Ayam Bakar Mbah Saliyan, Resep Rahasia Keluarga

ayam bakar mbah saliyan

Resep ayam bakar sudah banyak sekali, tetapi rasanya tidak ada yang seperti resepnya Mbah Saliyan. Resep keluarga yang sudah jarang dipraktekkan. Rasanya enak banget.

Resep ini adalah resep rahasia keluarga istriku. Nenek kami tinggal di kampung saliyan, karena itu kimi sering memanggilnya Mbah Saliyan. Mbah Saliyan punya resep ayam bakar yang sangat nikmat. Ayam bakar ini hanya disajikan di acara-acara spesial saja dan selalu jadi sajian favorite keluarga, seperti awal Ramadhan, lebaran, atau acara kumpul-kumpul keluarga.

Mbah Saliyan sudah lama sekali meninggal. Tidak banyak yang ditinggali resep ayam bakar ini. Salah satu anak/cucu yang masih punya catatan resep Mbah Saliyan adalah bapak mertuaku. Bapak masih menyimpan sobekan kertas berisi tulisa tangan resep rahasia ini. Biasanya, puasa hari pertama, kami akan meraktekkan lagi resep rahasia keluarga ini.

ayam bakar mbah saliyan

Pertama, ayam yang dipakai mesti ayam kampung. Setelah ayam disembelih dan dibersihkan bulunya, lalu ayam langsung dibakar. Di bakar begitu saja di atas bara arang kayu. Tidak pakai bumbu apa-apa. Tidak dioles apa-apa. Dibolak-balik sampai matang dagingnya. Ini cara yang sangat berbeda dengan resep ayam bakar yang lain.Ayam yang sudah matang sebenarnya sudah enak dimakan. Rasanya lebih natural dan nikmat. Ayam bakar yang sudah matang kemudian dipotong-potong.

Berikutnya adalah mempersiapkan bumbunya. Bumbunya dari rempah-rempah rahasia keluarga. Bumbu yang utama antara lain kemiri, santan,  gula jawa, sedikit cabe merah. Kemudian ayam direbus pakai bumbu itu sampai airnya sedikit mengering.

Untuk sambalnya dibuat sambel terasi segar. Terasi asli dari Yuwana yang sudah terkenal nikmatnya. Sedangkan untuk lalapannya pakai selada, kemangi, mentimun, dan lain-lain.

(Tak terasa air liurku sampai menetes membayangkan kelezatannya).

Ayam bakar Mbah Saliyan sudah siap. Hidangan buka puasa yang mak nyosss tenan.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

4 responses to “Ayam Bakar Mbah Saliyan, Resep Rahasia Keluarga

  1. Foto kertas resepnya mana pak isro’i. Kalau saya suka ayam bakar kecap, dan nggak tau resepnya. 😀

    • Tugas saya cuma membantu menghabiskan. Resepnya dibawa eyang kakung, jadi tidak bisa memfotonya.
      Ayam bakar ini tidak pakai kecap sama sekali. Dibakar begitu saja tanpa tambahan apa-apa. Rasanya enak lho. Bener. Saya juga heran, tidak diberi apa-apa, rasanya bisa mak nyos seperti ini. Anak saya saja suka sekalo digado.

  2. mantap nih mas resepnya,tapi bumbu rahasianya apa tuh mas?boleh juga nih buat jd usaha…..hehehe

    • Bumbunya disimpan eyang kakung, ngak tahu resepnya. Nanti kalau pulang ke Bogor, mau minta resepnya dan buat warung tenda di ciomas. Insya Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s