Tips WordPress.com: Mengatur Waktu Tayang Posting

Salah satu kendala menulis di blog alias blogging adalah menjaga konsistensi untuk tetap menulis. Semangat menulis kadang-kadang naik dan turun. Kalau sedang mood ada banyak ide yang bisa ditulis. Tapi kalau sedang tidak mood, tidak ada kata-kata yang keluar dari tuts keyboard. Google dan Search Engine lainnya akan menilai blog kita, salah satunya, dari seberapa sering blog ini di-update. Semakin sering akan dinilai lebih baik. Karena itu kita perlu mengatur waktu tayang postingan di blog kita.

Saya juga demikian, kadang-kadang sangat bergairah menulis blog. Sehari bisa menuliskan 2-3 artikel, kalau sedang semangat. Kadang-kadang tidak ada yang tertulis sampai berhari-hari. Meski beberapa posting bisa ditulis dalam satu hari, sebaiknya postingan itu tidak ditayangkan di hari yang sama. Postingan dijadwal agar minimal bisa satu hari satu postingan. Ini lebih baik dari pada satu hari menayangkan 5 postingan, tetapi kemudian kosong satu minggu.

Semua aplikasi blogging masa kini memiliki fasilitas untuk mengatur waktu tayang sebuah postingan. WordPress.com pun memiliki fitur itu. Cara menggunakannya juga sangat mudah.

Di kolom paling kanan halaman admin penulisan posting terdapat menu Publish. Secara default menu ini disetting immediately. Klik Edit. Kemudian atur tanggal dan waktu tayangnya. Setelah selesai klik Ok. Ketika Anda menyimpan atau mengupdate postingan ini, secara otomatis postingan ini akan ditayangkan pada saat yang telah kita tentukan.

Selamat mencoba. Salam blogging.

waktu tayang wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s