Tamu dari Sumedang

Hari selasa siang, aku dan Dr. Agus Purwantara diminta menemani Kepala Balai, Dr. Darmono Taniwiryono, untuk menyambut tamu dari Sumedang. Tamu ini dari Kantor Penyuluhan Pertanian Kehutanan dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Semuanya berjumlah 8 orang, yaitu:

  1. Otong Iri, Ketua kelompok tani desa Pasireungit, Kec. Paseh
  2. Cucu Suharna, A.Md., BPP Paseh
  3. Ir. H. Endi S. BPP Paseh
  4. Apay Sutawijaya, BPP Conggeang
  5. Mulyadi Rohman, BPP Conggeang
  6. Agussalam, SP. Kantor Penyuluh Pertanian, Kehutanan, dan Ketahanan Pangan
  7. Drs. Emuh Emsudy. Kantor Penyuluh Pertanian, Kehutanan, dan Ketahanan Pangan

Dalam surat pengantar yang kami terima sebelumnya tujuan mereka datang adalah untuk mendengarkan penjelasan tentang PROMI dan produk-produk balai lainnya.

Setelah basa-basi sebentar, KaBalai memberi pengantar tentang sejarah balai, PROMI, dan produk-produk balai yang lain. Mereka sangat antusian mendengarkan penjelasan tersebut. Kami sampaikan pula VCD pengomposan jerami dari Pak Haji Zaka. Mereka lebih terkesan lagi, mungkin karena yang menyampaikan sama-sama petani, jadi lebih ‘nyambung’.

Beberapa komentar mereka tentang PROMI.
Menurut mereka PROMI sangat mudah, sederhana, dan lebih murah dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Mereka sudah sering membuat kompos jerami dengan menggunakan beberapa merek terkenal di pasaran. Produk-produk lain tersebut mensyaratkan banyak bahan-bahan tambahan, seperti: bekatul, kapur, molases, atau gula, dan urea. Belum lagi masih perlu naungan dan pembalikan. Selain itu harganya juga lebih dari 2 kali lipat harga PROMI.

Kemudahan lainnya adalah bisa dilakukan di tengah sawah dan hanya sedikit sekali membutuhkan tenaga dan biaya perawatan. Hasilnya pun lebih baik dari yang lain. Mereka bercerita bahwa kadang-kadang karena bahan untuk membuat kompos tidak lengkap, mereka tidak jadi membuat kompos.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan seputar pembutan kompos jerami, pertanian organik, masalah biaya, dan lain-lain.
Ketika pulang kami memberi sedikit oleh-oleh antara lain VCD Pengomposan Jerami yang boleh mereka perbanyak dan disebar luaskan dan masing-masing sekantong PROMI untuk dicoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s