Tips Android: Google Doc; Aplikasi Gratis Pengolah Kata dari Mbah Google

Pengolah kata (word processor) sudah menjadi aplikasi yang wajib ada di Smartphone Android. Smartphone bisa dipakai untuk membaca, membuat, dan mengedit dokumen. Aplikasi semacam ini sudah mulai ada sejak beberapa tahun yang lalu, dan kini Mbah Google pun meramaikan Google Play dengan aplikasi Word Processor besutannya sendiri, namanya Google Doc. Namanya sama seperti versi on-line.

Aplikasi ini akan sangat berguna bagi pengguna Smartphone Android yang banyak bekerja dengan tulis menulis, seperti: sastrawan, wartawan, penulis, dosen, mahasiswa dan pengajar. Pekerjaan menulis yang dulu dikerjakan dengan mesin tik bisa dikerjakan dengan Google  Doc. Meskipun sederhana aplikasi ini memiliki fitur2/menu untuk mengatur font, paragraf, dan bisa membuat table. Tapi belum bisa menambahkan foto dan gambar.

Salah satu kelebihan aplikasi Google Doc adalah terintegrasi dengan Google Drive. Dokumen yang kita buat bisa disimpan langsung di Google Drive, bisa berbagi dengan kolega, dan bisa diakses di mana saja dengan platform yang berbeda-beda. Syaratnya tentu harus terhubung dengan internet.

Misalnya Anda membuat dokumen ketika dalam perjalanan dengan menggunakan Google Doc. Dokumen tersebut bisa disimpan di Drive dan kemudian di download untuk diedit dengan PC atau laptop.

Wordprocessor Google Doc ini masih sederhana. Fitur2 dan menu2nya belum selengkap Microsoft Word atau aplikasi dekstop lainnya. Namun fitur2 dasar sudah tersedia seperti: pengaturan font (jenis huruf, ukuran, bold, italic), pengaturan paragraf dan pengaturan numbering dan index. Google Doc mampu menambahkan tabel di dalam dokumen. Namun belum bisa menyisipkan gambar/image.

Seiring dengan berjalannya waktu, saya yakin aplikasi Google Doc atau aplikasi lain semacamnya akan semakin berkembang. Fitur2nya akan semakin lengkap. Smartphone Android akan menggantikan peranan NetBook.

Advertisements

2 responses to “Tips Android: Google Doc; Aplikasi Gratis Pengolah Kata dari Mbah Google

  1. ini google doc ya buka google docS? beda kah? kalo google docs kan bisa excel bisa ppt bisa doc juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s