Cerita di Jalanan Kota Bogor: Matot di Gunung Batu

Bogor sudah dinobatkan sebagai kota termacet di Indonesia. Ada banyak cerita ketika menyusuri jalanan kota Bogor sambil menikmati kemacetannya. Salah satunya yang parah adalah kemacetan di pertigaan Gunung Batu.

Posisi pertigaan Gunung Batu memang unik, dari arah bawah adalah jalan menanjak tajam, dari arah barat laut adalah pasar gunung batu, dari arah selatan Pasir Kuda. Nah di tengah pertigaan ini ada taman batas berbentuk segitiga. Tidak ada traffic light di pertigaan ini. Pasir Kuda salah satu rawan macet. Pasar Gunung Batu juga rawan macet. Arah Merdeka yang relatif aman dari macet.

Pertigaan ini sangat rawan macet karena merupakan jalur tiga angkot, angkot No. 2 dan 3, angkot no. 5, 5A, dan angkot No. 14. Angkot No. 5, 5A dan 14 sering ngetem di tengah pertigaan ini. Tahu sendiri kan sopir angkot? Kalau berhenti sembarangan dan menutupi jalan mobil lain.

Ini awal mula kemacetan total di pertigaan Gunung Batu. Angkot No. 5 dan 14 mulai ngetem di pertigaan. Posisinya maju pelan2 dan menutupi jalur arah pasir kuda. Angkot yang belakang dari arah pasar Gunung Batu terus merangsek ke depan dan menutupi jalan dari arah bawah. Akibatnya mobil dari bawah berhenti. Efek domino. Mobil dari arah pasir kuda ikut tertahan. Posisi mobil jadi terkunci, maju tidak bisa mundur tidak bisa.

Ketika posisi sudah macet seperti ini, semua mobil akan berhenti dan semakin mengular. Mobil praktis tidak bergerak. Motor tidak bisa jalan. Sepeda diam saja. Bahkan orang pun susah dapat celah untuk berjalan. Terutama yang dari arah bawah. Bener-bener matot alias macet total.

Kondisi ini bisa terjadi sampai berjam-jam. Andaikan Anda mau lewat pertigaan Gn Batu dan kemacetan sudah sampai di dekat jembatan bawah sebaiknya Anda putar balik. Cari jalur alternatif. Jika Anda terjebak di tengah kemacetan bisa berhenti sangat lama.

Kemacetan bisa sangat panjang sekali. Kemacetan dari arah bawah bisa sampai ke jembatan, dari arah gunung batu bisa sampai Loji, dari arah pasir kuda bisa macet sampai Pasir Kuda-Bojong Menteng-Ciomas.

Parah sekali, kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s