Keris Seharga Puluhan Juta Rupiah

aku_keris02Keris. Sebenarnya saya tidak terlalu paham dengan senjata warisan nenek moyang orang jawa ini. Sampai suatu ketika aku bertemu dengan salah seorang saudaraku dari solo. Saudaraku ini berprofesi sebagai pedangang keris. Dia menunjukkan padaku sebuah keris yang cukup istimewa. Katanya keris ini harganya sampai puluhan juta rupiah. Weleh-weleh….

kerisdetail03Keris adalah senyata tradisional dari tanah jawa. Senjata ini dulu sering dipakai oleh para bangsawan kerajaan. Bentuk keris sangat khas, mirip pedang pendek yang tajam di kedua sisinya. Di bagian bawahnya sedikit melebar. Ada keris yang meliuk-liuk bentuknya, atau istilahnya ada luk-nya. Tetapi ada juga yang tidak ada luk-nya. Bagian bawah keris tersebut biasanya diukir membantuk hiasan tertentu. Keris dibuat dari besi campuran yang ditempa berkali-kali. Hasil tempaan ini akan membentuk alur khas sepanjang keris yang disebut pamor. Konon keris ini juga ada ‘isi’-nya. Keris dapat memiliki kesaktian dan dapat memberikan pengaruh pada pemiliknya.

Aku coba mengamati keris tersebut dan mencoba mengetahui kenapa benda ini bisa memiliki harga sampai puluhan juta rupiah.

Panjang keris ini sekitar 40-50 cm. Rangkanya sangat istimewa, karena dibagian mukanya dihias dengan ukiran perak berbentuk bunga-bunga. Di ukiran bunga-bunga tersebut terpasang butiran-butiran berlian. Berliannya warnanya memang tidak putih, tetapi agak sedikit kuning. Meskipun begitu tampak artistik dan indah sekali. Di bagian atas rangka ini juga terdapat logo kerajaan surakarta.

kerisdetail02

rangka03b
Rangka keris yang sangat artistik. Detail yang indah. Ada logo kerajaan surakarta.

100_1476

rangka02

Ketika keris dibuka dari sarungnya, tampak keindahan yang lebih menajubkan lagi. Bagian tengah keris ini dilapisi emas yang diukir sangat indah. Ukiran berbentuk ular naga. Ekor naga berada di bagian paling ujung dan kepala naganya berada di bagian pangkalnya.

100_1484

keris011

Advertisements

Comments are closed.