Ayam Bakar Lezat di Warung Sederhana, Subang

Setiap kali ke Subang saya selalu menyempatkan diri untuk mampir di sebuah warung kecil, tepatnya di pertigaan Kali Jati. Nama warungnya Warung Sederhana. Kalau dari arah Subang, warungnya ada di sisi kanan jalan. Saya sering mampir ke warung ini karena menu ayamnya sungguh lezat. Menu yang paling saya sukai adalah ayam bakar kampung dengan sambal trasi segar. Ayamnya ayam kampung, jelas lezat. Apalagi ditambah dengan sambal trasi, tambah lezat lagi. Hampir dapat dipastikan saya selalu ‘nambah’ kalo makan di warung ini.

Sambal trasi subang

Ayam kampung goreng atau bakar mungkin tidak banyak bedanya dengan warung-warung yang lain. Yang membuat ayam kampung bakar di warung ini menjadi istimewa adalah sambalnya. Sambalnya adalah sambel trasi segar (mentah). Saya sempat mengintip bagaimana ‘koki’ warung membuat sambal. Sambalnya dibuat dengan campuran cabe rawit merah, cabe rawit kuning, tomat sambal/sayur, garam, gula jawa, dan terasi yang sudah dibakar. Semua sambal kemudian diulek di atas cobek batu. Membayangkan saja sudah membuat air liur saya deras mengalir….hmmmmmmmmm…..

Ayam bakar hangat plus nasi putih hangat dan sambel terasi segar…..hmmmm …. sebuah panduan yang mak nyoss tenan. Saking nikmatnya sambal ini, biasanya kami selalu minta tambah dibuatkan sambal lagi. Nasinya pun bisa makan dua sampai tiga. Pokokknya, asalkan perut masih muat nambah terus.

Menu ini tambah lengkap dengan lalapan dan lauknya. Seperti halnya warung sunda yang lain, lalapan hampir selalu tersedia: petai, pohpohan, lenca, dan kemangi. Kadang-kadang tersedia juga daun mangga muda dan daun jambu mete muda. Sedangkan lauk yang tersedia adalah tempe dan tahu goreng.

Sopir yang mengantar kami paling suka dengan sambel terasi ini. Meskipun pedas sekali, dia bisa hanya makan sambalnya saja tanpa pakai makanan apa pun. Jika masih ada sambal yang tersisa dan tidak ada yang sanggup lagi memakannya, pasti Pak sopir yang menghabiskan. Padahal pedasya minta ampun. Rupanya rasa nikmatnya sambal bisa mengalahkan rasa pedasnya.

Sambal trasi subang

Kalo ada teman-teman yang sedang berada di Subang atau lewat kota Subang, jangan lupa untuk mampir ke warung sederhana ini. Silahkan buktikan sendiri kelezatan ayam kampung bakar dan sambal trasinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s