Beberapa Teknik Membuat Pupuk Granul

pupuk organik Ada beberapa teknik membuat granul atau pupuk granul. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri dan juga memiliki tujuan khusus yang disesuaikan dengan jenis pupuk yang akan dibuat. Di bawah ini saya sebutkan beberapa teknik membuat pupuk granul yang saya tahu. Mungkin saja masih ada beberapa teknik lain yang belum saya ketahui. Semoga bermanfaat.

Pupuk Granul Umum

Cara paling umum yang digunakan untuk membuat pupuk granul adalah dengan mencampur semua bahan, kemudian dibuat granul dengan pan granulator. Perekat bisa saja ditambahkan pada saat pencampuran bahan (jika bentuknya padatan) atau disemprotkan pada saat granulasi (jika bentuknya cair). Komposisi granul akan merata ke seluruh granul. Membuat granul dengan cara ini adalah yang paling mudah.

granul_umum
Gambar pupuk granul yang umum

Penambahan Inti Granul

Inti granul ditambahkan untuk mempercepat pembentukan granul. Inti granul berbentuk butiran-butiran kecil, sekitar 1 – 2 mm, atau kerikil-kerikil kecil. Inti granul ini memiliki sifat untuk mengikat bahan pupuk organik ketika basah. Bisa saja ditambahkan perekat untuk meningkatkan pembantukan granul. Komposisi inti dan bahan pupuk organik bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ini biasanya ditentukan secara empirik.

Cara pembuatan granulnya kurang lebih seperti ini. Pertama inti granul ditambahkan ke dalam pan granulator. Kemudian dibasahi dengan perekat secukupnya. Bahan-bahan pupuk granul (berbentuk tepung) ditambahkan sedikit demi sedikit hingga terbentuk granul dengan ukuran yang diinginkan.

granul inti
Gambar granul dengan inti granul

Coating atau pelapisan

Coating atau pelapisan adalah membuat granul dengan memberikan pelapis di bagian luar granul. Pelapis yang ditambahkan bisa berfungsi sebagai pelindung bagi isi granul atau bahan-bahan aktif lain yang ditambahkan ke dalam granul. Pelapis ini harus cukup kuat untuk melindungi granul dalam kondisi kering, tetapi cukup mudah untuk dilewati bahan aktif ketika berada di dalam tanah. Penggunaannya misalnya, jika bahan aktifnya hidroskopis sehingga mudah basah. Dengan penambahan pelapis akan mengurangi air yang membasahi granul. Atau misalnya ditambahkan mikroba yang memerlukan kondisi khusus agar tetap hidup di dalam granul. Pelapis ini akan melindungi mikroba dari pengaruh-pengaruh luar yang mungkin bisa membunuh mikroba.

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut. Bahan-bahan ditambahkan ke dalam pan granulator. Semprotkan air atau bisa juga diberi sedikit perekat (sedikit aja hanya agar terbentuk granul). Setelah terbentuk granul dengan ukuran yang diinginkan, kemudian ditambahkan pelapisnya sampai seluruh permukaan granul tertutup oleh pelapis ini. Bagian luar granul akan keras, tetapi bagian dalamnya tetap basah dengan kondisi tertentu.

granul_pelapis
Gambar granul dengan pelapis luar

Variasi Inti Granul dan Pelapisan

Teknik ini hanya modifikasi dari dua teknik di atas. Pada saat pembuatan granul ditambahkan ini granul. Setalah granul terbentuk diberi pelapis.


Gambar granul dengan inti granul dan pelapis luar

***
Mana bentuk granul yang terbaik? Sangat relatif dan tergantung dengan pupuk granul yang Anda buat. Gunakan cara yang paling sederhana jika sudah cukup memadai dan pupuk berfungsi dengan baik. Teknik yang lain digunakan apabila memerlukan kondisi khusus, seperti pupuknya terlalu hidroskopis sehingga perlu pelapis. Atau bahan-bahannya sulit dibuat granul sehingga perlu diberi inti granul.


DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Advertisements

10 responses to “Beberapa Teknik Membuat Pupuk Granul

  1. saya lama menjadi pemasok bahan baku untuk pembuatan pupuk organik,dalam hal ini kompos kering,tapi akhir akhir ini agak tersendat,mungkin bapak tau pabrik pupuk organik yang lain yang masih kekeurangan bahan baku,bapak juga bisa menghubungi saya jika masih kekurangan bahan baku.ini no hp saya 0817127697 atau 081335654108

    • Setahu saya, pupuk kujang, petro gresik, sriwijaya, pertani, sang hyang sri juga masih mencari bahan baku. Mereka membutuhkan bahan sangat banyak. Memang ada broker-brokernya.

  2. salam kenal pak isroi,selain molases apakah ada bahan perekat yang lainnya?

  3. bahan coating apa yapak? untuk coating agent pada NPK granul juga bisa pakai Lignosulfonat,,, karena sifat lignosulfonat higroskopik

  4. saya mungkin masih trmasuk pemain baru dalam produksi pupuk organik granul.

    Saya memang beberapa waktu yg lalu sangat kesulitan mencari bahan baku.

    klo memang ada yang mempunyai bahan baku mungkin bisa saya terima. atau bahkan ada yang membutuhkan POG jumlah partai besar insya alloh bisa bekerja sama.

  5. untuk mendapatkan alat pembuat granul tersebut darimana, dan harga nya berapa?

  6. Assalamu’alaykum. salam kenal pak saya Rizal..saat ini saya dan teman2 dari Fakultas Peternakan UGM sedang mengembangkan usaha pembuatan pupuk kompos di daerah Klaten Jawa Tengah. saya sangat senang bisa menemukan blog ini yah semoga dari sini ada link untuk pemasaran pupuk kompos. mohon kerja samanya pak…

  7. Mas saya bertanya bahan pelapis apa(nama) yang dapat meningkatkan hardness butiran pupuk(pupuk dibuat dengan PAN Granulator)
    trima kasih atas bantuannya

    • pelapisnya bisa macam-macam, ada yang pakai bentonit, ada yang pakai kapur, ada yang pakai kapur semen, ada yang pakai zaolit, ada yang pakai bahan organik, ada yang pakai lignosulfonat, ada yang pakai vermikulit, ada yang pakai clay, dll. terserah yang mau membuat granul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s