Ngeblog di HP Smartphone dengan WordPress Mobile

Wordpress Mobile di HP Smartphone

Unduh aplikasi WordPress Mobile di Apple Store atau Google PlayStore

Aplikasi komputer sudah berpindah dari komputer dekstop ke perangkat mobile. Pekerjaan yang dulu hanya bisa dilakukan dengan komputer atau laptop, kini hampir semuanya bisa dilakukan hanya dengan HP Smartphone. Termasuk salah satunya aktivitas menulis blog atau Ngeblog di WordPress. Menulis dan mengupdate isi/kontent blog menjadi sangat mudah dengan adanya aplikasi WordPress Mobile. Aplikasi tidak hanya untuk para bloger kawakan, tetapi juga sangat mudah untuk para bloger pemula.

Aplikasi WordPress Mobile tersedia dan bisa digunakan hampir semua perangkat mobile. Mudahnya apapun perangkat mobile yang Anda gunakan bisa digunakan untuk ngeblog di WordPress dengan WordPress Mobile ini. Perangkat mobile berbasis Android, seperti: Samsung Tablet, Samsung Note, Oppo, atau pun perangkat mobile berbasis Apple, seperti: iPad dan iPhone juga bisa menjalankan WordPress Mobile. Download (unduh) aplikasi WordPress Mobile ini di Google Play Store untuk perangkat Android atau di Apple Store untuk perangkat Apple.

Setelah mendownload aplikasi WordPress Mobile ini langkah-langkah berikutnya sangatlah mudah. Jika Anda sudah memiliki akun di WordPress.com, tinggal login saja dan blog WordPress yang anda miliki akan muncul di aplikasi ini. Atau, Anda juga bisa membuat akun WordPress baru langsung dari aplikasi WordPress Mobile ini.

Saya kebetulan menggunakan iPhone. Tampilan WordPress Mobile di iPhone seperti gambar di bawah ini:

Wordpress Mobile di HP Smartphone

Tampilan WordPress Mobile untuk ngeblog dengan HP Smartphone


Tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti dan digunakan. Bagi saya, yang sudah 10 tahun ngeblog di WordPress.com, tampilan ini user friendly banget. Halaman yang pertama saya lihat biasanya adalah Statistik, karena saya ingin melihat kinerja blog saya terlebih dahulu.

Jika kita ingin menulis artikel baru bisa menggunakan menu Pos-pos Blog dan sentuh icon + (tambah) yang ada di pojok kanan atas. Tampilannya sangat sederhana dan sangat mudah digunakan. Seperti gambar berikut ini tampilannya untuk menuliskan artikel baru:

Wordpress Mobile di HP Smartphone

Ngeblog dengan WordPress Mobile di HP Smartphone

Kita bisa menambahkan apa pun di dalam artikel ini, seperti gambar, foto, animasi dan video yang ditanam (embbeded video). Format artikel pun juga bisa dilakukan di sini. Setelah penulisan artikel selesai, tinggal di-publikasikan. Mudah sekali.

Aplikasi WordPress Mobile ini sangat membantu sekali bagi para blogger dan penulis. Aktivitas menulis hampir bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ibaratnya, anda sedang be’ol pun tetap bisa menulis.Ide-ide menulis sering datang tiba-tiba, sayang kalau tidak segera dituliskan. Dalam kondisi tidak ada internet pun, kita tetap bisa menulis artikel baru. Jadi, tidak masalah jika kebetulan Anda sedang di gunung dan tidak ada internet, tetapi pingin nulis sesuatu. Tulis saja, selesaikan dan bisa dipublikasikan ketika sudah ada koneksi internet.

Aplikasi WordPress Mobile juga menyediakan fasilitas untuk berbagai kontent blog ke berbagai sosial media, seperti: Facebook, Google+, Instagram, Line, Whatsapp, e-mail atau media lainnya. Gampangnya, tinggal tunjuk-tunjuk saja isi kontent blog kita bisa segera tersebar di berbagai media sosial.

Wordpress Mobile di HP Smartphone

Tampilan WordPress Mobile di HP Smartphone

Wordpress Mobile di HP Smartphone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s