Catatan-Catatan Umroh +3 +9 +3 – Bagian 1

Muqodimah

Setiap orang Islam yang beriman, pasti ingin berkunjung ke Tanah Suci Makkah dan berziarah ke makan Rasulullah di Madinah. Apalagi menunaikan ibadah Haji, Rukun Islam yang ke-lima, setiap muslim tentu ingin menunaikannya. Sayangnya, waktu tunggu keberangkatan haji bisa belasan tahun sampai tiga puluhan tahun. Menunaikan ibadah umroh (haji kecil) mejadi alternatif untuk berkunjung ke Tanah Suci. Ibadah umroh juga salah satu sunnah Nabi. Rasulullah menunaikan ibadah umroh sebelum akhirnya menunaiakan haji penuh. Setiap hari ribuan orang Indonesia berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh ini.

Sudah lama sekali kami ingin berangkat umroh. Sampai suatu ketika rizqi itu datang. Kakak saya yang di Solo mengajak saya untuk berangkat umroh bersama-sama. Bulan empat tahun 2017 rencana keberangkatanya, sayang saya lupa memerpanjang pasport saya. Akhirnya saya tidak jadi berangkat bareng dengan kakak, saya berangkat sendiri di bulan 11, menjelang akhir tahun. Semua persayaratan sudah saya penuhi, pasport sudah diperpanjang, uang sudah dibayarkan. Kira-kira seminggu sebelum jadwal pemberangkatan saya mendapatkan kabar jika visa saya tidak bisa diproses, karena nama saya cuma satu kata. Saya harus merubah pasport dan menambahkan dua suku kata lagi. Karena waktu yang sudah mempet akhirnya saya batal lagi berangkat bulan 11.

Mundur satu bulan. Saya pun mengajak istri saya untuk berangkat bersama-sama. Kali ini kami mencoba mengurus passport sekaligus menambah nama. Entah, kenapa perpanjangan pasport yang mestinya mudah dan cepat, membutuhkan waktu cukup lama untuk selesai. Untuk yang ketiga kali-nya kami batal berangkat umroh di bulan 12. Oleh Ustad kami, kami disarankan ikut rombongan yang bulan Januari. Rencana keberangkatan sekitar pertengahan atau minggu ketiga januari. Semua persiapan dan persayaratan sudah kami penuhi, pasport sudah, nama sudah tigak suku kata, bayar sudah dilunasi. Tinggal nunggu jadwal pemberangkatan saja dari travel.

Seri tulisan ini adalah kumpulan catatan-catatan perjalanan kami selama melaksanakan ibadah umroh. Sebagian besar adalah kisah nyata yang benar-benar terjadi dengan sedikit bumbu agar lebih enak di baca. Sebagian nama kami samarkan dan sembagian lokasi juga kami samarkan.

Banyak kejadian sedih, gembira, menegangkan, lucu, mendebarkan, mengharukan, membahagiakan dan menyenangkan yang kami alami bersama. Meski catatan ini adalah catatan pribadi, semoga isinya bermanfaat untuk pembaca. Terutama pembaca yang belum pernah pergi umroh, atau sedang merencanakan umroh. Semoga tulisan ini bisa menjadi ‘rambu-rambu’ agar bisa survive selama beribadah sana.

Kami, terutama saya, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dari isi tulisan-tulisan ini. Mohon maaf jika ada yang tersinggung dengan isi tulisan ini.

Terima kasih dan selamat membaca.

1. Muqodimah
2. Manasik Terakhir
3. Penundaan Keberangkatan
4. Keberangkatan Hari Minggu
5. Tiga Hari di Hotel Negeri Sembilan
6. Jin-jin dan Setan Penunggu Hotel
7. Menunggu dengan Ketidakpastian
8. Akhirnya Berangkat ke Jeddah
9. Bergabung dengan Rombongan Ja’aah Madura
10. Menginjakkan Kaki di Masjidil Haram Pertama Kali
11. Umroh: Thawaf, Sa’i, Tahalul
12. Thawaf ke-2 dan Sholat di dalam Hijr Ismail
13. Perjuangan di Hajar Aswad dan Multazam
14. Cerita Tentang Mas Sugiono, Pemimpin Jama’ah Madura
15. Jin-jin di Makkah dan di Madinah
16. Belanja di Makkah
17. Ibadah Sepuas-puasanya di Masjidil Haram
18. Minum Air Zam-zam dan Kebutuhan Buang Hajat
19. Pak Gunawan Makan Daging Unta
20. Saling Berbalas Kentut
21. Jabal Nur dan Gua Hiro
22. Suasana Jalan-jalan di Makkah
23. Mau Diusir dari Hotel
24. Katering Orang Madura
25. Ketika Tubuh Mulai Drop
26. Tawaf Wada’
27. Berangkat Menuju Madinah
28. Madjid Nabawi, Raudah dan Makan Rasulullah
29. Suasana di Madinah
30. Berkunjung ke Jabal Uhud
31. Pemakaman Baqi’
32. Katering di Madinah
33. Belanja di Madinah
34. Salam Perpisahan
35. Kami akan Kembali Lagi, Insya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s