Spirulina, alga micro yang bergizi tinggi

Sebenernya saya sudah tahu alga micro ini sudah luama zekali. Cuma selama ini saya memandangnya dengan ‘mata sebelah’ dan sedikit ‘dipicingkan’. Saya juga sering ditawarin produk-produk MLM yang berasal dari Spirulina. Saya tolak semua. Terus terang, sama sekali saya belum pernah mencicipi ‘spirulina’. Teman-teman saya pun banyak yang menceritakan tentang kehebatan spirulina sebagai suplemen makanan. Ada yang bilang kalau setelah makan spirulina, anak kecil yang dulunya sekit-sakitan, sekarang sudah sehat dan tidak pernah lagi ‘absen’ ke rumah sakit. Ada juga cerita kalau spirulina bisa merangsang kehamilan. Bahkan kabarnya untuk ‘kaum Adam’, spirulina bisa meningkatkan ‘kejantanannya’. Cerita ini cuma saya serap sebagai ‘info’ belaka.

Sekarang, tiba-tiba, saya mendapatkan ‘tugas’ untuk membantu teman yang ahli spirulina untuk ‘menernakkan’ spirulina. Mau tidak mau, suka tidak suka, saya mesti belajar tentang si spirulina ini. Subhanallah, baru sedikit yang saya baca, ternyata spirulina ini makhluk ciptaan Allah yang luar biasa bermanfaat untuk manusia. Cerita-cerita yang saya dengar dulu memang benar dan sudah banyak dibuktikan secara ilmiah. Paper-paper ilmiah tentang spirulina sudah banyak sekali. (Silahkan click di sini: Laporan Ilmiah tentang Spirulina).

Suplement makanan spirulina itu ternyata dibuat dari alga mikro yang namanya Spirulina plantesis. Semacam gangang yang berukuran kuecil banget. Meskipun berukuran kecil ‘makhluk’ ini masih tergolong ‘tanaman’. Jika dilihat di bawah mikroskop, bentuknya panjang-panjang seperti cacing. Ketika umurnya semakin tua dan kulturnya semakin pada, bentuknya berubah jadi seperti spiral. Kalau dilihat dengan pembesaran yang lebih kuat, helaian-helaian spirulina ini memang berbentuk seperti spiral. Alga-alga mikro ini lah yang kemudian di panen, dikeringkan, dihaluskan, dan kemudian dijadikan suplement makanan. Gizi spirulina sangat tinggi dan bermacam-macam.

serbuk spirulina

Serbuk spirulina siap konsumsi (Sumber: wikipedia)

Serbuk spirulina ini yang kemudian dijadikan kapsul, tablet, atau ditambahkan pada makanan yang lain.

Menernakkan spirulina susah gampang. Saya masih banyak belajar dan coba-coba. Untuk tahap awal ini sudah lumayan, lah. Ada 5 aquarium besar dengan volume total sekitar 2 m2. Kata temen saya kalau produksnya optimal bisa menghasilkan > 2 kg spirulina serbuk. Saya sudah tidak sabar pingin memanen spirulina ini dan mencicipi ‘khasiatnya’. Jadi penasaran…..hehehehe…

spirulina

Sampel spirulina yang saya ambil dari fotobioreaktor. Sudah mulai tumbuh tetapi belum siap dipanen.

micro algae spirulina

Kultur micro algae spirulina yang tumbuh subur

tablet spirulina

Tablet spirulina (Sumber wikipedia)

Advertisements

13 responses to “Spirulina, alga micro yang bergizi tinggi

  1. Pingback: Kandungan Gizi Spirulina | Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Manufactoring Hope tulisan Dahlan Iskan senin (21/4) ini mengulas tentang lulusan Undip yang berhasil membiakkan spirulina di air tawar. Apa beliau temen sampeyan? http://dahlaniskan.wordpress.com/2014/04/21/minum-spirulina-mahmud-dan-menunggu-sidiq/

  3. Pak Isroi, dimana mencari bibitnya ?

  4. Ini di daerah mana ya? Saya tertarik sekali.. Karna manfaatnya banyak

  5. feri kurniawan

    Bogornya di mana ps isroi?

  6. Apakah sudah ada spirulina yg siap konsumsi ya??

  7. ass, slm kenal pak, tuk cari bibit Bogornya dimana pak?

  8. assalamualaikum, untuk pembibitan spirulina air laut di air tawar bagaimana ya pak caranya?

  9. Mas saya mau belajar kultur, staternya bisa beli mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s