Hidrolisis Asam Tandan Kosong Kelapa Sawit

Salah satu langkah penting biokonversi lignoselulosa menjadi etanol adalah hidrolisis. Saya sedang mencoba menghidrolisis tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dengan asam encer. Pada dasarnya TKKS sulit dihidrolisis dalam kondisi aslinya. Agar TKKS ini lebih mudah dihirolisis aku mencoba beberapa teknik pretreatment untuk membuka ikatan lignin. Hasilnya lumayan juga.

Ada dua sampel yang aku coba, dua-duanya sudah dipretreatment tetapi dengan metode yang sedikit berbeda. Ternyata hasilnya cukup mengejutkan. Pertama dari warna hidrolisat. Sampel A warnanya terang dan agak kekuning-kuningan. Kedua, warna sisa TKKS yang tidak terhidrolisis juga coklat terang, tidak jauh berbeda dengan warna TKKS sebelumnya. Hasil analisa gula pereduksi yang dilakukan oleh teknisi saya cukup mengembirakan.


Perbedaan cara pretreatment menghasilkan hidrolisat yang berbeda juga.

Sedangkan untuk sampel B warnaya coklat tua seperti teh ‘cemceman’. Sisa TKKS yang tidak terhidrolisis juga hitam. Jika dilihat dari hasil ini rasanya untuk sampel B konsentrasi gulanya lebih tinggi dari sampel A.


TKKS sisa hidrolisis dari sampel A, warnanya kecoklatan dan masih terlihat serat-seratnya.


TKKS sisa hidrolisis dari sampel B, waranya hitam dan terlihat lebih hancur.

Hasil analisa gula pereduksi untuk hidrolisat A mencapai 25 g/l atau sekitar 250 g/kg TKKS. Analisis untuk hidrolisat B belum selai dilakukan. Hasil ini cukup baik bila dibandingkan dengan hasil di beberapa publikasi ilmiah. Namun, hasil ini masih belum optimal. Aku sedang berusaha meningkatkan konsentrasinya. Harapanku sih bisa 2.5 – 3 kali dari konsentrasi sekarang.


Tambahan data baru:
Hasil analisa hidrolisat B mencapai 36 g/l atau 366 gr/kg TKKS. Hasil ini lebih tinggi 44% daripada hidrolisat A. Namun, baru kurang lebih separo dari total karbohidrat dalam TKKS yang terhidrolisis.

Hasil ini merupakan satu langkah ke depan. Tetapi belum optimal. Aku masih mencoba untuk optimasi lagi. Hari ini sudah dilakukan, dan semoga sore nanti sudah keluar hasilnya. Targetku bisa menghidrolisis kurang lebih 80% dari total karbohidrat.

Ternyata usaha ini tidak mudah.


Link terkait: Referensi lengkap selulosik etanol.


4 responses to “Hidrolisis Asam Tandan Kosong Kelapa Sawit

  1. asw.pak saya mw bertanya tentang proses hidrolisis keladi dengan HCl. saya bingung dengan konsentrasi HCl yang akan saya gunakan.selain itu kira-kira berapa perbandingan berat keladi dengan HCl dan air yang digunakan? ini berhubungan dengan penelitian saya

  2. Assalamu’alaikum..
    pak, saya mau tanya ni.. hidrolisisnya dilakukan satu tahap atau dua tahap? Saya juga melakukan penelitian tentang hidrolisis selulosa, dan saya menggunakan hidrolisis dua tahap. Hasilnya tidak beda jauh dengan sampel A, tapi tidak setinggi GP sampel B. Terimakasih..

    • Wa’alaikum salam.
      Perlu dioptimasi kondisi hidrolisisnya untuk kedua tahap, seringkali tidak sama. Variasikan kadar asam, lama hidrolisis, perbandingan antara padatan dan cairan, suhu, dll.
      Semoga membantu.

  3. terimakasih atas ilmunya karna saya sudah bisa membuatnya menjadi etanol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s