Tip Kuliner: Rahasia Kelezatan Masakan Tumis Emak

Sambel Brambang

Sejak kecil aku biasa makan di rumah. Makan masakan buatan Emakku sendiri. Masakan Emak memang bukan masakan yang istimewa, masakan biasa-biasa saja yang sering dibuat oleh Ibu-ibu yang lain. Misalnya saja sayur tumis, ada tumis kangkung, tumis kacang, tumis buncis, sambel goreng tahu, sop kubis, soto, sambel goreng tahu, dan lain-lain.

sambel trasi

Keluargaku dan sanak familiku yang lain juga suka masakan Emakku. Pernah waktu lebaran yang lalu, sanak familiku datang sekitar 15 orang ke rumah dalam waktu yang bersamaan. Emak tidak masak apa-apa, hanya masak sop dan beberapa lauk-pauk ala kadarnya. Ternyata mereka suka, sampai sop yang sebaskom besar habis ludes dalam sekejab. ….Suka apa laper…

Khusus untuk masakan tumis ada yang lain jika aku bandingkan dengan tumis-tumis yang dibeli di warung-warung. Tumis masakan Emak rasanya lebih mantap, gurih, dan ada rasa yang khas. Aku sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan dunia masak-memasak ini. Tetapi rasa yang khas ini mengusik keingintahuanku.

Waktu Emak mau masak tumis, aku perhatikan bumbu-bumbu yang dipersiapkannya. Ada cabe, ada irisan bawang, garam, dan sayur yang akan ditumis. Biasa-biasa saja. Tetapi ketika Emak memasak di dapur belakang, aku lihat ada bungkusan tempe yang daunnya sudah kering dan baunya agak menyengat di dekat bumbu-bumbu itu. Aku pikir ini sisa tempe yang dimasak beberapa hari yang lalu dan tidak akan dimasak.

Ternyata ketika bumbu-bumbu masuk ke wajan untuk disangrai, potongan tempe bosok itu ikut di masukkan. Agak sedikit heran aku. Aku kemudian bertanya pada Emak, kenapa tempe yang sudah busuk itu ikut dimasak. Kan bau dan rasanya pasti sudah tidak enak?

Sambil menerukan acara memasaknya, Emak menjelaskan kalau tidak diberi tempe busuk rasanya tidak enak. Tempe busuk ini ditambahkan agar masakan tumis jadi lebih sedep dan mantap. Baru ngeh…aku sekarang. Ternyata rasa khas yang ada di masakan tumis emak itu adalah tempe bosok.

sayur lodeh

Sayur lodeh ini juga pake tempe bosok

Benar-benar tidak disangka.

tempebosok
Tempe bosok yang membuat masakan jadi lebih lezat.

Sayur Tahu

sambel godog untuk makan bakso atau soto

Advertisements

7 responses to “Tip Kuliner: Rahasia Kelezatan Masakan Tumis Emak

  1. mas kapan-kapan nek aku dolan kerumahmu, ojo lali tolong buatkan sambel brambang dan sambel terasinya ya..
    [ kamu tanggung jawab karena bikin posting yang marai ngiler tenan ]

  2. hah? gimana critanya tuh mas tempe bosok bisa mempengaruhi gitu?
    hmmm… jadi pengen tau 😀

  3. Opo tnan to tmpe bosok mrai enak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s