pabrikan. maka HP akan d suruh log in ke akun/email lama.kl ndak ya gk bs di pakai.

      • iPhone memang lebih canggih dari hp yang lain untuk masalah sekuriti. Makanya itu iPhone tidak disukai oleh pencuri atau penjambret.

  4. Kalau posisi hp mati gmna gan caranya..tdi hp saya hilang..d tlvn udah gak bisa

  5. maaf mau nanya kalau hp ilang di curi tapi udh lama apa bisa di cari ga pake kode hp nya ?karena hp saya akun google nya udh di blokir sma pencurinya kartu nomor nya di buang, tpi pas 2 hari di curi pas waktu itu nomor saya aktiv kmbli tapi minta plsa keorang orng terdekat saya sekarang hp nya ga aktv kmbli gmana cara ngelacaknya kembali kalau ga pake akun google hp saya samsung galaxy grand neo mohon bantu terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s