Menanam blueberry, blackberry, ghooseberry, strawberry di Indonesia

image

Menanam strawberry mungkin sudah lumrah di Indonesia. Buah-buahan dari negeri dingin ini bisa dijumpai di pasar atau di supermarket. Memang strawberrynya tidak sebaik yang dijumpai di eropa. Di negeri asalnya strawberry lebih besar, lebih manis, dan lebih segar.

Namun, menanam di blueberry atau blackberry tidak pernah terbayangkan. Waktu di GTB dulu di musim panas biasanya kami mencari blueberry di hutan Svarttemosse. Kalau beruntung bisa dapat ghooseberry dan blackberry. Rasanya tidak mungkin tanaman buah2an ini bisa ditanam di Indonesia.

Ternyata kemajuan pengetahuan manusia, kondisi iklim bisa direkayasa. Tanaman bisa ditanam di mana saja asalkan kondisinya dibuat optimum untuk tanaman itu. Intensitas cahaya, kelembaban, suhu, tanah, dll bisa dibuat.

Beberapa waktu lalu saya diajak berkunjung ke sebuah perkebunan di daerah Cipanas yang menanam tanaman daerah dingin. Menajubkan.

Sebuah rumah kaca besar. Di dalamnya di tanam strawberry, blueberry, blackberry, dan jenis berry-berry-an yang lain. Semua peralatan rumah kaca ini diimport langsung dari Israel. Teknologinya menggunakan teknologi yahudi. Semua produknya dieksport ke eropa, tidak dijual di Indonesia.

Hebatnya lagi tanaman2 ini bisa ditanam sepanjang tahun dan bisa panen sepanjang tahun. Tidak tergantung musim seperti di daerah asalnya. Di eropa buah2an ini berbuah di musim panas saja.

image

image

Advertisements

8 responses to “Menanam blueberry, blackberry, ghooseberry, strawberry di Indonesia

  1. Di cipanas sebelah mana ya ini mas?

  2. Bapak isroi saya tertarik untuk melihat kebun berry2an ini. Jika anda tahu tolong beri tau alamat lengkap perkebunan ini pada email saya andrewcwbusiness@gmail.com . thanks

  3. Saya bagus nih ada kebun Blackberry.gimana sih kebun yg bagus tapi hasilnya tidak di jual di Indonesia?apa sebabnya?apa teknik baru ini menggunakan hidroponik?saya ingin melihat foto2 kebunnya.apa boleh?email saya navightleekellsung@yahoo.com
    Terima kasih ibu/bpk

  4. Sore Pak Isroi, saya tertarik dengan blueberry nya. bisa dikirimkan alamat jelas nya pak dan kalau ada kontaknya lebih bagus lagi karena saya sedang mencari raspberry dan blueberry untuk keperluan produksi kami barangkali mereka bersedia untuk menjual dI Indonesia karena di blog ini saya baca mereka tidak menjual hasilnya di Indonesia. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s