‘Mahluk Halus’ di Akar Tanaman

Jangan pernah menyangka kalau di bawah tanah adalah dunia yang sepi, khususnya di daerah akar tanaman. Sesungguhnya wilayah ini adalah wilayah yang sangat ramai, sibuk, dan hirup pikuk. Kalau kita cabut akar tanaman, lalu kita bersihkan sisa-sisa tanahnya, maka di akar itu ada milyaran ‘mahluk-mahluk halus’ yang sedang sibuk bekerja.


Gambar-gambar di artikel ini diambil dari buku The Rhizosphere (J.M. Lynch, 1990) dan Soil Microbiology and Biochemistry (Paul and Clark, 1989). Dua buku yang menggugah minat saya tentang mikrobiologi tanah


akar_jagung
Mahluk-mahluk super kecil yang berkerumun di permukaan akar jagung. Foto ini diambil dengan pembesaran di atas 30.000x.

Mahluk-mahluk itu disebut makhluk halus karena tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Mahluk ini super kecil, untuk melihatnya perlu bantuan mikroskop dengan pembesaran kurang lebih 1000x. Karena ukurannya yang super kecil, mahluk ini juga disebut mahluk mikro atau mikroba atau mikrobia (mikro = kecil, bio : mahluk hidup). Dalam secuil akar saja terdapat milyaran mahluk-mahluk halus ini.
rhizosphere0001bb

Dunia ‘mahluk halus’ sama seperti halnya mahluk-mahluk raksasa yang ada di atasnya, manusia. Dalam hubungannya dengan akar tanaman, ada mikroba yang baik, ada mikroba yang jahat alias preman, dan ada juga mikroba yang biasa-biasa saja. Mikroba yang baik adalah mikroba yang bersahabat dengan akar tanaman. Mikroba yang jahat atau preman adalah mikroba yang suka berbuat jahat, suka merampok, bahkan ada yang membunuh tanaman. Sedangkan mikroba yang biasa-biasa saja, adalah mikroba yang jarang atau tidak berinteraksi secara langsung dengan akar tanaman.

Mikroba yang baik saling membantu dan saling bekerja sama dengan akar tanaman. Mikroba-mikroba ini membantu tanaman dalam menyerap sari pati makanan (unsur hara) dari dalam tanah. Misalnya saja, mikroba pelarut fosfat (P). Di dalam tanah umumnya P diikat oleh mineral liat tanah, sehingga sulit untuk ‘dimakan’ oleh tanaman. Nah…,mikroba pelarut P ini melepaskan ikatan itu, sehingga P menjadi mudah ‘dimakan’ oleh akar tanaman. Sebagai imbalannya, akar tanaman akan memberi makan pada mikroba-mikroba ini.

Ada juga mikroba yang menjadi sahabat karib tamanan. Misalnya saja Rhizobium (baca artikelnya di sini).

Mikroba yang jahat adalah mikroba yang suka merampok dan membunuh tanaman. Mikroba-mikroba ini memiliki senjata yang dapat masuk ke dalam akar tanaman. Setelah di dalam akar dia akan beraksi dan memporakporandakan akar tanaman. Kadang-kadang dia juga menerobos sampai ke bagian-bagian lain dari tanaman. Akibat dari serangan mikroba jahat tadi, tidak sedikit tanaman yang kemudian menjadi sakit. Kalau parah sakitnya, tanaman bisa mati. Jahat sekali ya.., mikroba ini.

Berikut ini adalah foto-foto “mahluk halus” baik yang hidup di akar tanaman. Foto-foto ini jelas mengambarkan hubungan yang sangat erat antara akar tanaman dengan mikroba-mikroba itu. Mereka hidup menempel di permukaan akar saling memberi dan saling berbagi dengan akar. Jadi keduanya saling memberi manfaat.

rhizosphere0001a
Gambar ujung akar. Tampak mikroba-mikroba berbentuk batang. Gambar inset adalah bagian akar yang diperbesar, tanpak bakteri-bakteri yang berukuran lebih kecil.

rhizosphere0001ba

rhizosphere0002c

rhizosphere0002d

rhizosphere0002c


Download literatur gratis: Download di sini | Recomended site: Gudang Ebook Gratis

donwload ebook gratis microbiology

3 responses to “‘Mahluk Halus’ di Akar Tanaman

  1. Yayan Nurdiansyah

    lam kenal pa isroi

    saya termasuk yang berminat mendalami dunia rhizosphere & mikrobiologi.
    apalagi diperkebunan sawit, saya rasa sangat baik sekali untuk diterapkan di perkebunan
    sawit. apakah sdh ada penelitian aplikasi pupukhayati di perkebunan sawit tanpa melalui
    aplikasi kompos yang didekomposisi mikroba terpilih

    Thank’s
    yanurs79@yahoo.com

  2. Terimakasih Pak Isroi
    Tambahan ilmu yang sangat bernilai bagi kami kaum petani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s