Jangan Terkecoh dengan Diskon Abal-abal

Siapa yang tidak suka diskon? Rasanya semua orang tertarik dengan diskon, apalagi diskon besar-besaran alias obral besar. Diskon atau potongan harga menjadi senjata ampuh para produsen untuk mengejot pemasaran produknya. Namun, Anda perlu berhati-hati. Tidak semua diskon itu benar-benar harga diskon. Banyak yang sekedar kamuflase saja alias abal-abal. Saya membuktikannya sendiri.

Diskon abal-abal ini saya ketahui secara tidak sengaja. Kebetulan HP Android kesayangan saya jatuh dan harus ‘opname’ berhari-hari di bengkel service. Sayang, akhirnya HP tersayang itu tetap tidak berfungsi normal seperti sedia kala. Dengan berat hati, akhirnya saya mesti mencari penganti HP Android itu. Saya coba survey ke mana-mana. Browsing di internet. Coba banding-bandingkan harga dan spesifikasi. Browsing testimoni-testimoni, atau pun complaint tentang HP incaran saya. Saya juga survey ke mall-mall dan counter-counter HP ternama di kota saya. Beberapa tabloid dan majalah khusus HP-pun saya koleksi. Akhirnya pilihan saya jatuh pada 2 HP Android incaran.

Ketika sedang melihat acara TV, ada iklan salah satu merek HP android terkenal. Di iklan itu disebutkan ada diskon dan cast back untuk pembelian HP seri tertentu. Waktunya cuma tiga hari. Tanpa menunggu lama, keesok harinya saya langsung menuju ke gerai resmi HP itu. Saya menanyakan ke salesnya dan memang benar ada cast back. Namun, harganya adalah dihitung dari harga normal seperti yang disebutkan di iklan. Kalau harga pas-nya ternyata sama saja seperti harga di hari biasa tanpa ada diskon. Duh…saya langsung merasa tertipu dengan iklan itu. Karena kecewa, saya urungkan niat membeli HP itu.

Iseng-iseng saya coba melihat-lihat dan tanya-tanya ke counter HP yang lain. Counternya jauh lebih kecil daripada gerai resminya. Betapa kagetnya saya, sales di counter HP itu berani memberikan harga yang lebih rendah lagi daripada harga di gerai resmi. Terpautnya cukup jauh, karena diskonnya hampir dua kali dari diskon yang resmi. Nah…lho…, saya semakin merasa ditipu oleh iklan di TV itu.

Terus terang, sejak saat itu saya jadi tidak percaya lagi dengan iklan-iklan diskon di TV atau di media lain. Saya memang belum mendalami untuk merek-merek atau produk-produk lain. Namun, rasanya tidak jauh berbeda.
Ini berbeda sekali dengan diskon-diskon yang ada di luar negeri. Kebetulan saya sempat singgah sebentar di negerinya Ibrahimovic, Swedia. Di negeri ini biasanya ada diskon besar-besaran ketika mendekati libur natal, tahun baru, dan libur musim panas. Diskonnnya gila-gilaan, sampai 40% dari harga normal. Saya membeli HP android untuk istri saya dengan merek yang sama seperti HP android yang saya sebutkan di atas. Harganya sangat murah, karena diskonnya 30% dari harga normal. Ketika saya kembali ke tanah air, saya coba bandingkan harga HP tersebut dengan harga di Indonesia. Ternyata harga diskonnya bener-bener lebih rendah 30% dengan nilai kurs yang sama. Gila tidak? Menyesal saya hanya membeli satu HP.

Makanya tidak heran jika sering kita lihat di berita TV banyak orang yang antri sampai panjang menunggu toko buka di hari-hari penuh diskon, menjelang natal, tahun baru, dan musim panas. Mereka rela antri berjam-jam hanya untuk mendapatkan barang yang diinginkannya dengan harga super murah. Diskon di negera-negera Eropa memang benar-benar harga diskon. Bukan diskon abal-abal seperti di tanah air.

Jadi, jangan tertipu oleh iklan-iklan diskon di televisi.Diskonnya mungkin abal-abal saja. Mendingan cari-cari dan survei ke beberapa toko. Siapa tahu mendapatkan harga yang lebih rendah dari harga diskon.

Advertisements

3 responses to “Jangan Terkecoh dengan Diskon Abal-abal

  1. Kalau di toko resmi paling tidak produknya terjamin, kalau di toko kecil harus lebih selektif dan setidaknya punya pengetahuan kualitas meski sedikit. Terkadang, ada hp dari black market atau baru tapi bekas (rekondisi), jadinya harganya lebih murah..

    • Bener sekali. Mesti extra hati-hati. Saya dapatkan produk dengan garansi resmi dari vendornya. Setelah diselidiki, ternyata mrk mengejar bonus dr vendor, bukan untuk gede dari jualan produknya. Pantesan, meskipun counternya kecil, hampir semua counter yang lain membeli HP merek ini dari counter ini.

  2. Hal itu karena di Tanah Air kita kurang mengerti makna Tahun Baru,Jauh berbeda dengan di Luar Negeri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s