Seni Berfikir Kreatif – Robert W. Olson

image


Baca catatan buku yang lain: BUKU


Berfikir kreatif adalah sebuah ketrampilan. Seperti halnya ketrampilan-ketrampilan yang lain, ketrampilan berfikir pun bisa dilatih. Berbagai metode berfikir untuk melahirkan ide-ide kreatif disampaikan oleh para ahli berfikir. Salah satunya metode yang diuraikan oleh Robert W. Olson.

Saya membeli buku ini ketika masih sekolah SMA dulu, lebih dari 20 tahun yang lalu. Saya baca dan coba saya praktekkan. Menarik. Saya perlu mencoba berulang2 dan bertahun2 agar terbiasa mempraktekannya. Buku itu pernah ‘raib’ entah ke mana, sampai saya menemukan kembali pada tahun 2000 di sebuah pameran buku. Alhamdulillah.

Buku ini menarik karena metodenya mudah dipraktekkan. Berbeda dengan buku2 Erward D. Bono yang sulit bagi saya untuk mempraktekannya.

Buku ini diawali dengan konsep tentang kreatif. Definisi kreatif bisa saja berbeda2 untuk setiap orang, setiap bangsa, mungkin juga setiap kepala. Mengapa ada orang yang dijuluki kreatif? Kemudian apa yang disebut apa yang disebut ide kreatif.

Bahasan berikutnya adalah hambatan2 untuk berfikir kreatif. Seringkali hambatan itu ada di dalam diri kita sendiri. Parahnya sulit bagi kita untuk mengenali dan mengetahuinya.

image

Selanjutnya adalah tentang proses kreatif yang disengaja. Banyak orang yang menyangka kalau ide2 kreatif datang dari langit atau wangsit. Proses kreatif dan ide kreatif bisa dihasilkan secara sengaja dan sadar. Proses kreatif bisa dilakukan secara individu, kelompok, maupun perusahaan. Itulah tujuan utama buku ini.

Buku ini menguraikan tentang katalisator untuk merangsang dan melahirkan ide-ide kreatif. Robert menyebutnya sebagai Katalisator 4 M.

Jika Anda ingin tahu apa itu 4M. Bacalah buku ini……hehehehe….
Selamat membaca.
 

Advertisements

5 responses to “Seni Berfikir Kreatif – Robert W. Olson

  1. Jadi penasaran Pak. 4M:membaca,menulis,mengkaji dan mempublikasi???

    • Hehehe….kpn2 dilanjutin ulasannnya.

      • serius Pak bikin penasaran. Ini mau buat tulisan mikiran ide kok terkunci dalam kotak hitam… saya seneng lihat blog Bapak. Semakin aktif di blog ya Pak? Sama saya kangen Bu Isroi, kapan2 mau denger cerita bertemakan Bu Isroi.

      • Salah satu tipnya adalah mengali ide sebanyaknya. Buat list ide dan jangan mengkritik ide. Bahkan ide yang paling konyol, gila, dan naif sekalipun. Biarkan ide2 itu mengendap di pikiran bawah sadar kita. Lupakan ide2 itu. Lakukan aktivitas santai yang lain. Kemudian, cobalah kembali ke ide2 itu lagi dan lakukan evaluasi kritis terhadap ide2 itu. Buang ide2 yang tidak berguna atau gunakan ide2 yang ada untuk membuat ide baru. Atau gabungkan beberapa ide. Nanti akan ketemu sendiri ide yg kreatif. Langkah berikutnya adalah proses yang paling sulit: mewujudkan ide itu.

      • sip, makasih Pak. M yang Mewujudkan ide itu memang gak mudah Pak. Seringkali perlu dirangsang dengan tulisan2 yg enteng dan pendek dulu… baru ke tulisan yg mengerutkan jidat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s