Sampah Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Akhir-akhir ini banyak yang berdiskusi denganku tentang pengelolaan sampah. Awalnya hanya tentang bagaimana mengomposkan sampah-sampah organik. Tetapi setelah aku dalami lebih jauh, ternyata pengomposan saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan sampah (lihat diposting ini). Ada banyak macam dan kategori sampah. Kompos hanyalah satu cara untuk mengatasi sebagian kecil dari sampah-sampah itu.

Sampah plastik
Sampah Plastik yang bisa di daur ulang


Sampah bukan MASALAH, SAMPAH ADALAH BERKAH.
Info lengkap pelatihan pengelolaan sampah klik disini: BERKAH DARI SAMPAH



Ada jenis sampah yang memiliki nilai cukup besar, yaitu sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Baik sampah organik maupuan sampan anorganik ada bagian yang bisa didaur ulang. Misalnya untuk sampah organik, ada kertas, kardus, buku, koran, dan lain-lain.

Untuk sampah anorganik ada sampah lastik yang jumlahnya melimpah. Kebetulan aku ketemu dengan Bapak-bapak pensiunan yang pernah kerja di pabrik plastik. Dia memang bukan di pabriknya tetapi di bagian marketing, pensiunan Marketing Manajer. Aku banyak bertanya padanya tentang perplastikan ini.

Ini pendapatnya. Pada dasarnya semua limbah plastik bisa didaur ulang. Nah..lho….jangan sia-siakan sampah plastik yang kita buang-buang selama ini.

Trus lanjutnya lagi, di Indonesia ada tiga jenis plastik yang banyak dimanfaatkan antara lain adalah: PVC, PE, dan PP (singkatannya aku ngak tahu semua). Plastik PVC biasanya untuk kemasan minuman, pipa dan lain-lain. PE biasanya untuk kantong plastik. dan PP adalah jenis plastik yang kuat dan keras. Ada lagi jenis plastik yang tahan panas, seperti HDPE dan lain-lain. Setiap jenis plastik ini katanya tidak bisa disatukan waktu daur ulang, makanya harus dipisahkan dan dikeolompokkan.

Baru sedikit yang saya tahu. Tetapi paling tidak ini bisa menjadi modal ketika aku membantu warga atau kelompok-kelompok masyarakat yang ingin mengelola sampah. Semoga bermanfaat.

Referensi lain yang mungkin juga Anda perlukan. Rekomendasi link: Free Ebooks.
buku gratis

Advertisements

30 responses to “Sampah Plastik yang Bisa Didaur Ulang

  1. Sebenarnya untuk masalah sampah plastik ini kita tidak usah repot karena para pemulung dengan senang hati mengambilnya untuk dijual kepada pengumpul sampah plastik, karena nilai ekonominya mash tinggi.Lain halnya di negara maju yang SDM-nya sudah mahal, pengumpulan sampah plastik ini biayanya dibebankan kepada produsennya.

    Fahmi
    Info buku referensi
    bukureferensi.wordpress.com

  2. Wah, wah, heboh lagi dong ama sampah plastik.
    PVC tuh klo gak salah tèh Poly Vinyl Chlorida. Hahaha. Kayaknya sy salah nulis deh…. Maklum otaknya dah tumpul gara2 nungguin kelulusan. :p.

    Wah yg aq bingung tuh Sampah Masyarakat yg ga d daur ulang tetep ada. Hahaha. :p.

  3. Masih banyak yang belum didaur ulang kemungkinan karena:
    1. belum tahu kalo plastik itu bisa didaur ulang
    2. belum tahu perusahaan mana yang mau menampung
    3. ngak peduli… ini yang paling parah…..

  4. Hahaha. Point k3 aq setuju!

  5. Ada yang lebih menarik lagi lho mas, plastik nabati…jadi plastiknya dapat terurai secara cepat (tidak perlu ratusan tahun). Btw, PVC (Poly Vynil Chloride) dan PE (Poly Ethylen) adalah bentuk polimer:).

  6. Selamat datang di blog saya. Semoga memberi inspirasi dan manfaat untuk Anda.
    Terima kasih informasinya. Tapi plastik jenis ini sudah ada tidak di pasaran. Atau bisa kirim contohnya ke saya.
    Terima kasih.

  7. mas makasih ya atas info sampahna, coz ni mau aku bwt tugas karya ilmiah di sekolah!!!!

    THANK YOU…..

  8. Iya mas…di pasaran susah dicari (dari dulu maupun sekarang) karena lebih mahal dari plastik biasa (akibat biaya produksi yang masih tinggi)…but itulah tantangannya, saya sempet browsing di internet dapat artikel (luar negeri) mengenai bioplastik yang setelah terdegradasi bisa menjadi biodiesel…sayang tidak dijelaskan cara pembuatannya. Ayo mas kupas juga ya…(tak tunggu lho infonya) 🙂

  9. Mampir2 ya ke website pendidikan lingkungan utk pelajar http://www.lenvy-online.com

  10. http://www.dml.or.id
    disitu ada yang namanya ecoplas, kantong plastik yang bisa cpt terurai, tp masih mahal ya, blom pernah coba pesen 😛

  11. oh ya jenis polutan yang dapat didaur ulang dengan yang tdak dapat didaur ulang apa2 aja yah???

  12. wah mz,,, bolet tahu tuh cara manfaatin limbah plastik biar lebih muidajh tetep aja lo dah dibuat asisanya jadi limbah lagi, la trus diapain biar bermanfaat smua

  13. wah mz,,, boleh tahu tuh cara manfaatin limbah plastik biar lebih mudah tetep aja lo dah dibuat sisanya jadi limbah lagi, lha trus diapain biar bermanfaat smua

    • Pertanyaan klasik dan sedang dicari solusinya. Memang hanya reuse aja, memperlambat proses menjadi limbah. Strategi yang sedang dicoba adalah membuat plastik yang biodegradable, misalnya dengan menggunakan PHA atau plastik sintetis dari jagung. Cuma masih muahal zekali.

  14. mas saya punya plastik pvc banyak klo butuh tinggal call saya aja, saya dapat limbah di karawang kiic

  15. bagaimana kalau kita semua, bangsa indonesia sharing tentang pengelolaan sampah plastik. saya yakin disekitar kita banyak sampah plastik. dalam benak saya plastik dapat kita daur ulang menjadi satu komoditas yang bisa untuk menunjang kehidupan kita. saya termasuk orang yang ingin sekali mengolah sampah plastik menjadi bijih plastik yang siap jual. namun yang belum saya temukan adalah mesin pencacah plastik. sedangkan untuk buatan pabrik sngatlah mahal. kebetulan saya bergerak dibidang pembuatan mesin-mesin produksi sederhana( tukang las gitu ). namun yang belum saya temukan adalah pencacah plastik. apakah dari rekan-rekan ada yang punya informasi tentang cara kerja, skema, bagan, atau model mesin pencacah plastik. angan-angan saya hanya satu, membuat mesin tersebut, kemudian menjual dengan harga murah, harapan saya setiap kampung memiliki minimal 2 mesin itu. sehingga tidak akan ada lagi masalah sampah plastik. Hijaukan Bumi Kita.

  16. Saya sangat tertarik tentang artikel diatas, kebetulan saya adalah pengumpul sampah sampah plastik untuk didaur ulang. JEnis plastik plastik yang saya perlukan berupa:
    PET : Semua merk minuman dalam kemasan (warana bening,biru, hijau) , botol kecap, sauce, dll
    PP : Semua merk gelas minuman dalam kemasan
    LD : contohnya bekas botol infus, tutup galon
    HDPE: Contohnya bekas botol olie, botol bekas shampo, botol bekas lotion, dll

    dan semua plastik plastik lainnya. harga beli bahan baku sampah plastik berbeda beda , menurut jenis & warnanya.

    Dapat menghubungi saya di 0855.1026377 atau 021.30338227 Thanks

    Bantuan teman teman untuk mengurangi sampah sampah plastik sangat diharapkan, agar sampah sampah tersebut dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat lagi sehingga kita dapat membuat lingkungan sehat di muka bumi ini.

  17. saya sedang mencari inspirasi mengisi waktu kosong saya… Saya tertarik dengan mengolah sampah yang akan di daur ulang.. khususnya plastik.. Tapi saya tidak tahu perusahaan yg mau menampung dah mengelola plastik tsb. Bila bapak tahu, mohon direkomenditkan ke saya sebagai pembulatan langkah saya. trims.

  18. sebenarnya semua sampah dapat di daur ulang , tinggal dari kita saja yang kreatif. misalkan kaleng, bisa dibuat t4 pensil (itu gambaran sederhana). misal lagi sampah organik bisa dimanfaatkan sbg pupuk kompos, yg berguna unt pertanian.,,,-

  19. bang saya mebutuhkan pabrik yang butuh bahan ld…barang ready stock

  20. bang,,,,saya punya ld ready stock….ada yang butuhkan ga,kalo bisa pabrik seh….????

  21. saya cari plastik film yang sudah tidak terpakai, jika ada, saya berani beli /1 kg Rp 7000.

    Saya lokasi di jakarta Barat, hub saya di no tlp : 08889681815

  22. limbah dan biji pp

  23. ada yang punya buku petunjuk cara pembuatan mesin pencacah sampah enggak?kalau ada minta donk,atau bisa dikirim lewat fach_rull@yahoo.com

    thanksss

  24. huammmmmmmmmmmm

  25. Paling tidak kita mulai dari rumah kita. Terutama ibu-ibu yang sering berurusan dengan sampah jenis ini. Setiap hari pasti belanja ke pasar kan? Pasti bungkusnya plastik. Maka plastiknya dikumpulin ya jangan dibuat bersamaan dengan sampah lainnya. Entar kalo pas pemulung lewat kasih ke dia. Ada dua manfaat dengan kegiatan ini yaitu
    1. kita sudah ikut mengatasi masalah sampah plastik ini sehingga tidak semakin banyak,
    2. kita mendapat pahala karena telah membantu orang lain lebih ringan pekerjaannya dalam mencari rejeki yaitu para pemulung.
    3. kita sudah ikut menyelamatkan bumi dari pencemaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s